E SIBERE SIBER
Siber International Journal of Sport EducationSiber International Journal of Sport EducationPeran Kompetensi Guru, Kurikulum Independen, dan Sistem Informasi Manajemen terhadap Kualitas Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kompetensi guru, kurikulum independen, dan sistem informasi manajemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Metode yang digunakan adalah penelitian perpustakaan dengan sumber data berupa media daring seperti Google Scholar, Mendeley, dan sumber online lainnya. Hasil studi menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi guru berperan dalam kualitas pendidikan, 2) Kurikulum independen berperan dalam kualitas pendidikan, dan 3) Sistem informasi manajemen berperan dalam kualitas pendidikan. Selain ketiga variabel eksogen tersebut, terdapat pula faktor-faktor lain yang memengaruhi kualitas pendidikan, antara lain lingkungan, kepemimpinan kepala sekolah, dan budaya organisasi.
Kompetensi guru berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.Kurikulum independen berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.Sistem informasi manajemen berperan dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi secara mendalam bagaimana tingkat penerapan kompetensi guru secara konsisten di berbagai jenis sekolah, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan, mempengaruhi prestasi akademik siswa serta kepuasan belajar, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif berbasis survei longitudinal yang melibatkan ribuan responden dan analisis statistik multivariat untuk mengidentifikasi faktor-faktor mediasi. Penelitian berikutnya dapat meneliti efektivitas kurikulum independen dalam meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan keterampilan abad ke‑21 siswa, melalui desain studi kasus komparatif yang membandingkan hasil belajar, portofolio inovatif, dan persepsi guru antara sekolah yang mengadopsi kurikulum tersebut dan yang masih menggunakan kurikulum konvensional, serta melibatkan observasi kelas dan wawancara mendalam. Selanjutnya, penelitian dapat menginvestigasi faktor-faktor penghambat dan pendukung penerapan sistem informasi manajemen pendidikan, khususnya pada guru senior yang mungkin menghadapi kesulitan teknologi, dengan menggabungkan analisis kualitatif berupa wawancara mendalam, focus group discussion, dan analisis kegagalan sistem serta menguji intervensi pelatihan digital yang terstruktur. Dengan mengintegrasikan temuan dari ketiga arah penelitian tersebut, diharapkan dapat diperoleh pemahaman yang lebih komprehensif tentang interaksi dinamis antara kompetensi guru, kurikulum independen, dan teknologi informasi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara berkelanjutan di Indonesia.
| File size | 405.06 KB |
| Pages | 7 |
| Short Link | https://juris.id/p-j0 |
| DMCA | Report |
Related /
UNYUNY Penelitian ini dirancang untuk memberikan gambaran situasi saat ini serta menilai kebutuhan nyata dan operasional terkait penggunaan bahasa Inggris secaraPenelitian ini dirancang untuk memberikan gambaran situasi saat ini serta menilai kebutuhan nyata dan operasional terkait penggunaan bahasa Inggris secara
UNYUNY Aktivitas fisik ritmis memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar pada anak berusia 8–9 tahun; namun penelitian pada topik ini masihAktivitas fisik ritmis memiliki potensi untuk meningkatkan keterampilan gerak dasar pada anak berusia 8–9 tahun; namun penelitian pada topik ini masih
UNYUNY Namun, pemolehan bahasa masih belum sepenuhnya dipromosikan karena beberapa struktur yang diajarkan di awal sebenarnya baru dapat dipahami pada tahap PTNamun, pemolehan bahasa masih belum sepenuhnya dipromosikan karena beberapa struktur yang diajarkan di awal sebenarnya baru dapat dipahami pada tahap PT
UNYUNY Penelitian ini menyelidiki pentingnya ChatGPT yang berkembang dalam lingkungan pendidikan Kalimantan Timur, dengan fokus pada persepsi pendidik dan praktisiPenelitian ini menyelidiki pentingnya ChatGPT yang berkembang dalam lingkungan pendidikan Kalimantan Timur, dengan fokus pada persepsi pendidik dan praktisi
UNYUNY Hasil kuantitatif menunjukkan persepsi positif: rata-rata efisiensi 3,91, motivasi dan keterlibatan 3,76, manajemen waktu dan kesenangan 3,73, serta kepuasanHasil kuantitatif menunjukkan persepsi positif: rata-rata efisiensi 3,91, motivasi dan keterlibatan 3,76, manajemen waktu dan kesenangan 3,73, serta kepuasan
UNYUNY Perubahan ini sangat penting karena manajemen arsip elektronik yang efektif meningkatkan responsivitas institusi dan selaras dengan permintaan pendidikanPerubahan ini sangat penting karena manajemen arsip elektronik yang efektif meningkatkan responsivitas institusi dan selaras dengan permintaan pendidikan
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Rumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem ini, serta faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya berdasarkanRumusan masalah yang diangkat adalah bagaimana tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem ini, serta faktor-faktor apa saja yang memengaruhinya berdasarkan
UMAUMA Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Penanganan gelandangan dan pengemis membutuhkan model keterpaduan dengan prinsipDari hasil penelitian yang dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Penanganan gelandangan dan pengemis membutuhkan model keterpaduan dengan prinsip
Useful /
UNYUNY Secara keseluruhan, implementasi Model Pembelajaran Inklusif berbasis Kearifan Lokal, yang mempertimbangkan kesetaraan gender dan disabilitas, dapat menciptakanSecara keseluruhan, implementasi Model Pembelajaran Inklusif berbasis Kearifan Lokal, yang mempertimbangkan kesetaraan gender dan disabilitas, dapat menciptakan
UNYUNY Kota Bandung dipilih karena penduduknya mayoritas adalah etnis Sunda. Penelitian dilakukan selama 6 bulan, dari Februari hingga Juli 2024, dan didahuluiKota Bandung dipilih karena penduduknya mayoritas adalah etnis Sunda. Penelitian dilakukan selama 6 bulan, dari Februari hingga Juli 2024, dan didahului
UNYUNY Data dikumpulkan melalui kuesioner pra‑ dan pasca‑test, observasi kelas, dan wawancara terstruktur. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada keterlibatanData dikumpulkan melalui kuesioner pra‑ dan pasca‑test, observasi kelas, dan wawancara terstruktur. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan pada keterlibatan
UNYUNY Penelitian ini mengonfirmasi adanya hubungan signifikan antara reward, komitmen, kepemimpinan transformasional, dan kepuasan kerja guru. Sesuai hipotesis,Penelitian ini mengonfirmasi adanya hubungan signifikan antara reward, komitmen, kepemimpinan transformasional, dan kepuasan kerja guru. Sesuai hipotesis,