IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI
JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)JEELS (Journal of English Education and Linguistics Studies)Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kecemasan presentasi lisan dan strategi coping yang digunakan oleh mahasiswa non-English major di Universitas Bengkulu. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan sampel 130 responden. Hasil menunjukkan tingkat kecemasan yang sedang, terutama terkait dengan bahasa dan evaluasi. Strategi coping yang paling umum digunakan adalah strategi sosial-afektif seperti self-talk dan relaksasi, diikuti oleh strategi fluency-oriented. Analisis One-Way ANOVA menunjukkan perbedaan signifikan dalam penggunaan strategi coping berdasarkan tingkat kecemasan. Strategi sosial-afektif dan fluency-specific lebih umum di kalangan mahasiswa dengan kecemasan tinggi, sementara strategi penyederhanaan pesan lebih populer di kalangan mahasiswa dengan kecemasan sedang. Penelitian ini menyarankan intervensi khusus seperti workshop konstruksi pesan, pelatihan fluensi, dan metode relaksasi untuk meningkatkan kualitas presentasi.
Penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa non-English major di Universitas Bengkulu mengalami tingkat kecemasan presentasi lisan yang sedang, dengan sumber utama kecemasan adalah bahasa dan evaluasi.Strategi coping yang paling umum digunakan adalah strategi sosial-afektif dan fluency-oriented.Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan dalam penggunaan strategi coping berdasarkan tingkat kecemasan.Mahasiswa dengan kecemasan tinggi lebih sering menggunakan strategi sosial-afektif dan fluency-specific, sementara mahasiswa dengan kecemasan sedang lebih sering menggunakan strategi penyederhanaan pesan.Penelitian ini menyarankan intervensi khusus seperti workshop konstruksi pesan, pelatihan fluensi, dan metode relaksasi untuk meningkatkan kualitas presentasi.
Untuk penelitian lanjutan, dapat dilakukan penelitian lebih dalam tentang dampak intervensi khusus seperti workshop konstruksi pesan, pelatihan fluensi, dan metode relaksasi terhadap penurunan kecemasan presentasi lisan. Selain itu, dapat dilakukan penelitian tentang perbedaan strategi coping antara mahasiswa non-English major dan English major. Penelitian juga dapat mengeksplorasi penggunaan teknologi seperti AI dalam membantu mahasiswa mengatasi kecemasan presentasi lisan. Selain itu, dapat dilakukan penelitian tentang perbedaan strategi coping berdasarkan faktor demografis seperti jenis kelamin, usia, dan latar belakang akademik. Penelitian lanjutan juga dapat mengeksplorasi dampak lingkungan belajar yang mendukung terhadap penurunan kecemasan presentasi lisan.
- Foreign Language Speaking Anxiety among Chinese English Majors: Causes, Effects and Strategies | Journal... drpress.org/ojs/index.php/EHSS/article/view/5009Foreign Language Speaking Anxiety among Chinese English Majors Causes Effects and Strategies Journal drpress ojs index php EHSS article view 5009
- Undergraduate Students’ Understanding of Public Speaking Anxiety in English Language Classroom... doi.org/10.51474/jrtp/15760Undergraduate StudentsAo Understanding of Public Speaking Anxiety in English Language Classroom doi 10 51474 jrtp 15760
- A Study of Academic Oral Presentation Anxiety and Strategy Employment of EFL Graduate Students | Indonesian... doi.org/10.21462/IJEFL.V3I2.78A Study of Academic Oral Presentation Anxiety and Strategy Employment of EFL Graduate Students Indonesian doi 10 21462 IJEFL V3I2 78
| File size | 660.44 KB |
| Pages | 31 |
| Short Link | https://juris.id/p-ka |
| DMCA | Report |
Related /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Meskipun strategi regulasi motivasi berkorelasi dengan tingkat penyelesaian, terdapat kesenjangan signifikan dalam mengukur perbedaan berdasarkan genderMeskipun strategi regulasi motivasi berkorelasi dengan tingkat penyelesaian, terdapat kesenjangan signifikan dalam mengukur perbedaan berdasarkan gender
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini mengungkapkan dampak inteligensi intrapersonal dan model pembelajaran pada hasil belajar bahasa Inggris siswa sekolah menengah kejuruan.Penelitian ini mengungkapkan dampak inteligensi intrapersonal dan model pembelajaran pada hasil belajar bahasa Inggris siswa sekolah menengah kejuruan.
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group before-and-after. Data dikumpulkan dari 34Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group before-and-after. Data dikumpulkan dari 34
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Therefore, institutions should formulate clear policies that support ethical and effective AI integration, ensuring AI serves as a supportive tool ratherTherefore, institutions should formulate clear policies that support ethical and effective AI integration, ensuring AI serves as a supportive tool rather
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan pendekatan translanguaging dalam kurikulum untuk memperkuat keterampilan multilingual dan mempersiapkanPenelitian ini menekankan pentingnya mengintegrasikan pendekatan translanguaging dalam kurikulum untuk memperkuat keterampilan multilingual dan mempersiapkan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penerapan multimodal membantu mahasiswa memahami materi, meningkatkan motivasi, dan merangsang kreativitas, sementara dosen dapat memperkaya bahan ajarPenerapan multimodal membantu mahasiswa memahami materi, meningkatkan motivasi, dan merangsang kreativitas, sementara dosen dapat memperkaya bahan ajar
USKUSK Masyarakat perlu menyadari fenomena ini dan siap menghadapi segala keadaan di masa depan.mereka yang berasal dari kalangan kaya dan terkenal harus diajarkanMasyarakat perlu menyadari fenomena ini dan siap menghadapi segala keadaan di masa depan.mereka yang berasal dari kalangan kaya dan terkenal harus diajarkan
USKUSK Specifically, a significant portion of students struggled with creating a humorous twist, utilizing action verbs, employing connectives, and correctlySpecifically, a significant portion of students struggled with creating a humorous twist, utilizing action verbs, employing connectives, and correctly
Useful /
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Namun, pelaksanaan AI masih terbatas akibat kurangnya pelatihan guru dan sarana teknologi yang memadai. Untuk memaksimalkan potensi AI, perlu diarahkanNamun, pelaksanaan AI masih terbatas akibat kurangnya pelatihan guru dan sarana teknologi yang memadai. Untuk memaksimalkan potensi AI, perlu diarahkan
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengaruh chatbot AI pada hasil belajar bahasa Inggris secara langsung dan mempertimbangkan desain chatbot yangPenelitian lanjutan dapat mengeksplorasi pengaruh chatbot AI pada hasil belajar bahasa Inggris secara langsung dan mempertimbangkan desain chatbot yang
IAIN KEDIRIIAIN KEDIRI Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memberikan pengawasan dan memasukkan sumber belajar alternatif untuk mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilanOleh karena itu, penting bagi guru untuk memberikan pengawasan dan memasukkan sumber belajar alternatif untuk mendukung siswa dalam mengembangkan keterampilan
USKUSK Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dan sikap siswa secara bersama‑sama merupakan penentu utama keberhasilan pengajaran membaca.Penelitian ini menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan guru dan sikap siswa secara bersama‑sama merupakan penentu utama keberhasilan pengajaran membaca.