STAI MIFDASTAI MIFDA

AL-KAINAH: Journal of Islamic StudiesAL-KAINAH: Journal of Islamic Studies

Pendidikan Karakter merupakan hal yang terpenting dalam sebuah kurikulum. Tujuan dari artikel ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan karakter yang ada didalam kurikulum merdeka.

Seorang Guru di Madrasah Ibtidaiyah harus bisa menerapkan pembelajaran dengan memperhatikan 6 nilai-nilai karakter yang ada di kurikulum merdeka di antaranya.beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, serta berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, serta kreatif.Keenam karakteristik tersebut bisa di aplikasikan oleh peserta didik sehingga dapat disimpulkan nilai-nilai Pendidikan karakter yang ada di dalam kurikulum merdeka itu bisa teraplikasikan atau di implementasikan oleh pendidik.

Guru di Madrasah Ibtidaiyah harus menerapkan pembelajaran dengan memperhatikan 6 nilai-nilai karakter yang ada di kurikulum merdeka. Selain itu, sekolah harus memberikan kebebasan kepada guru untuk mengembangkan dan mengimplementasikan program-program Pendidikan karakter sesuai dengan kebutuhan dan konteks masing-masing. Dengan demikian, diharapkan Pendidikan karakter dapat terintegrasi dalam semua aspek pembelajaran dan kegiatan di sekolah, membentuk siswa yang tidak hanya cerdas tetapi juga memiliki karakter yang kuat dan mulia.

  1. #kurikulum merdeka#kurikulum merdeka
  2. #kurikulum merdeka#kurikulum merdeka
File size932.4 KB
Pages15
DMCAReportReport

ads-block-test