GOMITGOMIT

Aktual: Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatAktual: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional penting dalam komunikasi antarnegara, bisnis, teknologi, serta akses terhadap sumber daya pendidikan di seluruh dunia. Dalam konteks ini, kemampuan berbahasa Inggris tidak hanya menjadi kebutuhan, melainkan juga keunggulan kompetitif dalam menghadapi persaingan global. Namun, pembelajaran bahasa Inggris bagi siswa di Desa Selat masih belum mencapai hasil optimal akibat rendahnya minat belajar dan motivasi siswa dalam mempelajari kosakata bahasa Inggris. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pemahaman anak-anak terhadap kosakata dasar bahasa Inggris di Desa Selat melalui penerapan Game Based Learning (GBL) dengan media teka-teki silang. Metode yang digunakan adalah PALS (Participatory Action and Learning System), yaitu pendekatan partisipatif yang melibatkan siswa dan guru dalam perencanaan, pelaksanaan, serta evaluasi tindakan pembelajaran. Identifikasi masalah awal menunjukkan rendahnya penguasaan kosakata bahasa Inggris dan kurangnya motivasi siswa. Rencana perbaikan berupa penerapan Game Based Learning menggunakan teka-teki silang. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pemahaman dan penghafalan kosakata bahasa Inggris siswa, disertai respons positif dan antusiasme siswa terhadap metode pembelajaran ini. Kesimpulan penelitian menyatakan bahwa Game Based Learning dengan media teka-teki silang efektif dalam meningkatkan pemahaman kosakata dasar bahasa Inggris siswa di Desa Selat.

Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Game Based Learning (GBL) dengan media teka‑teki silang dalam program English Course di Desa Selat memberikan dampak positif terhadap peningkatan pemahaman kosakata dasar bahasa Inggris anak-anak, serta menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan meningkatkan motivasi siswa.Namun, terdapat kendala berupa durasi permainan yang lebih lama dibandingkan metode konvensional dan keterbatasan fasilitas, khususnya akses media digital.Oleh karena itu, perlu dilakukan penyesuaian waktu pelaksanaan, peningkatan efisiensi implementasi, serta upaya mengatasi hambatan akses digital di lingkungan pedesaan.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi pengembangan platform teka‑teki silang adaptif berbasis digital yang menyesuaikan tingkat kesulitan secara otomatis untuk mengurangi waktu pengerjaan sekaligus meningkatkan keterlibatan siswa; selanjutnya, studi dapat menginvestigasi efek integrasi aplikasi seluler gamified dengan umpan balik real‑time terhadap akuisisi kosakata bahasa Inggris pada siswa di daerah pedesaan, guna menilai apakah teknologi mobile dapat mempercepat pembelajaran dan menurunkan hambatan fasilitas; terakhir, penelitian dapat meneliti dampak program pelatihan guru yang berfokus pada strategi implementasi Game Based Learning secara efektif, untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kompetensi guru dapat mengatasi masalah motivasi siswa dan memperbaiki kualitas penerapan metode GBL di lingkungan pendidikan rural.

  1. Application of Game Based Learning Using Crossword Media in Improving English Vocabulary | Aktual: Jurnal... ejournal.gomit.id/index.php/aktual/article/view/117Application of Game Based Learning Using Crossword Media in Improving English Vocabulary Aktual Jurnal ejournal gomit index php aktual article view 117
  2. Fondasia. aplikasi teori belajar pembelajaran bahasa asing foundasia fondasia authors ningsih program... doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26159Fondasia aplikasi teori belajar pembelajaran bahasa asing foundasia fondasia authors ningsih program doi 10 21831 foundasia v9i1 26159
  3. Pelatihan Strategi Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Crossword Puzzle Pada Siswa SDN 20... ejournal.adpi-indonesia.id/index.php/jsoshum/article/view/57Pelatihan Strategi Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Menggunakan Crossword Puzzle Pada Siswa SDN 20 ejournal adpi indonesia index php jsoshum article view 57
  4. Test of English as Foreign Language (TOEFL) Training for Medical Record Students in Bengkulu | DIKDIMAS... doi.org/10.58723/dikdimas.v1i2.30Test of English as Foreign Language TOEFL Training for Medical Record Students in Bengkulu DIKDIMAS doi 10 58723 dikdimas v1i2 30
  5. PENERAPAN PERMAINAN CROSS WORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS... journal.lppmunindra.ac.id/index.php/pkm/article/view/8676PENERAPAN PERMAINAN CROSS WORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS journal lppmunindra ac index php pkm article view 8676
  1. #bahasa inggris mahasiswa#bahasa inggris mahasiswa
  2. #buku pelajaran bahasa inggris#buku pelajaran bahasa inggris
File size392.58 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test