EDUPEDEDUPED

Progressive of Cognitive and AbilityProgressive of Cognitive and Ability

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa kelas lima di SD Negeri Sosrowijayan setelah mengikuti pembelajaran matematika menggunakan model LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection). Metode penelitian menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan 20 siswa sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis indikator dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dalam bentuk rata-rata skor, persentase, dan kategori kemampuan. Hasil menunjukkan rata-rata skor keterampilan berpikir kritis sebesar 85,2 (kategori tinggi). Indikator tertinggi adalah menghubungkan konsep (88%), sedangkan terendah adalah mengidentifikasi masalah (79%). Penelitian ini menegakkan bahwa model LOC-R efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, menjadi strategi pengajaran matematika alternatif dalam mewujudkan kompetensi abad ke-21.

Implementasi model LOC-R dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas lima dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis dengan skor rata-rata 85,2%.Meski begitu, keterampilan mengidentifikasi masalah perlu perhatian khusus.Model LOC-R dapat menjadi strategi pengajaran alternatif bagi guru SD.

Untuk penelitian lanjutan, dapat dilakukan penelitian eksperimental dengan sampel yang lebih luas untuk menguji efektivitas model LOC-R secara lebih komprehensif. Selain itu, dapat dikaji penerapan model LOC-R pada materi matematika lainnya seperti geometri ruang atau pengukuran untuk melihat dampaknya. Penelitian juga bisa mengeksplorasi bagaimana integrasi teknologi dapat mendukung implementasi model LOC-R dalam kelas.

  1. Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika... doi.org/10.26737/jpdi.v5i1.1666Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS Higher Order Thinking Skills pada Pembelajaran Matematika doi 10 26737 jpdi v5i1 1666
  2. Literasi IPAS: Model Pembelajaran LOK-R pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah | Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan... doi.org/10.46963/mpgmi.v10i2.2104Literasi IPAS Model Pembelajaran LOK R pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mitra PGMI Jurnal Kependidikan doi 10 46963 mpgmi v10i2 2104
  3. PENGEMBANGAN PENILAIAN BERORIENTASI HOTS: UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI ERA GLOBAL... doi.org/10.59672/widyadari.v25i1.3660PENGEMBANGAN PENILAIAN BERORIENTASI HOTS UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI ERA GLOBAL doi 10 59672 widyadari v25i1 3660
  1. #keterampilan berpikir kritis#keterampilan berpikir kritis
File size397.74 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test