OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD pada materi siklus air. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental desingn, dengan bentuk desain non equivalent pre-test and post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 03 Singkawang. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling, Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Pengambilan sampel yang terpilih menjadi kelas eksperimen yaitu VB yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas VA sebagai kelas Kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Tehnik analisis data yang digunakan adalah uji t, effect size, dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD antara kelas yang diterapkan model Problem Based Learning dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung pada materi siklus air; (2) Model Problem Based Learning berpengaruh tinggi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V yaitu sebesar 1 dengan kriteria tinggi; (3) Pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD setelah diterapkan model Problem Based Learning pada materi siklus air mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini ditunjukkan dari hasil perolehan rata-rata sebesar 0,594 dengan kriteria sedang.
Berdasarkan hasil perhitungan data penelitian dan pembahasan secara umum dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD pada materi siklus air.Terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD antara kelas yang diterapkan model PBL dengan kelas yang hanya menggunakan model pembelajaran langsung pada pelajaran siklus air.Model PBL berpengaruh tinggi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD.Peningkatan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD setelah diterapkan model PBL pada materi siklus air mengalami peningkatan yang signifikan.
Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Guru dapat menggunakan model PBL sebagai alternatif dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa, terutama pada materi siklus air. (2) Perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap pemahaman konsep IPA siswa pada materi lain. (3) Sekolah dapat mempertimbangkan untuk menerapkan model PBL sebagai bagian dari strategi pembelajaran yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
| File size | 210.36 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan dua kelompok sebagai sampel yang diklasifikasikan menjadi kelompok eksperimen dan kontrol.Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan dua kelompok sebagai sampel yang diklasifikasikan menjadi kelompok eksperimen dan kontrol.
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melaluiMetode kuasi eksperimen digunakan dengan desain pretest-posttest control group melibatkan 60 siswa kelas V di dua SDN Kota Bandung. Data dikumpulkan melalui
OJSOJS Penelitian fenomenologi kualitatif dilakukan di SD Negeri 17 Ujung Labbu dengan guru kelas 1–6 sebagai informan. Data dikumpulkan melalui observasi,Penelitian fenomenologi kualitatif dilakukan di SD Negeri 17 Ujung Labbu dengan guru kelas 1–6 sebagai informan. Data dikumpulkan melalui observasi,
OJSOJS Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi sangat baik (10%), baik (15%), cukup (15%), rendah (25%), dan sangat rendah (35%). DapatKemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi sangat baik (10%), baik (15%), cukup (15%), rendah (25%), dan sangat rendah (35%). Dapat
Useful /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Penelitian menyimpulkan bahwa inovasi kiai dalam pengelolaan pendidikan pesantren Al‑Amien Prenduan terbagi dalam empat fase utama. perencanaan terstruktur,Penelitian menyimpulkan bahwa inovasi kiai dalam pengelolaan pendidikan pesantren Al‑Amien Prenduan terbagi dalam empat fase utama. perencanaan terstruktur,
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Guru yang telah memperoleh sertifikasi sebanyak enam orang dari tahun 2011 sampai 2023. Motivasi untuk meningkatkan kemampuan kerja agar dapat meningkatkanGuru yang telah memperoleh sertifikasi sebanyak enam orang dari tahun 2011 sampai 2023. Motivasi untuk meningkatkan kemampuan kerja agar dapat meningkatkan
UNDIKSHAUNDIKSHA Tidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaanTidak ditemukan perbedaan signifikan pada rasio keuangan CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Akuisisi yang dilakukan oleh perusahaan
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Oleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah efektifOleh karena itu, model ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar. Model pembelajaran berbasis masalah efektif