OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Artikel ini membahas tentang strategi peningkatan kompetensi profesionalisme guru (pendidik) dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kompetensi profesional pendidik dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk memotivasi peserta didik. Akan tetapi, tidak semua guru dapat menerapkan kompetensinya dalam pembelajaran seperti kompetensi digital yang harus dimiliki oleh guru profesional saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesionalitas pendidik dalam kurikulum merdeka, untuk mengetahui strategi yang digunakan pendidik untuk meningkatkan kompetensi profsional dalam kurikulum merdeka.

Merdeka belajar merupakan kurikulum yang mengadopsi kurikulum International Baccalaurate atau biasa disebut dengan IB yang telah dimodifikasi melalui nilai-nilai keindonesiaan.Guru diharapkan mampu menjadi fasilitator dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, namun Kurikulum Merdeka menuntut guru untuk menjadi lebih dari sekadar fasilitator.Guru harus menjadi guru yang dapat menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar.

Berdasarkan penelitian, saran untuk penelitian lanjutan adalah: 1) Pengembangan kurikulum yang lebih fleksibel dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik, 2) Peningkatan kompetensi profesional guru melalui pelatihan dan pengembangan diri, 3) Implementasi strategi peningkatan kompetensi profesional guru yang efektif dan efisien.

  1. #kurikulum merdeka#kurikulum merdeka
  2. #kompetensi digital#kompetensi digital
File size291.96 KB
Pages14
DMCAReportReport

ads-block-test