OJSOJS
Jurnal Pendidikan MultidisiplinerJurnal Pendidikan MultidisiplinerPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kesulitan pemahaman konsep matematis siswa pada materi statistika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kisaran semester ganjil tahun ajaran 2023/2024, diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah kuota 20 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa 4 butir soal yang mencakup indikator kesulitan pemahaman konsep matematis yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi, dan berpikir alogaritma. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata 38,75% dengan minimum 0 dan maksimum 100. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dikategorikan menjadi sangat baik (10%), baik (15%), cukup (15%), rendah (25%), dan sangat rendah (35%). Dapat disimpulkan bahwa siswa mengalami kesulitan pemahaman konsep sebesar 60%.
Berdasarkan hasil penelitian, kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XII SMA Negeri 1 Kisaran menunjukkan variasi dengan kategori sangat baik (10%), baik (15%), cukup (15%), rendah (25%), dan sangat rendah (35%).Siswa dengan kategori sangat baik sudah memenuhi semua indikator, sedangkan siswa dengan kategori sangat rendah tidak mampu memenuhi semua indikator.Kesulitan paling besar terlihat pada indikator dekomposisi dan berpikir alogaritma.
Penelitian lanjut bisa dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran interaktif dalam meningkatkan pemahaman konsep statistika, seperti penggunaan media digital atau pengalaman belajar dalam konteks nyata. Selain itu, penting untuk menyelidiki perbedaan kemampuan pemahaman antara siswa dengan latar belakang akademik yang berbeda untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan, dan juga dapat diteliti pengaruh intervensi khusus seperti pembelajaran dalam kelompok kecil dengan mengadaptasi kebutuhan individu siswa untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis dalam statistika.
| File size | 514.19 KB |
| Pages | 9 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Dalam pengumpulan data, digunakan tes, dan prosedur pengumpulan data adalah studi eksperimental. Temuan penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata post-testDalam pengumpulan data, digunakan tes, dan prosedur pengumpulan data adalah studi eksperimental. Temuan penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata post-test
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Kebijakan sertifikasi bagi guru-guru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul, Pasuruan berdampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru. Hal ini ditunjukkanKebijakan sertifikasi bagi guru-guru Minu Miftahul Falah Tegal Kidul, Pasuruan berdampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru. Hal ini ditunjukkan
OJSOJS Kegiatan penelitian saat ini telah menempatkan penyelesaian tantangan sosial sebagai fokus utamanya. PBL terbukti meningkatkan kapasitas siswa dalam menghadapiKegiatan penelitian saat ini telah menempatkan penyelesaian tantangan sosial sebagai fokus utamanya. PBL terbukti meningkatkan kapasitas siswa dalam menghadapi
OJSOJS Tujuan dari penulisan adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang termaktub dalam Serat Wedhatama karya KGPAA Mangkunegara IV. PendekatanTujuan dari penulisan adalah mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak yang termaktub dalam Serat Wedhatama karya KGPAA Mangkunegara IV. Pendekatan
Useful /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Salah satu contoh negosiasi tersebut terlihat dalam perumusan Sila Pertama Pancasila, yang mencerminkan usaha untuk mengintegrasikan nilai-nilai agamaSalah satu contoh negosiasi tersebut terlihat dalam perumusan Sila Pertama Pancasila, yang mencerminkan usaha untuk mengintegrasikan nilai-nilai agama
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Teknik keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Inovasi kiai dalam mengelola pendidikan di PesantrenTeknik keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Inovasi kiai dalam mengelola pendidikan di Pesantren
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Pendekatan ini melibatkan langkah-langkah seperti memberikan arahan langsung, evaluasi, dan bimbingan berbasis kebutuhan spesifik guru. Meskipun efektif,Pendekatan ini melibatkan langkah-langkah seperti memberikan arahan langsung, evaluasi, dan bimbingan berbasis kebutuhan spesifik guru. Meskipun efektif,
OJSOJS Melalui hasil meta analisis dengan menggunakan 10 penelitian dapat disimpulkan bahwa model-model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan dalam membacaMelalui hasil meta analisis dengan menggunakan 10 penelitian dapat disimpulkan bahwa model-model pembelajaran bahasa Indonesia yang digunakan dalam membaca