OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini mengeksplorasi bagaimana skema Problem Based Learning (PBL) meningkatkan kapasitas siswa dalam mengatasi permasalahan sosial dengan menggunakan metode peninjauan sistematis literatur. Proses Systematic Literature Review (SLR) melibatkan perumusan pertanyaan penelitian, melakukan pencarian literatur di Google Scholar pada rentang waktu 2021-2024, penyaringan dan analisis data, dan sebagainya. Evaluasi menyimpulkan bahwa PBL secara positif memengaruhi kemampuan siswa dengan mendorong aplikasi pengetahuan dalam konteks nyata. PBL tidak hanya memfokuskan pada pemahaman konsep, juga memfasilitasi pembelajaran aktif, kolaborasi, dan pengembangan keterampilan berpikir mandiri. Hasil penelitian ini konsisten dengan temuan literatur sejenis, menunjukkan efektivitas PBL dalam meningkatkan kompetensi sosial dan keterampilan berpikir kritis siswa. Kesimpulan penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman mendalam tentang potensi PBL dalam pembelajaran masalah sosial, serta memberikan dasar bagi pengembangan kebijakan pendidikan dan perbaikan praktik pembelajaran di tingkat formal. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting bagi praktisi pendidikan, peneliti, dan pembuat kebijakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan pengembangan siswa di masa depan.
Kegiatan penelitian saat ini telah menempatkan penyelesaian tantangan sosial sebagai fokus utamanya.PBL terbukti meningkatkan kapasitas siswa dalam menghadapi isu-isu sosial.Model ini mendorong siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan dalam situasi praktis, meningkatkan pemahaman dan keterampilan berpikir kritis.Implementasi PBL dapat menjadi strategi bermanfaat untuk meningkatkan standar pendidikan dan mempersiapkan siswa menghadapi situasi kompleks dalam masyarakat yang selalu berubah.
Untuk lebih memperdalam pengetahuan tentang pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan memecahkan masalah sosial, diperlukan penelitian lebih lanjut yang memfocus pada perilaku siswa saat mengaplikasikan konsep PBL. Selain itu, ada kebutuhan untuk mencari tahu bagaimana PBL dapat diadaptasi untuk beragam konteks pendidikan, seperti di daerah terpencil atau di sekolah dengan sumber daya terbatas. Penelitian juga perlu dilakukan untuk mengukur dampak jangka panjang PBL pada kemampuan sosial siswa setelah mereka menyelesaikan pendidikan formal. Hal ini akan membantu memahami apakah dampak positif PBL terus berlanjut dalam kehidupan profesional dan sosial siswa.
| File size | 233.07 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning pada materi statistikaTujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan model problem based learning pada materi statistika
OJSOJS Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal dengan topik yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisisSumber data yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari 10 jurnal dengan topik yang diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis
OJSOJS Media Power Point merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulanMedia Power Point merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan
OJSOJS Populasi dan sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket adversity quotien yang telahPopulasi dan sampel penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik purpose sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket adversity quotien yang telah
Useful /
OJSOJS Terdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD antara kelas yang diterapkan model PBL dengan kelas yang hanya menggunakan model pembelajaranTerdapat perbedaan pemahaman konsep IPA siswa kelas V SD antara kelas yang diterapkan model PBL dengan kelas yang hanya menggunakan model pembelajaran
OJSOJS KH. A. Idris Marzuqi pernah berpendapat: “yang termasuk perjuangan setelah melawan penjajah adalah berbahtsul masail. Dawuh beliau menjadi penguat dalamKH. A. Idris Marzuqi pernah berpendapat: “yang termasuk perjuangan setelah melawan penjajah adalah berbahtsul masail. Dawuh beliau menjadi penguat dalam
OJSOJS Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peranan pojok baca dalam menumbuhkan minat membaca siswa sekolah dasar. Penelitian fenomenologi kualitatif dilakukanTujuan penelitian ini mendeskripsikan peranan pojok baca dalam menumbuhkan minat membaca siswa sekolah dasar. Penelitian fenomenologi kualitatif dilakukan
UMAUMA Faktor utama yang mempengaruhi kinerja adalah keterlibatan bawahan dalam pengambilan keputusan, keteladanan pemimpin, dan pemberian alternatif pemecahanFaktor utama yang mempengaruhi kinerja adalah keterlibatan bawahan dalam pengambilan keputusan, keteladanan pemimpin, dan pemberian alternatif pemecahan