UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini mengkaji bagaimana mahasiswa sarjana memandang dan mengalami strategi Flipped Classroom dalam kursus berbicara Bahasa Inggris Bisnis. Dalam model ini, pengajaran dilakukan di luar kelas melalui video dan bahan bacaan sehingga sesi di kelas dapat digunakan untuk aktivitas interaktif. Meskipun Flipped Classroom banyak digunakan dalam konteks EFL umum, bukti efektivitasnya dalam Bahasa Inggris Bisnis, yang termasuk dalam English for Specific Purposes (ESP), masih terbatas. Penelitian ini menggunakan desain mixed methods. Survei dengan skala Likert 14 butir diisi oleh 133 mahasiswa jurusan Bahasa Inggris untuk menilai persepsi terhadap efisiensi, keterlibatan, manajemen waktu, dan kepuasan. Wawancara semi-terstruktur dengan tujuh sukarelawan memberikan wawasan tentang persiapan, rasa percaya diri, kecemasan, dan kolaborasi. Hasil kuantitatif menunjukkan persepsi positif: rata-rata efisiensi 3,91, motivasi dan keterlibatan 3,76, manajemen waktu dan kesenangan 3,73, serta kepuasan 4,24. Wawancara menekankan bahwa persiapan sebelum kelas meningkatkan pembelajaran mandiri, memperkuat rasa percaya diri, mengurangi kecemasan berbicara, dan mendorong kerja sama tim. Lingkup penelitian yang hanya satu institusi dan jumlah sampel yang terbatas membatasi generalisasi; disarankan studi lebih besar dan beragam dengan ukuran objektif. Untuk praktik, pendidik sebaiknya menyediakan materi pra-kelas yang ringkas, instruksi jelas, dukungan teknologi memadai, serta merancang aktivitas kelas yang berpusat pada peserta didik dan bersifat komunikatif. Temuan ini memberikan kontribusi pada literatur terbatas tentang Flipped Classroom dalam Bahasa Inggris Bisnis dan menunjukkan potensinya dalam meningkatkan keterampilan komunikasi dan otonomi pembelajar pada kursus bahasa profesional.

Penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa universitas di Indonesia memiliki persepsi positif terhadap penerapan Flipped Classroom dalam kursus Bahasa Inggris Bisnis, dengan tingkat kepuasan yang tinggi serta peningkatan kesiapan dan motivasi belajar.Materi pra-kelas melalui video memberikan dasar pemahaman yang baik untuk aktivitas kolaboratif selama sesi kelas, namun tantangan seperti manajemen waktu dan akses teknologi masih perlu diperhatikan.Hasil menunjukkan bahwa Flipped Classroom dapat meningkatkan kemampuan komunikasi profesional, kemandirian belajar, dan rasa percaya diri, tetapi efektivitasnya bergantung pada desain materi yang tepat dan dukungan teknologi yang memadai.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi bagaimana model blended learning yang menggabungkan Flipped Classroom dengan pendekatan berbasis masalah atau pembelajaran berbasis tugas dapat meningkatkan hasil pembelajaran dalam konteks Bahasa Inggris Bisnis. Selain itu, studi dengan cakupan yang lebih luas dan melibatkan berbagai tingkat kemahiran bahasa serta institusi yang berbeda diperlukan untuk menguji generalisasi hasil yang diperoleh. Penelitian juga bisa dilakukan untuk melihat bagaimana penggunaan teknologi baru seperti AI atau realitas virtual dapat memperkaya pengalaman belajar dan hasil profesional dalam penerapan Flipped Classroom di ESP.

  1. Enhancing the effectiveness of flipped classroom in health science education: a state-of-the-art review... bmcmededuc.biomedcentral.com/articles/10.1186/s12909-021-03052-5Enhancing the effectiveness of flipped classroom in health science education a state of the art review bmcmededuc biomedcentral articles 10 1186 s12909 021 03052 5
  2. Flipped classroom with gamified technology and paper-based method for teaching vocabulary | Asian-Pacific... sfleducation.springeropen.com/articles/10.1186/s40862-023-00222-4Flipped classroom with gamified technology and paper based method for teaching vocabulary Asian Pacific sfleducation springeropen articles 10 1186 s40862 023 00222 4
  1. #buku pelajaran bahasa inggris#buku pelajaran bahasa inggris
  2. #flipped classroom#flipped classroom
File size1.16 MB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test