ASSALAMASSALAM

Journal of Multicultural Education and Social StudiesJournal of Multicultural Education and Social Studies

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai media penguatan nilai tawasuth prinsip moderasi dalam Islam di tengah era digital yang ditandai oleh percepatan teknologi dan meningkatnya polarisasi ideologis. Fokus penelitian ini adalah bagaimana Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Aceh Tengah mengintegrasikan nilai-nilai Islam moderat ke dalam praktik pembelajaran dan interaksi digital guna menumbuhkan pola pikir seimbang, toleransi, dan kesadaran etis pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi kelas, wawancara semi-terstruktur dengan guru dan siswa, serta analisis dokumen terhadap program sekolah yang berkaitan dengan moderasi beragama. Analisis tematik digunakan untuk mengidentifikasi pola adaptasi pedagogis, partisipasi digital, serta strategi kelembagaan dalam mendukung penerapan nilai tawasuth dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MAN 2 Aceh Tengah menerapkan strategi multidimensional dalam menanamkan nilai moderasi melalui desain kurikulum, keteladanan guru, dan pendidikan etika digital. Guru berperan sebagai pembimbing moral sekaligus fasilitator literasi digital, mendorong siswa untuk berpikir kritis terhadap konten keagamaan daring sambil menjaga etika komunikasi dan menghargai keberagaman. Sekolah juga mengintegrasikan nilai tawasuth dalam kegiatan ekstrakurikuler dan kampanye digital yang menekankan harmoni antara iman, akal, dan teknologi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan Agama Islam, ketika didukung oleh kebijakan kelembagaan dan pedagogi digital, menjadi sarana efektif dalam menumbuhkan nilai tawasuth sebagai bagian dari pembentukan karakter peserta didik. Hasil penelitian ini berkontribusi pada diskursus kontemporer tentang moderasi beragama, ketahanan moral, dan kewargaan etis di era digital, serta menawarkan model penerapan bagi lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan radikalisasi daring dan fragmentasi moral.

Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pendidikan Agama Islam, ketika didukung oleh kebijakan kelembagaan dan pedagogi digital, menjadi sarana efektif dalam menumbuhkan nilai tawasuth sebagai bagian dari pembentukan karakter peserta didik.Hasil penelitian ini berkontribusi pada diskursus kontemporer tentang moderasi beragama, ketahanan moral, dan kewargaan etis di era digital, serta menawarkan model penerapan bagi lembaga pendidikan Islam dalam menghadapi tantangan radikalisasi daring dan fragmentasi moral.

Berdasarkan temuan penelitian, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi efektivitas berbagai strategi pedagogis digital dalam menumbuhkan nilai-nilai moderasi pada siswa madrasah, dengan fokus pada perbedaan antara berbagai tingkat kelas dan gaya belajar. Kedua, perlu dilakukan kajian mendalam tentang peran serta keterlibatan orang tua dan masyarakat dalam mendukung program moderasi beragama di madrasah, serta bagaimana meningkatkan sinergi antara keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitar. Ketiga, penelitian dapat menginvestigasi bagaimana dampak program moderasi beragama terhadap sikap dan perilaku siswa di luar lingkungan sekolah, seperti di media sosial dan dalam interaksi dengan kelompok masyarakat yang berbeda. Dengan memahami faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan program moderasi beragama, diharapkan dapat dirumuskan kebijakan dan strategi yang lebih efektif dalam membentuk karakter siswa yang moderat, toleran, dan berakhlak mulia.

  1. The Impact of Religion and National Origin on Attitudes towards Refugee Rights: An International Comparative... mdpi.com/2077-1444/11/6/303The Impact of Religion and National Origin on Attitudes towards Refugee Rights An International Comparative mdpi 2077 1444 11 6 303
  2. 0. endobj extgstate font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs doi.org/10.29333/iji.2022.1527a0 endobj extgstate font procset text imageb imagec imagei annots mediabox contents group tabs doi 10 29333 iji 2022 1527a
  1. #pendidikan agama islam#pendidikan agama islam
  2. #nilai islam siswa#nilai islam siswa
File size288.3 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test