IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH

Indonesian Journal of Islamic and Social ScienceIndonesian Journal of Islamic and Social Science

Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dengan kebijakan sertifikasi guru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul, Pasuruan, guru menyambut positif kebijakan tersebut. Guru yang telah memperoleh sertifikasi sebanyak enam orang dari tahun 2011 sampai 2023. Motivasi untuk meningkatkan kemampuan kerja agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di MI tempat guru itu mengabdi. Guru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul, Pasuruan umumnya telah memiliki pemahaman profesionalisme guru dengan baik, ciri-ciri guru profesional, dan memiliki upaya meningkatkan profesionalisme guru dengan baik. Adapun tingkat profesionalisme guru yang sudah bersertifikasi adalah tinggi. Kebijakan sertifikasi bagi guru-guru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul, Pasuruan berdampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru. Hal ini ditunjukkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas disertai disiplin dan tanggungjawab yang tinggi serta terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.

Kebijakan Profesionalisme guru dimaksudkan untuk meningkatkan mutu dan kesejahteraan guru, sehingga disambut positif oleh guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul, Pasuruan.Guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul, Pasuruan telah memperoleh sertifikasi guru sebanyak Enam orang dari tahun 2011 sampai 2023 dengan motivasi untuk meningkatkan kemampuan kerja agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di MI.Guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul, Pasuruan telah memiliki pemahaman profesionalisme guru, ciri-ciri guru profesional, upaya meningkatkan profesionalisme guru dengan baik.Adapun tingkat profesionalisme guru yang sudah bersertifikasi adalah tinggi.Indikatornya guru memiliki tingkat pemahaman profesionalisme dengan baik mampu mengembangkan pembelajaran sesuai tuntutan kebutuhan dan memiliki kepribadian yang patut diteladani.Kebijakan Profesionalisme bagi guru-guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul, Pasuruan berdampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru.Hal ini ditunjukkan kemampuan guru dalam melaksanakan tugas disertai disiplin dan tanggungjawab yang tinggi serta terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji apakah kebijakan sertifikasi guru yang berlaku di Minu Miftahul Falah Tegal Kidul, Pasuruan, juga memberikan dampak jangka panjang terhadap kualitas pendidikan di madrasah lain yang serupa, dengan memperluas sampel ke lebih banyak madrasah untuk mendapatkan hasil yang lebih umum dan akurat tentang efektivitas kebijakan tersebut. Selain itu, penting untuk meneliti bagaimana tingkat profesionalisme guru yang bersertifikasi mempengaruhi perkembangan keterampilan siswa dalam jangka waktu yang lebih lama, misalnya melalui studi longitudinal yang melacak kemajuan siswa dari masa sekolah hingga masa kerja, untuk melihat apakah peningkatan profesionalisme ini benar-benar berkontribusi pada kemajuan pendidikan nasional. Lebih lanjut, peneliti dapat mengeksplorasi perbandingan dampak sertifikasi guru antara madrasah dengan kondisi ekonomi berbeda, seperti madrasah di daerah perkotaan versus pedesaan, untuk memahami faktor-faktor apa yang mempengaruhi keberhasilan implementasi kebijakan dan memberikan wawasan tentang cara mengoptimalkan kebijakan ini di berbagai konteks pendidikan.

  1. MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN  DI DAYAH TAUTHIATUTH THULLAB... doi.org/10.71025/9mfdjr91MANAJEMEN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARANA DI DAYAH TAUTHIATUTH THULLAB doi 10 71025 9mfdjr91
  2. PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN... ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/IJISS/article/view/94PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 PEUSANGAN SIBLAH KRUENG KABUPATEN ejournal iai almuslimaceh ac index php IJISS article view 94
  3. SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA OFFLINE DAN ONLINE DI TK BHINNEKA II NOGOSARI TRIRENGGO... ejournal.iai-almuslimaceh.ac.id/index.php/IJISS/article/view/115SISTEM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SECARA OFFLINE DAN ONLINE DI TK BHINNEKA II NOGOSARI TRIRENGGO ejournal iai almuslimaceh ac index php IJISS article view 115
  1. #pendidikan agama islam#pendidikan agama islam
  2. #pendidikan pesantren#pendidikan pesantren
File size272.52 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test