POLIMEDIAPOLIMEDIA

Jurnal Pengabdian Kepada MasyarakatJurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Tidak sedikit para pelaku UMKM masih banyak yang kesulitan untuk memanfaatkan platform sosial media untuk mempromosikan usaha mereka dengan optimal, tidak hanya itu mereka juga kurang memiliki skill untuk membuat konten marketing yang menarik, bagaimana memulainya dari awal, cara membuat desain atau konten poster yang menarik, belum lagi membayar jasa desainer grafis, menemukan dan mempromosikan keunggulan produk mereka, untuk bersaing dengan kompetitor. Melihat kesulitan yang dihadapi mitra Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Koperasi Wanita Atsiri, membuat penulis menginisiasi program sosialisasi pemanfaatan platform sosial media dan desain untuk media promosi. Dimana pada sosialisasi ini kami akan mengajarkan bagaimana membuat konten dan desain yang menarik melalui gadget atau laptop dengan menerapkan teknologi Artificial Intelligence (AI), menemukan dan mempromosikan keunggulan produk usaha dan waktu yang tepat untuk untuk posting konten supaya banyak reach nya, dan membuat desain yang menarik tanpa harus mempunyai keahlian desain. Dengan ini kami yakin bahwa para pelaku UMKM akan lebih mudah dalam mempromosikan bisnis mereka, sehingga akan meningkatkan penjualan produk.

Kesimpulan dari pengabdian masyarakat ini yaitu dengan memberikan materi Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Desain sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Branding Produk dan Pendapatan pada UMKM Koperasi Wanita Atsiri yang disampaikan dengan metode yang sederhana dan mudah dimengerti oleh anggota UMKM Koperasi Wanita Atsiri.Anggota UMKM Koperasi Wanita Atsiri mampu meningkatkan pemasaran dan promosi produk menggunakan Platform Media Sosial dan Internet.Dengan memberikan penyuluhan berupa materi pengetahuan dasar mengenai bagaimana cara Pemanfaatan Platform Media Sosial dan Desin sebagai media promosi, anggota UMKM Koperasi Wanita Atsiri dapat meningkatkan pendapatan dengan memanfaatkan Platform Media Sosial sebagai sarana pemasaran dan promosi.

Dalam penelitian lanjutan, dapat dilakukan penelitian tentang efektivitas penggunaan alat AI dalam pembuatan konten promosi UMKM secara berkelanjutan, terutama dalam mengukur dampak jangka panjang terhadap peningkatan penjualan. Selain itu, perlu dikembangkan studi tentang perbandingan strategi promosi menggunakan berbagai platform media sosial (seperti Instagram, TikTok, dan Facebook) untuk mengetahui platform mana yang paling efektif bagi UMKM koperasi wanita. Terakhir, penelitian bisa fokus pada pembuatan sistem pelatihan digital marketing berbasis komunitas yang dapat diakses secara mandiri oleh UMKM, dengan mempertimbangkan faktor ketersediaan internet dan perangkat teknologi di daerah pedesaan.

  1. Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat | Aliyah | WELFARE... jurnal.unsil.ac.id/index.php/welfare/article/view/4719Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah UMKM untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Aliyah WELFARE jurnal unsil ac index php welfare article view 4719
  2. Peningkatan Keterampilan Teknologi Digital Bagi Masyarakat Inklusif di Desa Argosari Melalui Pelatihan... zenodo.org/records/10036347Peningkatan Keterampilan Teknologi Digital Bagi Masyarakat Inklusif di Desa Argosari Melalui Pelatihan zenodo records 10036347
  3. Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori (Studi Kasus... ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/saintek/article/view/7821Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Studi Kasus ejournal uin malang ac index php saintek article view 7821
  4. Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten... doi.org/10.33096/ilkomas.v1i1.771Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten doi 10 33096 ilkomas v1i1 771
  1. #digital marketing#digital marketing
File size614.43 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test