UMAUMA
Jurnal Administrasi PublikJurnal Administrasi PublikPenelitian bertujuan mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pembangunan jalan lingkungan di Kelurahan Dwikora, Medan Helvetia, Medan, tahun 2012. Pendekatan survei deskriptif digunakan pada 150 Kepala Keluarga yang dipilih secara stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis 14 unsur Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Keputusan Menteri PAN Nomor 25/2004. Hasil menunjukkan IKM 3,03 (kategori baik). Hambatan utama adalah ketidakjelasan persyaratan dan prosedur pembiayaan; proposal hanya disetujui bila kerusakan jalan >20 % dan anggaran < Rp200 juta serta berhasil diusung dalam Musrenbang kota.
Kepuasan masyarakat terhadap pembangunan jalan lingkungan di Kelurahan Dwikora tergolong baik (IKM 3,03).Hambatan signifikan berasal dari persyaratan pembangunan yang rumit, sosialisasi yang minim, dan ketergantungan pada proses Musrenbang kota yang ketat.Perbaikan prosedur, penyederhanaan persyaratan, dan peningkatan sosialisasi kriteria anggaran serta mekanisme prioritas diperlukan agar partisipasi masyarakat lebih efektif.
Bisakah kita meneliti model pengajuan berbasis aplikasi daring yang otomatis mengecek kelayakan teknis dan anggaran jalan lingkungan secara transparan agar warga tak lagi tergantung pada proses Musrenbang yang panjang? Bagaimana jika disusun pola monitoring crowd-sourcing di mana warga mengunggah foto kondisi jalan setiap enam bulan, sehingga prioritas perbaikan dapat diperbarui secara real-time tanpa menunggu survey dinas? Apakah pendekatan pendampingan sosial oleh relawan lokal selama dua bulan sebelum Musrenbang bisa meningkatkan keberhasilan usulan anggaran di tingkat kota, terutama untuk kelurahan yang minim akses informasi seperti Dwikora?.
| File size | 235.17 KB |
| Pages | 19 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
METROMETRO Alasan yang digunakan oleh teroris adalah kebahagiaan abadi di surga Allah. Salah satu cara untuk menemukan kebahagiaan sejati adalah dengan melakukanAlasan yang digunakan oleh teroris adalah kebahagiaan abadi di surga Allah. Salah satu cara untuk menemukan kebahagiaan sejati adalah dengan melakukan
METROMETRO Oleh karena itu, saat ini adalah waktu yang tepat bagi lembaga pendidikan Islam untuk memanfaatkan momentum ini sebagai bagian dari upaya meningkatkanOleh karena itu, saat ini adalah waktu yang tepat bagi lembaga pendidikan Islam untuk memanfaatkan momentum ini sebagai bagian dari upaya meningkatkan
STAI MIFDASTAI MIFDA Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada pengusaha Muslim dan non-Muslim yang terlibat dalam berbagai bidang kewirausahaanPenelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus pada pengusaha Muslim dan non-Muslim yang terlibat dalam berbagai bidang kewirausahaan
UMAUMA Dolog Wil. IV Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, dengan populasi seluruh pegawai pada Kantor Sub. IVDolog Wil. IV Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, dengan populasi seluruh pegawai pada Kantor Sub. IV
Useful /
METROMETRO Dalam konteks pendidikan, Piil Pesenggiri menjadi bagian yang tak terpisahkan dari realisasi pendidikan karakter bangsa. Berdasarkan deskripsi di atas,Dalam konteks pendidikan, Piil Pesenggiri menjadi bagian yang tak terpisahkan dari realisasi pendidikan karakter bangsa. Berdasarkan deskripsi di atas,
STAI MIFDASTAI MIFDA Keenam karakteristik tersebut bisa di aplikasikan oleh peserta didik sehingga dapat disimpulkan nilai-nilai Pendidikan karakter yang ada di dalam kurikulumKeenam karakteristik tersebut bisa di aplikasikan oleh peserta didik sehingga dapat disimpulkan nilai-nilai Pendidikan karakter yang ada di dalam kurikulum
STAI MIFDASTAI MIFDA Penelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di era globalisasi. HasilPenelitian ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di era globalisasi. Hasil
OJSOJS Hal ini terlihat dari peningkatan nilai persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebanyak 55,55% sedangkan nilai presentase ketuntasan belajarHal ini terlihat dari peningkatan nilai persentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebanyak 55,55% sedangkan nilai presentase ketuntasan belajar