IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH
Indonesian Journal of Islamic and Social ScienceIndonesian Journal of Islamic and Social SciencePenelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendekatan supervisi direktif dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Nurul Jadid Probolinggo. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru. Data dikumpulkan melalui dua teknik utama, yaitu wawancara mendalam dan observasi langsung. Analisis data dilakukan secara kualitatif yang meliputi pengelompokan data, identifikasi tema utama, dan interpretasi temuan. Untuk memastikan keabsahan data penelitian ini menggunakan triangulasi dengan membandingkan data dari wawancara, observasi, dan sumber literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan supervisi direktif dapat memberikan arahan yang jelas dan terstruktur bagi guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran. Dengan adanya supervisi semacam ini, guru mampu menyusun rencana pembelajaran yang lebih terorganisir, terfokus pada kebutuhan siswa, dan tentu saja lebih efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran. meningkatkan kompetensi profesional guru. Pendekatan ini melibatkan langkah-langkah seperti memberikan arahan langsung, evaluasi, dan bimbingan berbasis kebutuhan spesifik guru. Meskipun efektif, pendekatan ini memiliki keterbatasan seperti kurangnya pengembangan kreativitas guru. Implikasi penelitian ini menunjukkan perlunya pengembangan model supervisi yang adaptif dan integratif.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan supervisi direktif efektif dalam memberikan arahan yang jelas dan terstruktur kepada guru, meningkatkan kompetensi pedagogik secara signifikan, serta meningkatkan disiplin kerja guru.Meskipun demikian, pendekatan ini memiliki kelemahan berupa potensi pembatasan kreativitas guru dan ketergantungan berlebihan pada arahan kepala sekolah.Oleh karena itu, integrasi supervisi direktif dengan model lain yang lebih kolaboratif dan memberikan ruang bagi inovasi guru sangatlah penting untuk mencapai pengembangan profesionalisme guru yang holistik dan berkelanjutan.
Berdasarkan latar belakang, metode, dan hasil penelitian ini, serta pertimbangan saran penelitian lanjutan yang telah ada, penulis mengusulkan beberapa ide penelitian baru yang dapat memperkaya khazanah keilmuan di bidang pendidikan. Pertama, perlu dilakukan penelitian mendalam mengenai efektivitas kombinasi pendekatan supervisi direktif dengan pendekatan kolaboratif, dengan fokus pada bagaimana model ini dapat meningkatkan kreativitas dan inisiatif guru. Kedua, penelitian dapat diarahkan untuk mengeksplorasi faktor-faktor kontekstual yang mempengaruhi keberhasilan implementasi supervisi direktif, misalnya karakteristik sekolah, budaya organisasi, dan tingkat komitmen guru. Ketiga, penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengembangkan instrumen valid dan reliabel dalam mengukur dampak supervisi direktif terhadap hasil belajar siswa, dengan memperhatikan variabel-variabel moderasi dan mediasi. Dengan demikian, penelitian-penelitian lanjutan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi peningkatan mutu pendidikan dan pengembangan profesionalisme guru yang berkelanjutan.
- ANALISIS PENGUKURAN KOMPETENSI PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN | Indonesian Journal of Islamic... doi.org/10.71025/hepjer05ANALISIS PENGUKURAN KOMPETENSI PENDIDIKAN PROFESI GURU DALAM JABATAN Indonesian Journal of Islamic doi 10 71025 hepjer05
- Problems of Professional Identity of Modern Teachers: Comparative Analysis of Research Data of Russian... doi.org/10.3897/ap.1.e0571Problems of Professional Identity of Modern Teachers Comparative Analysis of Research Data of Russian doi 10 3897 ap 1 e0571
- A Research on the Level and Influencing Factors of Elementary and Secondary School Teachers’ Social-Emotional... doi.org/10.25236/fer.2023.062101A Research on the Level and Influencing Factors of Elementary and Secondary School TeachersAo Social Emotional doi 10 25236 fer 2023 062101
| File size | 262.84 KB |
| Pages | 15 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di MA Syamsul Maarif Praya Barat. Bawasannya kepala sekolahHasil penelitian menunjukan bahwa 1) Peran kepala sekolah untuk meningkatkan profesionalitas guru di MA Syamsul Maarif Praya Barat. Bawasannya kepala sekolah
UNDIKSHAUNDIKSHA Teknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitianTeknik analisis data menggunakan uji beda (paired sample t-test) untuk mengetahui perbedaan kinerja keuangan sebelum dan sesudah akuisisi. Hasil penelitian
UNDIKSHAUNDIKSHA Dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika.Dukungan sosial, beban belajar, kecerdasan emosional, kejenuhan belajar siswa merupakan hal-hal yang siswa alami secara psikologis dalam mempelajari matematika.
UMAUMA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sub. Dolog Wil. IV Padangsidimpuan. Metode penelitianPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Sub. Dolog Wil. IV Padangsidimpuan. Metode penelitian
Useful /
IAI ALMUSLIMACEHIAI ALMUSLIMACEH Kebijakan Profesionalisme bagi guru-guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul, Pasuruan berdampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru. Hal iniKebijakan Profesionalisme bagi guru-guru Minu Miftahul Falah Tegalkidul, Pasuruan berdampak positif terhadap peningkatan profesionalisme guru. Hal ini
OJSOJS Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tentang penerapan media power point untuk meningkatkanBerdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka kesimpulan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tentang penerapan media power point untuk meningkatkan
UNUSAUNUSA Kelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitianKelas eksperimen diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran PBL, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian
UNMUNM Karena itu, disarankan agar outline menjadi strategi pra‑penulisan penting bagi mahasiswa sebelum menulis esai, dan penelitian lebih lanjut mengenaiKarena itu, disarankan agar outline menjadi strategi pra‑penulisan penting bagi mahasiswa sebelum menulis esai, dan penelitian lebih lanjut mengenai