STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia telah mengubah metode pengajaran dan pembelajaran mereka akibat pandemi Covid-19. Mereka kini menggunakan berbagai sistem manajemen pembelajaran seperti Moodle. Implikasi dari transisi mendadak ke pembelajaran online adalah bahwa mahasiswa kini harus menjadi lebih mandiri dan belajar secara mandiri. Tujuan dari makalah ini adalah untuk mengembangkan Teori Pembelajaran Mandiri Moodle (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment). Makalah ini mengeksplorasi beberapa aspek pembelajaran yang terkait dengan pengembangan mahasiswa menuju pembelajaran mandiri Moodle dan mengusulkan kerangka keterampilan yang dapat digunakan oleh dosen untuk meningkatkan tanggung jawab mahasiswa. Penelitian ini berada dalam konteks teori Genesis Instrumental (IG). Peneliti menggunakan metode penelitian berbasis desain ketika mengembangkan teori pembelajaran ini. Proses pengembangan kerangka pembelajaran ini melibatkan tinjauan pustaka tentang teori Moodle dan pembelajaran mandiri. Penelitian terhadap teori pembelajaran menunjukkan berbagai perspektif Moodle dan mandiri yang digunakan untuk mengembangkan teori pembelajaran ini. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah teori pembelajaran yang diharapkan dapat mempromosikan pembelajaran mandiri dalam konteks pengajaran dan pembelajaran menggunakan Moodle.

Penelitian ini telah menangani isu-isu yang berhubungan dengan pembelajaran mandiri Moodle.Penelitian ini secara khusus berfokus pada perancangan teori pembelajaran mandiri Moodle untuk konteks pendidikan formal dan secara khusus bertujuan agar mahasiswa dapat bekerja secara mandiri dan menjadi autodidak.Untuk dapat menjawab pertanyaan penelitian dan merancang teori pembelajaran mandiri Moodle, peneliti melakukan tinjauan pustaka yang komprehensif tentang Moodle dan pengajaran serta pembelajaran mandiri.Penelitian ini menemukan bahwa elemen kunci dan karakteristik yang krusial untuk teori pembelajaran mandiri Moodle meliputi pengetahuan awal mahasiswa, atribut evaluasi kegunaan Moodle, perspektif pembelajaran mandiri, teori pembelajaran, dan indikator perilaku pembelajaran mandiri.Implementasi Moodle yang sukses untuk pembelajaran mandiri didasarkan pada atribut evaluasi kegunaan Moodle yang dapat merangsang dan memicu pembelajaran mandiri.

Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki bagaimana teori pembelajaran mandiri Moodle dapat diterapkan dalam konteks yang berbeda agar sesuai dengan kebutuhan mahasiswa yang beragam. Apakah ada pendekatan atau metode alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan tingkat otonomi mahasiswa saat menggunakan Moodle dalam pembelajaran mandiri? Selanjutnya, penting untuk memahami lebih dalam bagaimana teknologi terbaru dapat diintegrasikan ke dalam teori pembelajaran mandiri ini guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif bagi mahasiswa.

  1. "Towards a Classroom Pedagogy for Learner Autonomy: A Framework of Inde" by Hayo Reinders.... doi.org/10.14221/ajte.2010v35n5.4Towards a Classroom Pedagogy for Learner Autonomy A Framework of Inde by Hayo Reinders doi 10 14221 ajte 2010v35n5 4
  1. #pembelajaran mandiri#pembelajaran mandiri
File size398.76 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test