METROMETRO

Akademika : Jurnal Pemikiran IslamAkademika : Jurnal Pemikiran Islam

Makalah ini menjelaskan konstruksi pendidikan karakter Islam berdasarkan budaya lokal masyarakat adat Lampung. Terdapat empat konstruksi pendidikan karakter yang disajikan dalam Piil Pesenggiri, yaitu Nemui Nyimah yang berisi karakter rasa penerimaan, termasuk; keramahan, kemurahan hati, kesopanan, saling menghormati, cinta persahabatan, penyerahan dan pengabdian kepada Sang Pencipta dan ciptaan-Nya. Nengah Nyappur berisi nilai karakter adaptif dalam berinteraksi, termasuk; kesediaan untuk membuka diri, memiliki toleransi tinggi, suka berunding, memiliki sikap dan perilaku sosial, mudah bergaul, akrab atau ramah, dan rasa kekeluargaan. Sakai Sambaiyan mengandung nilai karakter solidaritas tinggi, termasuk; saling membantu, menyokong, bekerja sama, dan memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh pihak lain. Juluk Adok mengandung semangat pencapaian nilai karakter, termasuk; pantang menyerah, kerja keras, senang berpartisipasi, memiliki derajat kehormatan. Dalam konteks pendidikan, Piil Pesenggiri menjadi bagian yang tak terpisahkan dari realisasi pendidikan karakter bangsa.

Berdasarkan deskripsi di atas, dapat disimpulkan bahwa konstruksi pendidikan karakter pada generasi muda Lampung disajikan dalam nilai-nilai budaya lokal yang telah digunakan sebagai filosofi hidup, yaitu Piil Pesenggiri.Di dalam nilai-nilai budaya masyarakat adat ini terdapat empat konstruksi nilai pendidikan karakter yang berguna untuk menjaga seseorang yang dapat dikatakan memiliki Piil Pesenggiri.Nemui Nyimah adalah konstruksi pendidikan karakter tentang rasa penerimaan yang mencakup keramahan, kemurahan hati, kesopanan, saling menghormati, rasa cinta dan persahabatan, serta penyerahan kepada Sang Pencipta.Nengah Nyappur adalah konstruksi pendidikan karakter tentang adaptif dalam berinteraksi, termasuk kesediaan untuk terbuka, memiliki toleransi tinggi, dan sikap sosialis yang baik.Sakai Sambaiyan merupakan konstruksi pendidikan karakter tentang solidaritas tinggi dengan mengutamakan kerja sama antar sesama.Juluk Adok mewakili semangat pencapaian yang diharapkan dapat ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam konteks penelitian lanjut, penting untuk mengeksplorasi bagaimana penerapan nilai-nilai Piil Pesenggiri dalam lingkungan pendidikan formal dan informal dapat diimplementasikan lebih jauh. Apakah terdapat metode atau pendekatan baru yang dapat digunakan oleh pendidik untuk mengintegrasikan nilai-nilai kearifan lokal ke dalam kurikulum pendidikan? Selanjutnya, perlu diadakan penelitian yang mendalam tentang dampak dari pendidikan karakter berbasis kearifan lokal ini terhadap pembentukan identitas budaya generasi muda, serta pengaruhnya terhadap persatuan dan toleransi antar etnis di daerah multikultural.

  1. Nadwa. pendidikan karakter konsep sistem islam nadwa jurnal main navigation content sidebar article published... journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/560Nadwa pendidikan karakter konsep sistem islam nadwa jurnal main navigation content sidebar article published journal walisongo ac index php Nadwa article view 560
  1. #suicide bombing surabaya#suicide bombing surabaya
File size297.3 KB
Pages26
DMCAReportReport

ads-block-test