IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH
Indonesian Journal of Islamic and Social ScienceIndonesian Journal of Islamic and Social SciencePenelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui bagaimana formulasi inovasi kiai dalam pengelolaan pendidikan di pesantren Al Amien Prenduan Sumenep Madura Jawa Timur. 2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pengelolaan pendidikan di Pesantren melalui Inovasi Kiai. 3) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat kiai dalam pengelolaan pendidikan di pesantren. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini pembimbing dan santri yang mengikuti bimbingan kuliah luar negeri. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Inovasi kiai dalam mengelola pendidikan di Pesantren Al‑Amien Prenduan melibatkan empat tahap utama: perencanaan untuk menetapkan tujuan secara terstruktur, pengorganisasian untuk pemanfaatan sumber daya. 2) Pelaksanaan program dengan fokus pada hafalan dan pendidikan formal, serta supervisi untuk memastikan kesesuaian dengan visi dan rencana kerja. Hasilnya diharapkan menghasilkan alumni yang mampu menghafal hingga 30 juz dan menguasai bahasa asing dengan baik, serta mendapat penilaian positif dari masyarakat. 3) Faktor pendukung meliputi pembimbing kompeten dan kondisi jasmani santri, sedangkan faktor penghambat meliputi kekurangan pembimbing, niat tidak tulus, dan masalah manajemen waktu.
Penelitian menyimpulkan bahwa inovasi kiai dalam pengelolaan pendidikan pesantren Al‑Amien Prenduan terbagi dalam empat fase utama.perencanaan terstruktur, pengorganisasian sumber daya, pelaksanaan program yang sesuai rencana, serta pengawasan berkelanjutan.Meskipun pelaksanaan sudah berjalan sesuai rencana, jumlah juz hafalan santri pada kelulusan masih jauh di bawah target yang diharapkan.Oleh karena itu, diperlukan mekanisme pengawasan yang lebih efektif untuk mengidentifikasi dan mengatasi penyimpangan pada setiap tahap.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana penerapan teknologi digital, seperti platform e‑learning dan aplikasi mobile, dapat memperkuat peran kiai dalam proses pengajaran tahsin serta meningkatkan motivasi santri dalam menghafal Al‑Quran. Sebuah studi komparatif antar pesantren di berbagai provinsi Indonesia diperlukan untuk mengidentifikasi variasi model inovasi kiai, faktor keberhasilan, serta tantangan kontekstual yang memengaruhi implementasinya. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang melacak alumni pesantren selama lima tahun pasca kelulusan dapat memberikan gambaran nyata tentang dampak inovasi kiai terhadap kemampuan menghafal juz Quran, penguasaan bahasa asing, dan kontribusi sosial mereka di masyarakat. Analisis ini dapat memperkuat bukti empiris tentang efektivitas inovasi pendidikan pesantren serta memberikan rekomendasi kebijakan yang lebih tepat. Terakhir, kajian interdisipliner yang menggabungkan perspektif manajemen pendidikan, psikologi motivasi, dan sosiologi agama dapat membantu merancang program pelatihan kiai yang berkelanjutan, adaptif, dan responsif terhadap perubahan zaman.
| File size | 385.06 KB |
| Pages | 19 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Tujuan penelitian ini 1) Untuk menganalisis Peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di MA Syamsul Maarif Praya Barat. 2) untuk menganalisisTujuan penelitian ini 1) Untuk menganalisis Peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di MA Syamsul Maarif Praya Barat. 2) untuk menganalisis
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Kebijakan Profesionalisme bagi guru-guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul, Pasuruan berdampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru. Hal iniKebijakan Profesionalisme bagi guru-guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul, Pasuruan berdampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru. Hal ini
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNDIKSHAUNDIKSHA Dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika.Dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika.
Useful /
OJSOJS Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh tiap indikator kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu flexibility 81,25%, originalityHasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh tiap indikator kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu flexibility 81,25%, originality
OJSOJS Untuk meningkatkan motivasi belajar siswa perlu dilaksanakan penerapan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga motivasinyaUntuk meningkatkan motivasi belajar siswa perlu dilaksanakan penerapan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa untuk belajar sehingga motivasinya
OJSOJS Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental desingn,Penelitian ini dilaksanakan di SDN 03 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan metode quasi experimental desingn,
UNUSAUNUSA Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuanHasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Peningkatan kemampuan