UNSIQUNSIQ

Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQJurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ

Penelitian ini bertujuan memperoleh informasi dan mendeskripsikan Pendidikan serta Pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Sistem Manajemen Keselamatan (DPMSMK). Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara, kunjungan lokasi, studi dokumen, dan studi literatur (Yumaroh, Wahyu Lestari, 2014). Hasil penelitian memperoleh data uji validitas item soal dan uji reliabilitas instrumen evaluasi yang memenuhi kriteria tes yang baik. Program Diklat yang dinamis biasanya memerlukan waktu lama untuk evaluasi, namun pemanfaatan teknologi inovatif pada instrumen evaluasi berbasis online memungkinkan seluruh pertanyaan yang sering muncul pada akhir program dapat dijawab, sehingga faktor penghambat beralih menjadi faktor pendukung dalam pelaksanaan evaluasi Diklat.

Analisis kebutuhan pengembangan instrumen evaluasi Diklat menunjukkan bahwa data uji validitas dan reliabilitas terpenuhi, sehingga kriteria tes yang baik tercapai.Proses evaluasi tradisional memakan waktu lama karena sifat pelatihan yang dinamis.Dengan penerapan teknologi inovatif, instrumen evaluasi berbasis online memungkinkan pertanyaan yang sering muncul dapat dijawab, mengubah faktor penghambat menjadi pendukung dalam pelaksanaan evaluasi Diklat.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi sejauh mana penggunaan instrumen evaluasi berbasis online meningkatkan pencapaian hasil belajar peserta Diklat dibandingkan dengan metode evaluasi konvensional, dengan mengukur perubahan kompetensi KSA secara kuantitatif. Selanjutnya, diperlukan studi perbandingan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam menilai reliabilitas serta validitas instrumen, sehingga dapat ditentukan metodologi paling efektif untuk konteks pelatihan yang beragam. Akhirnya, penelitian dapat memperluas penerapan instrumen ini ke sektor lain, seperti pelatihan teknis industri atau program pendidikan jarak jauh, untuk menilai adaptabilitas dan efektivitasnya dalam berbagai lingkungan belajar.

File size249.8 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test