STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Pembelajaran daring di daerah terpencil tentu tidak semudah pembelajaran daring di kota-kota besar di Indonesia. Pembelajaran daring di daerah terpencil, terutama di kabupaten Landak, menghadapi banyak kendala akibat fasilitas dan infrastruktur yang terbatas. Untuk mengatasi masalah ini, para guru di daerah terpencil di Landak berusaha mencari solusi agar pembelajaran daring tetap dapat berlangsung dengan baik, meskipun terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kesulitan yang dialami oleh guru saat mengajar dan solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah pembelajaran daring di daerah terpencil ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada beberapa kesulitan yang dialami terkait pembelajaran daring yang dialami oleh guru di daerah terpencil. Kesulitan jaringan internet dan penyediaan laptop atau smartphone masih mewarnai pelaksanaan pembelajaran daring yang dialami oleh guru di daerah terpencil. 84% guru mengalami kesulitan jaringan dalam proses pembelajaran daring selama pandemi. Satu hal yang sangat membanggakan adalah guru-guru di daerah terpencil bersedia melakukan apa saja untuk mengatasi kesulitan ini. Jadi, meskipun banyak kesulitan yang dihadapi oleh pembelajaran daring di daerah terpencil, pembelajaran tersebut tetap dapat berjalan dengan baik. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pembelajaran campuran, bergiliran antara pembelajaran daring dan luring.

Untuk menghindari penyebaran COVID-19, hampir semua sekolah dari tingkat dasar, menengah junior, menengah atas, dan perguruan tinggi di negara kita sedang melakukan pembelajaran daring, demikian pula yang terjadi di kabupaten Landak yang berada dalam kategori 3T (Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal).Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada beberapa kesulitan yang dialami guru di daerah terpencil terkait pembelajaran daring.Kesulitan dalam jaringan internet dan penyediaan laptop atau smartphone masih mewarnai pelaksanaan pembelajaran daring yang dihadapi oleh guru-guru di daerah terpencil.Namun satu hal yang sangat membanggakan bahwa guru-guru di daerah terpencil bersedia melakukan segala cara untuk mengatasi kesulitan ini.Meskipun banyak kendala yang dihadapi oleh pembelajaran daring di daerah terpencil, pembelajaran tersebut tetap dapat berjalan dengan baik.Salah satu usaha yang dilakukan adalah pembelajaran campuran, bergiliran antara pembelajaran daring dan luring.

Penelitian selanjutnya dapat diarahkan untuk mengeksplorasi bagaimana teknologi alternatif seperti radio atau televisi dapat digunakan untuk pembelajaran jarak jauh di daerah terpencil yang belum memiliki akses internet yang baik. Selain itu, penting untuk meneliti dampak psikologis dari tantangan yang dihadapi oleh guru dan siswa selama pembelajaran daring, untuk merancang strategi dukungan yang sesuai. Terakhir, kajian tentang efektivitas model pembelajaran campuran yang diterapkan di daerah terpencil dapat memberikan wawasan lebih dalam mengenai cara meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

File size141.39 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test