UNNESUNNES

Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu Kependidikan

Latar belakang penelitian ini didasari oleh persepsi bahwa pembelajaran geometri di tingkat sekolah dasar sering dianggap monoton dan kurang menarik, karena kurangnya variasi metode pembelajaran serta keterhubungan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar, kreativitas, dan pemahaman siswa melalui integrasi permainan tradisional Tapak Gunung dengan konsep Fibonacci. Dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai bentuk dan pola geometri, sekaligus merangsang kreativitas mereka dalam membentuk dan mengeksplorasi pola geometri berdasarkan konsep Fibonacci. Selain memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa, metode ini juga memperkaya inovasi pembelajaran berbasis budaya lokal dan konsep matematis modern. Kesimpulannya, kombinasi permainan tradisional dan konsep Fibonacci merupakan strategi efektif dalam mengembangkan kreativitas dan pemahaman geometri di tingkat sekolah dasar, dengan keunggulan tetap mengikuti perkembangan zaman sekaligus melestarikan budaya lokal.

Penerapan media Tapak Gunung termodifikasi dan integrasi konsep Fibonacci terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, kreativitas, dan minat belajar siswa sekolah dasar dalam materi geometri.Metode ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, serta mampu memfasilitasi eksplorasi bentuk dan pola geometri secara mandiri dan kreatif.Integrasi antara permainan tradisional dan konsep matematis modern ini menjadi strategi inovatif yang holistik dan menarik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Pertama, perlu dikaji lebih dalam bagaimana permainan tradisional lain selain Tapak Gunung dapat diintegrasikan dengan konsep matematis modern seperti deret aritmetika atau geometri untuk mengembangkan kreativitas siswa, sehingga diperoleh model pembelajaran yang lebih beragam dan inklusif. Kedua, penting untuk meneliti pengaruh jangka panjang dari penggunaan media berbasis budaya lokal terhadap pemahaman konsep abstrak matematika, apakah efek peningkatan kreativitas dan minat belajar bersifat sementara atau berkelanjutan seiring waktu. Ketiga, perlu dilakukan studi komparatif antara pembelajaran geometri yang menggunakan kombinasi budaya dan matematika dengan metode konvensional di berbagai konteks daerah, untuk melihat efektivitas model ini dalam latar belakang sosial dan budaya yang berbeda-beda, serta bagaimana adaptasi lokal dapat memengaruhi hasil pembelajaran secara luas.

  1. Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural... doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural doi 10 24246 j js 2023 v13 i2 p148 157
  2. Mengenal Geometri Bangun Datar Melalui Metode Demonstrasi Permainan Tradisional Engklek | JURNAL e-DuMath.... ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/1642Mengenal Geometri Bangun Datar Melalui Metode Demonstrasi Permainan Tradisional Engklek JURNAL e DuMath ejournal umpri ac index php edumath article view 1642
  3. Application of Mountain Tread Traditional Game and Fibonacci Concept in Developing Creative Thinking... journal.unnes.ac.id/journals/LIK/article/view/25168Application of Mountain Tread Traditional Game and Fibonacci Concept in Developing Creative Thinking journal unnes ac journals LIK article view 25168
  4. Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan | Waruwu... doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236Pendekatan Penelitian Kualitatif Konsep Prosedur Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan Waruwu doi 10 59698 afeksi v5i2 236
  5. Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama... doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama doi 10 30596 jppp v3i2 11758
File size505.12 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test