METROMETRO

Akademika : Jurnal Pemikiran IslamAkademika : Jurnal Pemikiran Islam

Makalah ini membahas upaya pencegahan pemahaman radikal di kalangan mahasiswa melalui interaksi sosial komunikatif. Penelitian ini merupakan kajian literatur dengan pendekatan psikologis. Metode penelitian data menggunakan penelitian perpustakaan yang bersumber dari literatur, hasil penelitian, serta berbagai artikel ilmiah dan buku yang dikumpulkan dengan teknik dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi. Metode ini dioperasionalkan dengan membuat inferensi—inferensi yang dapat ditiru dan sah untuk data dengan mengamati konteks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi sosial merupakan unsur yang tidak terpisahkan dalam kehidupan mahasiswa sebagai individu maupun anggota komunitas, sehingga mereka dapat berkomunikasi, membantu, dan bekerja sama dalam mencapai tujuan bersama yang diinginkan. Interaksi sosial yang positif dapat menumbuhkan pemahaman keagamaan di antara mahasiswa yang bersikap tertutup dan tekstual, sehingga mereka merasakan rasa kebersamaan yang paling memahami ajaran Tuhan. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dan pemahaman agama yang lebih baik bagi mahasiswa serta upaya mewujudkan interaksi sosial yang harmonis dan komunikatif agar mahasiswa dapat menghindari dan dicegah dari pemahaman radikal berbasis agama serta menjadi individu yang memiliki kepedulian sosial tinggi.

Interaksi sosial merupakan elemen esensial dalam kehidupan mahasiswa, memungkinkan mereka berkomunikasi, saling membantu, dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.Interaksi sosial yang positif dapat meningkatkan kematangan individu serta menjadi antidot bagi pemahaman radikal di kalangan mahasiswa yang tertutup, dengan menumbuhkan rasa kebersamaan yang memahami ajaran Tuhan.Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dan pemahaman agama yang lebih baik serta interaksi sosial yang harmonis dan komunikatif untuk mencegah radikalisme berbasis agama dan menumbuhkan kepedulian sosial tinggi pada mahasiswa.

Penelitian selanjutnya sebaiknya menguji secara empiris pengaruh program interaksi sosial komunikatif terstruktur terhadap sikap radikal mahasiswa, misalnya dengan merancang intervensi berbasis diskusi kelompok dan menilai perubahan persepsi keagamaan serta kepedulian sosial melalui survei pra‑ dan pasca‑program. Selain itu, diperlukan studi komparatif yang membandingkan berbagai strategi pembangunan kepercayaan, seperti program mentorship oleh dosen versus kelompok sebaya, untuk menentukan mana yang lebih efektif dalam menurunkan kecenderungan radikal di lingkungan kampus. Selanjutnya, penelitian longitudinal dapat mengevaluasi dampak pelatihan empati yang berkelanjutan terhadap kemampuan mahasiswa mempertahankan sikap anti‑radikalisme selama beberapa semester, sehingga dapat mengidentifikasi faktor‑faktor pemeliharaan nilai toleransi jangka panjang. Dengan menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, ketiga arah kajian ini diharapkan memberikan bukti kuat bagi institusi pendidikan tinggi dalam merancang kebijakan pencegahan radikalisme yang berbasis pada interaksi sosial yang harmonis.

  1. COMMUNICATIVE SOCIAL INTERACTIONS AS AN EFFORT TO PREVENT RADICAL ISLAM IN STUDENTS | Akademika : Jurnal... doi.org/10.32332/akademika.v25i1.2154COMMUNICATIVE SOCIAL INTERACTIONS AS AN EFFORT TO PREVENT RADICAL ISLAM IN STUDENTS Akademika Jurnal doi 10 32332 akademika v25i1 2154
  2. RADIKALISME ISLAM DAN UPAYA DERADIKALISASI PAHAM RADIKAL | Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan.... doi.org/10.21580/ws.20.1.185RADIKALISME ISLAM DAN UPAYA DERADIKALISASI PAHAM RADIKAL Walisongo Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan doi 10 21580 ws 20 1 185
  3. Page Not Found. page homepage touch ready work great call send email anything help billing irsfamail Doi.Org/10.20422/Jpk.V19i1.49Page Not Found page homepage touch ready work great call send email anything help billing irsfamail Doi Org 10 20422 Jpk V19i1 49
  1. #integrasi sosial#integrasi sosial
  2. #suicide bombing surabaya#suicide bombing surabaya
File size193.18 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test