OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerArtikel ini membahas tentang strategi peningkatan kompetensi profesionalisme guru (pendidik) dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi profesional pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk memotivasi peserta didik. Akan tetapi, tidak semua guru dapat menerapkan kompetensinya dalam pembelajaran seperti kompetensi digital yang harus dimiliki oleh guru profesional saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesionalitas pendidik dalam kurikulum merdeka, untuk mengetahui strategi yang digunakan pendidik untuk meningkatkan kompetensi profsional dalam kurikulum merdeka.
Merdeka belajar merupakan kurikulum yang mengadopsi kurikulum International Baccalaurate atau biasa disebut dengan IB yang telah dimodifikasi melalui nilai-nilai keindonesiaan.Guru diharapkan mampu menjadi fasilitator dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, namun Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk menjadi lebih dari sekadar fasilitator.Guru harus menjadi guru yang dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Berdasarkan penelitian, saran untuk penelitian lanjutan adalah: 1) Pengembangan kurikulum yang lebih fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik, 2) Peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan dan pengembangan diri, 3) Implementasi strategi peningkatan kompetensi profesional guru yang efektif dan efisien.
| File size | 291.96 KB |
| Pages | 14 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Meskipun efektif, pendekatan ini memiliki keterbatasan seperti kurangnya pengembangan kreativitas guru. Implikasi penelitian ini menunjukkan perlunya pengembanganMeskipun efektif, pendekatan ini memiliki keterbatasan seperti kurangnya pengembangan kreativitas guru. Implikasi penelitian ini menunjukkan perlunya pengembangan
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Motivasi untuk meningkatkan kemampuan kerja agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di MI tempat guru itu mengabdi. Guru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul,Motivasi untuk meningkatkan kemampuan kerja agar dapat meningkatkan mutu pendidikan di MI tempat guru itu mengabdi. Guru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul,
OJSOJS Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca puisi. Sumber data yang digunakanTujuan penulisan artikel ini adalah untuk menganalisis model pembelajaran bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca puisi. Sumber data yang digunakan
OJSOJS Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaanData dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaan
Useful /
OJSOJS Pengambilan data dilakukan melalui tes tertulis dalam bentuk soal uraian materi statistika yang berjumlah empat soal. Teknik pengambilan sampel menggunakanPengambilan data dilakukan melalui tes tertulis dalam bentuk soal uraian materi statistika yang berjumlah empat soal. Teknik pengambilan sampel menggunakan
OJSOJS Model ini mendorong siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi praktis, meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis. ImplementasiModel ini mendorong siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi praktis, meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis. Implementasi
OJSOJS Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika. Jenis penelitian yangPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika. Jenis penelitian yang
OJSOJS Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa perlu dilaksanakan penerapan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga motivasinyaUntuk meningkatkan motivasi belajar siswa perlu dilaksanakan penerapan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga motivasinya