OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerDiskusi merupakan metode pembelajaran yang terbukti efektif dari masa ke masa, diskusi merupakan sebuah cara untuk membuat seseorang berani mengutarakan hasil pemikiran atau mengemukakan pendapat. Dan dengan diskusi, pengetahuan akan tereksplor dari berbagai sudut pandang, tidak hanya satu arah saja. Dalam hal ini Allah Swt. Memerintahkan kita untuk selalu bermusyawarah dalam setiap perkara. Pondok Pesantren merupakan lembaga yang berfokus terhadap pembelajaran dan penerapan ajaran-ajaran Agama Islam, di dalam pondok pesantren banyak sekali metode pembelajaran yang diterapkan salah satunya Bahtsul Masaail. Bahtsul Masail merupakan forum yang disediakan oleh pondok pesantren untuk memfasilitasi para santri dalam membahas problematika yang berhubungan dengan hukum fikih. Bahtsul Masail sudah menjadi sebuah tradisi di pondok pesantren. KH. A. Idris Marzuqi pernah berpendapat: “yang termasuk perjuangan setelah melawan penjajah adalah berbahtsul masail. Dawuh beliau menjadi penguat dalam pelaksanaan Bahtsul Masail, tidak heran jika para santri sampai sekarang masih menyemarakkan kegiatan Bahtsul Masail. dalam kegiatan dunia Pondok Pesantren Musyawaroh adalah salah satu kegiatan eksta yang tidak dapat dipandang sebelah mata, karena peranya sangatlah penting dalam meningkatkat pemahaman Santri. Banyak sekali permasalahan-permasalahan yang di pecahkan melalui kegiatan Musyawaroh. Penelitian ini menjelaskan salah satu kegiatan tahunan yang ada di Pondok Pesantren Lirboyo Darussalam yaitu Bahtsul Masail Kubro, yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali dibawah naungan Lajnah Bahtsul Masail PP Darussalam.
Diskusi memungkinkan eksplorasi pengetahuan dari berbagai sudut pandang.Pondok Pesantren fokus pada pembelajaran dan penerapan ajaran Islam, dengan Bahtsul Masail sebagai salah satu metode pembelajarannya.Bahtsul Masail Kubro di Pondok Pesantren Lirboyo Darussalam dilaksanakan setiap dua tahun sekali untuk membahas problematika hukum fikih.
Penelitian lanjutan dapat mengkaji efektivitas Bahtsul Masail dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap hukum fikih dengan metode kuantitatif. Selain itu, perlu diteliti lebih dalam tentang dampak Bahtsul Masail terhadap kemampuan berpikir kritis santri. Terakhir, penelitian dapat mengembangkan model pembelajaran berbasis Bahtsul Masail untuk diterapkan di lembaga pendidikan formal.
| File size | 490.46 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
OJSOJS Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Auditory, Intellectual and Repetition (AIR) terhadap adversity quotien.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Auditory, Intellectual and Repetition (AIR) terhadap adversity quotien.
OJSOJS Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi. MelaluiDapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bahasa Indonesia yang sesuai dapat membantu peserta didik dalam meningkatkan kemampuan membaca puisi. Melalui
OJSOJS Hasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaan terdekat, tempat nyaman, serta tempat yang menarik perhatian; keempatHasil menunjukkan pojok baca berperan sebagai fasilitator tempat membaca, bahan bacaan terdekat, tempat nyaman, serta tempat yang menarik perhatian; keempat
OJSOJS Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa 4 butir soal yang mencakup indikator kesulitan pemahaman konsep matematis yaitu dekomposisi, pengenalan pola,Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa 4 butir soal yang mencakup indikator kesulitan pemahaman konsep matematis yaitu dekomposisi, pengenalan pola,
Useful /
UMMUMM Sehubungan dengan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemerintah daerah di Indonesia, meluncurkan SuperApps bernama JAKI pada tahun 2019 sebagaiSehubungan dengan ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebagai pemerintah daerah di Indonesia, meluncurkan SuperApps bernama JAKI pada tahun 2019 sebagai
OJSOJS Pada pasca pandemic covid-19 melanda, pembelajaran daring mempengaruhi motivasi belajar siswa. Berdasarkan data diketahui bahwa siswa yang mengumpulkanPada pasca pandemic covid-19 melanda, pembelajaran daring mempengaruhi motivasi belajar siswa. Berdasarkan data diketahui bahwa siswa yang mengumpulkan
OJSOJS Merdeka belajar merupakan kurikulum yang mengadopsi kurikulum International Baccalaurate atau biasa disebut dengan IB yang telah dimodifikasi melalui nilai-nilaiMerdeka belajar merupakan kurikulum yang mengadopsi kurikulum International Baccalaurate atau biasa disebut dengan IB yang telah dimodifikasi melalui nilai-nilai
UMAUMA Data diambil dari angket atau kuesioner dan laporan-laporan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikanData diambil dari angket atau kuesioner dan laporan-laporan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan