STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis website untuk mata pelajaran matematika di sekolah menengah pertama. Metode penelitian dan pengembangan (R&D) diterapkan dalam penelitian ini untuk mencapai tujuan tersebut dengan menggunakan model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima fase: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, dan (5) Evaluasi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas 8 SMPS Kristen Makedonia Ngabang dengan 27 peserta dan enam orang untuk uji validitas berdasarkan ahli desain media, ahli media, dan ahli konten matematika. Instrumen kuesioner dan skala sikap digunakan untuk menganalisis data kuantitatif dan kualitatif. Secara keseluruhan, berdasarkan analisis data (dengan rentang frekuensi 1 sampai 5), ditemukan bahwa desain media telah memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 4,76. Meskipun demikian, hasil analisis penilaian empiris untuk prosedur individu, kelompok kecil, dan uji lapangan untuk 27 siswa di SMPS Kristen Makedonia Ngabang kelas 8 menyatakan bahwa siswa sangat senang menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis website dengan rata-rata nilai 6,25 dengan rentang frekuensi 1 hingga 7. Selanjutnya, menurut hasil kuesioner sikap efektivitas terhadap media dan analisis pra-perlakuan serta pasca perlakuan yang melibatkan 30 siswa, ditemukan perbedaan signifikan antara hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran interaktif berbasis website untuk mata pelajaran matematika di sekolah menengah pertama.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan produk akhir menunjukkan sikap senang siswa dan perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penggunaan pembelajaran multimedia interaktif berbasis website.Rata-rata skor untuk sikap siswa adalah 6,25 dari rentang 1-7, sehingga sikap siswa dikategorikan sangat senang terhadap penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis website.Perolehan skor pretest dan posttest dari penggunaan multimedia siswa diukur melalui t-test menunjukkan t_o ≥ t_table, yaitu 7,600 ≥ 2,045.Pembelajaran multimedia interaktif berbasis website dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaran matematika.Hasil dari tes efektivitas penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis website dapat dikategorikan sangat efektif.
Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mengkaji lebih dalam tentang dampak jangka panjang penggunaan multimedia interaktif berbasis website terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Pertanyaan penelitian yang bisa diajukan adalah, Bagaimana pengaruh penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika di kalangan siswa dengan latar belakang yang berbeda? Selain itu, penting untuk mengeksplorasi variasi dalam desain multimedia interaktif untuk menarik minat siswa yang beragam serta menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa agar dapat lebih efektif dalam pembelajaran. Penelitian ini akan memberikan wawasan lebih lanjut tentang penerapan teknologi dalam pendidikan serta efektivitasnya dalam berbagai konteks.
| File size | 446.5 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
IPBIPB Peningkatan ini dibuktikan dengan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya mencapaiPeningkatan ini dibuktikan dengan nilai N-gain kelas eksperimen sebesar 0,72 yang termasuk dalam kategori tinggi, sedangkan kelas kontrol hanya mencapai
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif, penelitian melibatkan 66 siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Padang, dengan 14 siswa terpilihMenggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif, penelitian melibatkan 66 siswa kelas VIII di SMP Negeri 24 Padang, dengan 14 siswa terpilih
ETDCIETDCI Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki keinginan dan hasrat dengan kategori tinggi. Selain itu, untuk kategori hasrat dan keinginan berhasilHasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki keinginan dan hasrat dengan kategori tinggi. Selain itu, untuk kategori hasrat dan keinginan berhasil
ETDCIETDCI Kondisi pandemi covid-19 saat ini, tentunya mengakibatkan elemen pendidikan mengalami perubahan dalam sistem pelaksanaan pembelajaran, yaitu peralihanKondisi pandemi covid-19 saat ini, tentunya mengakibatkan elemen pendidikan mengalami perubahan dalam sistem pelaksanaan pembelajaran, yaitu peralihan
Useful /
IPBIPB Perangkat lunak InsightMaker digunakan untuk membangun dan mensimulasikan CLD. Model mengidentifikasi loop penguat yang menunjukkan bagaimana peningkatanPerangkat lunak InsightMaker digunakan untuk membangun dan mensimulasikan CLD. Model mengidentifikasi loop penguat yang menunjukkan bagaimana peningkatan
ETDCIETDCI Temuan ini memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika yang lebih efektif. Kemandirian belajar siswa di Kecamatan MaliliTemuan ini memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika yang lebih efektif. Kemandirian belajar siswa di Kecamatan Malili
ETDCIETDCI Instrumen yang kami gunakan berupa soal isian (8 nomor). Dalam menjawab soal, para mahasiswa juga diminta untuk memberikan alasan dari jawabannya sertaInstrumen yang kami gunakan berupa soal isian (8 nomor). Dalam menjawab soal, para mahasiswa juga diminta untuk memberikan alasan dari jawabannya serta
UNILAUNILA Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh inokulasi Rhizobium terhadap pertumbuhan semai sengon laut, pengaruh pemberian pupuk urea dengan berbagaiPenelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh inokulasi Rhizobium terhadap pertumbuhan semai sengon laut, pengaruh pemberian pupuk urea dengan berbagai