RCSDEVELOPMENTRCSDEVELOPMENT

Room of Civil Society DevelopmentRoom of Civil Society Development

Pembelajaran IPA merupakan salah satu bidang yang membutuhkan pembelajaran di laboratorium. Pembelajaran daring yang diterapkan selama pandemi Covid-19 belum dapat mengakomodir kebutuhan pelaksanaan praktikum secara efektif, salah satunya pada mata kuliah Konsep Dasar IPA SD. Hal ini dikarenakan tidak semua praktikum dapat dilakukan secara virtual. Selain itu, terdapat keterbatasan dalam mengakses dan menggunakan alat dan bahan di laboratorium. Oleh karena itu, pelatihan pengenalan dan penggunaan alat laboratorium perlu dilakukan agar dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang fungsi dan cara penggunaan alat laboratorium, melatih keterampilan mahasiswa dalam melaksanakan eksperimen sederhana, dan memberikan wawasan tentang cara mengintegrasikan eksperimen dalam pembelajaran di kelas. Kegiatan pelatihan meliputi sosialisasi, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Materi disampaikan dengan metode presentasi, tanya jawab, dan praktik oleh peserta. Pelatihan laboratorium ini terbukti meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa calon guru dalam penggunaan alat laboratorium IPA. Peningkatan skor rata-rata dari 56 menjadi 83 menunjukkan efektivitas metode pelatihan, yang diharapkan dapat berdampak positif terhadap pembelajaran IPA di masa depan. Dengan keterampilan yang diperoleh, mahasiswa akan lebih familiar dengan alat laboratorium dan lebih siap dalam mengajar IPA secara praktis dan interaktif.

Pelatihan laboratorium ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa calon guru dalam penggunaan alat laboratorium IPA.Peningkatan skor rata-rata dari 56 menjadi 83 menunjukkan bahwa metode pelatihan berbasis praktik ini memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dibandingkan hanya mengandalkan teori.Dengan keterampilan yang diperoleh, mahasiswa akan lebih familiar dengan alat laboratorium, lebih percaya diri, serta lebih siap dalam mengajar IPA secara praktis dan interaktif.Keberhasilan pelatihan ini memiliki dampak jangka panjang terhadap pembelajaran IPA di sekolah dasar.Ketika mahasiswa ini menjadi guru, mereka dapat mengintegrasikan penggunaan alat laboratorium dalam pembelajaran IPA, sehingga siswa tidak hanya memahami teori tetapi juga mendapatkan pengalaman langsung melalui eksperimen.Pembelajaran berbasis praktik telah terbukti meningkatkan pemahaman sains siswa dan mendorong keterampilan berpikir kritis.Oleh karena itu, penguatan keterampilan laboratorium bagi calon guru menjadi salah satu langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan IPA di tingkat dasar.

Untuk meningkatkan efektivitas pelatihan, dapat dipertimbangkan integrasi metode blended learning, evaluasi lebih lanjut terhadap faktor yang memengaruhi pemahaman peserta, serta pengembangan kerja sama dengan sekolah dasar agar mahasiswa dapat langsung mengimplementasikan keterampilan laboratorium yang diperoleh dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk menganalisis dampak jangka panjang pelatihan ini terhadap kualitas pembelajaran IPA di sekolah dasar, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam mengintegrasikan praktik laboratorium ke dalam kurikulum pendidikan calon guru. Dengan demikian, pelatihan ini dapat menjadi model pembelajaran laboratorium yang efektif dan berkelanjutan, dengan dampak positif yang luas terhadap pendidikan IPA di tingkat dasar.

  1. Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 | Al... doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i1.3379Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid 19 Al doi 10 32332 al jahiz v2i1 3379
  2. LABORATORIUM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN KERJA ILMIAH... doi.org/10.47783/literasiologi.v8i1.351LABORATORIUM SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN IPA DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN KERJA ILMIAH doi 10 47783 literasiologi v8i1 351
  3. Strategi Pembelajaran Ekspositori Bagi Guru dalam Konsep Dasar IPA Pada Masa Pandemi Covid-19 di SD Negeri... jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/scholastica/article/view/7552Strategi Pembelajaran Ekspositori Bagi Guru dalam Konsep Dasar IPA Pada Masa Pandemi Covid 19 di SD Negeri jurnal univpgri palembang ac index php scholastica article view 7552
  1. #pembelajaran sains#pembelajaran sains
File size335.77 KB
Pages11
DMCAReportReport

ads-block-test