ASSALAMASSALAM

Journal of Multicultural Education and Social StudiesJournal of Multicultural Education and Social Studies

Perkembangan teknologi menjadi sesuatu yang umum dan memiliki pengaruh besar pada masyarakat. Era digital memiliki pengaruh yang nyata pada kehidupan manusia salah satu contohnya adalah dalam bidang pendidikan. Akibatnya, dibutuhkan kepemimpinan yang dapat beradaptasi dan memanfaatkan dari perkembangan teknologi ini. Di dalam dunia pendidikan, kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dan krusial, karena ia yang menetapkan kebiajakan dan mengarahkan langkah-langkah yang akan diikuti untuk mencapai tujuan sekolah. Oleh itu, seorang kepala madrasah perlu menyusun strategi dalam menghadapi perubahan era digital ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi kepemimpinan yang disiapkan kepala madrasah dalam pendidikan karakter di era digital. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena tempat penelitian ini di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bener Meriah. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data dalam penelitian ini adalah wawancara, pengamatan, dan dokumentasi. Adapun objek penelitian adalah Strategi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pendidikan Karakter di Era Digital. Subjek penelitian ini adalah kepala madrasah serta guru, dan juga siswa. Dapat disimpulkan bahwa strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam pendidikan karakter di era digital adalah melalui pembiasaan, kedisiplinan, serta program-program yang ada.

Mengingat dampak teknologi di era digital terhadap pendidikan karakter, kepemimpinan kepala madrasah berperan penting dalam mengembangkan strategi melalui pembiasaan, kedisiplinan, dan program yang ada.Kepemimpinan yang adaptif dan berlandaskan nilai-nilai karakter diperlukan untuk menghadapi tantangan digital.Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi bagi kepala madrasah dalam mengoptimalkan pendidikan karakter di lingkungan sekolah.

Penelitian lanjutan dapat memfokuskan pada pengembangan program pelatihan bagi guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pendidikan karakter. Studi perbandingan antara madrasah di daerah perkotaan dan pedesaan untuk menguji efektivitas strategi kepemimpinan digital. Penelitian juga perlu mengeksplorasi peran komunitas dan orang tua dalam mendukung penerapan pendidikan karakter melalui media digital, agar hasil penelitian lebih komprehensif dan aplikatif di berbagai konteks sosial.

  1. PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL | NUSRA : Jurnal... doi.org/10.55681/nusra.v4i3.1448PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI ERA DIGITAL NUSRA Jurnal doi 10 55681 nusra v4i3 1448
  2. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Pengimplementasian Program Pendidikan Karakter di... journal.unesa.ac.id/index.php/jdmp/article/view/12832Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Pengimplementasian Program Pendidikan Karakter di journal unesa ac index php jdmp article view 12832
  3. Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Revolusi Digital 4.0 | Journal on Education. strategi... doi.org/10.31004/joe.v5i2.876Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Revolusi Digital 4 0 Journal on Education strategi doi 10 31004 joe v5i2 876
  1. #pendidikan karakter#pendidikan karakter
File size274.99 KB
Pages7
DMCAReportReport

ads-block-test