OJSOJS

Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan Multidisipliner

Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana skema Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kapasitas siswa dalam mengatasi permasalahan sosial dengan menggunakan metode peninjauan sistematis literatur. Proses Systematic Literature Review (SLR) melibatkan perumusan pertanyaan penelitian, melakukan pencarian literatur di Google Scholar pada rentang waktu 2021-2024, penyaringan dan analisis data, dan sebagainya. Evaluasi menyimpulkan bahwa PBL secara positif memengaruhi kemampuan siswa dengan mendorong aplikasi pengetahuan dalam konteks nyata. PBL tidak hanya memfokuskan pada pemahaman konsep, juga memfasilitasi pembelajaran aktif, kolaborasi, dan pengembangan keterampilan berpikir mandiri. Hasil penelitian ini konsisten dengan temuan literatur sejenis, menunjukkan efektivitas PBL dalam meningkatkan kompetensi sosial dan keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulan penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman mendalam tentang potensi PBL dalam pembelajaran masalah sosial, serta memberikan dasar bagi pengembangan kebijakan pendidikan dan perbaikan praktik pembelajaran di tingkat formal. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting bagi praktisi pendidikan, peneliti, dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan siswa di masa depan.

Kegiatan penelitian saat ini telah menempatkan penyelesaian tantangan sosial sebagai fokus utamanya.PBL terbukti meningkatkan kapasitas siswa dalam menghadapi isu-isu sosial.Model ini mendorong siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi praktis, meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis.Implementasi PBL dapat menjadi strategi bermanfaat untuk meningkatkan standar pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi situasi kompleks dalam masyarakat yang selalu berubah.

Untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah sosial, diperlukan penelitian lebih lanjut yang memfocus pada perilaku siswa saat mengaplikasikan konsep PBL. Selain itu, ada kebutuhan untuk mencari tahu bagaimana PBL dapat diadaptasi untuk beragam konteks pendidikan, seperti di daerah terpencil atau di sekolah dengan sumber daya terbatas. Penelitian juga perlu dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang PBL pada kemampuan sosial siswa setelah mereka menyelesaikan pendidikan formal. Hal ini akan membantu memahami apakah dampak positif PBL terus berlanjut dalam kehidupan profesional dan sosial siswa.

  1. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS | Jurnal... ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/PIPS/article/view/272PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS Jurnal ejournal2 undiksha ac index php PIPS article view 272
File size233.07 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test