UNNESUNNES
Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu KependidikanLatar belakang penelitian ini didasari oleh persepsi bahwa pembelajaran geometri di tingkat sekolah dasar sering dianggap monoton dan kurang menarik, karena kurangnya variasi metode pembelajaran serta keterhubungan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan minat belajar, kreativitas, dan pemahaman siswa melalui integrasi permainan tradisional Tapak Gunung dengan konsep Fibonacci. Dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa mengenai bentuk dan pola geometri, sekaligus merangsang kreativitas mereka dalam membentuk dan mengeksplorasi pola geometri berdasarkan konsep Fibonacci. Selain memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan meningkatkan kepercayaan diri siswa, metode ini juga memperkaya inovasi pembelajaran berbasis budaya lokal dan konsep matematis modern. Kesimpulannya, kombinasi permainan tradisional dan konsep Fibonacci merupakan strategi efektif dalam mengembangkan kreativitas dan pemahaman geometri di tingkat sekolah dasar, dengan keunggulan tetap mengikuti perkembangan zaman sekaligus melestarikan budaya lokal.
Penerapan media Tapak Gunung termodifikasi dan integrasi konsep Fibonacci terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman, kreativitas, dan minat belajar siswa sekolah dasar dalam materi geometri.Metode ini memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna, serta mampu memfasilitasi eksplorasi bentuk dan pola geometri secara mandiri dan kreatif.Integrasi antara permainan tradisional dan konsep matematis modern ini menjadi strategi inovatif yang holistik dan menarik dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
Pertama, perlu dikaji lebih dalam bagaimana permainan tradisional lain selain Tapak Gunung dapat diintegrasikan dengan konsep matematis modern seperti deret aritmetika atau geometri untuk mengembangkan kreativitas siswa, sehingga diperoleh model pembelajaran yang lebih beragam dan inklusif. Kedua, penting untuk meneliti pengaruh jangka panjang dari penggunaan media berbasis budaya lokal terhadap pemahaman konsep abstrak matematika, apakah efek peningkatan kreativitas dan minat belajar bersifat sementara atau berkelanjutan seiring waktu. Ketiga, perlu dilakukan studi komparatif antara pembelajaran geometri yang menggunakan kombinasi budaya dan matematika dengan metode konvensional di berbagai konteks daerah, untuk melihat efektivitas model ini dalam latar belakang sosial dan budaya yang berbeda-beda, serta bagaimana adaptasi lokal dapat memengaruhi hasil pembelajaran secara luas.
- Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural... doi.org/10.24246/j.js.2023.v13.i2.p148-157Kajian Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal Tradisional Ditinjau Dari Perspektif Pendidikan Multikultural doi 10 24246 j js 2023 v13 i2 p148 157
- Mengenal Geometri Bangun Datar Melalui Metode Demonstrasi Permainan Tradisional Engklek | JURNAL e-DuMath.... ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/1642Mengenal Geometri Bangun Datar Melalui Metode Demonstrasi Permainan Tradisional Engklek JURNAL e DuMath ejournal umpri ac index php edumath article view 1642
- Application of Mountain Tread Traditional Game and Fibonacci Concept in Developing Creative Thinking... journal.unnes.ac.id/journals/LIK/article/view/25168Application of Mountain Tread Traditional Game and Fibonacci Concept in Developing Creative Thinking journal unnes ac journals LIK article view 25168
- Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan | Waruwu... doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236Pendekatan Penelitian Kualitatif Konsep Prosedur Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan Waruwu doi 10 59698 afeksi v5i2 236
- Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama... doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama doi 10 30596 jppp v3i2 11758
| File size | 505.12 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNNESUNNES Siswa dapat berkomunikasi dengan baik, lebih percaya diri dalam mempresentasikan karya mereka baik secara lisan maupun tulisan. Hambatan dalam pelaksanaanSiswa dapat berkomunikasi dengan baik, lebih percaya diri dalam mempresentasikan karya mereka baik secara lisan maupun tulisan. Hambatan dalam pelaksanaan
UNNESUNNES 64 siswa kelas 7 dari SMP Negeri 1 Sambong di kabupaten Blora berpartisipasi dalam penelitian ini. Menurut temuan, 50% literasi sains siswa dalam bidang64 siswa kelas 7 dari SMP Negeri 1 Sambong di kabupaten Blora berpartisipasi dalam penelitian ini. Menurut temuan, 50% literasi sains siswa dalam bidang
UIN WALISONGOUIN WALISONGO Dukungan sosial adalah faktor yang membantu mengurangi beban subjektif keluarga yang merawat individu dengan skizofrenia. Penelitian ini menyelidiki dukunganDukungan sosial adalah faktor yang membantu mengurangi beban subjektif keluarga yang merawat individu dengan skizofrenia. Penelitian ini menyelidiki dukungan
UNNESUNNES Respons pemerintah adalah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Program Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan. Penelitian ini bertujuan menggambarkanRespons pemerintah adalah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Program Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan
Useful /
UIN WALISONGOUIN WALISONGO Hasil uji rasio kemungkinan Martin-Loef (χ2=482, p=1,0) dan analisis faktor atas residu Rasch menunjukkan kesesuaian asumsi unidimensionalitas. NilaiHasil uji rasio kemungkinan Martin-Loef (χ2=482, p=1,0) dan analisis faktor atas residu Rasch menunjukkan kesesuaian asumsi unidimensionalitas. Nilai
UNNESUNNES Kualitas rendah sumber daya manusia (SDM) dipicu oleh rendahnya keterampilan literasi masyarakat, termasuk mahasiswa. Literasi dipandang sebagai kemampuanKualitas rendah sumber daya manusia (SDM) dipicu oleh rendahnya keterampilan literasi masyarakat, termasuk mahasiswa. Literasi dipandang sebagai kemampuan
ILOMATAILOMATA Studi ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang memengaruhi adopsi dompet digital lintas generasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitianStudi ini bertujuan untuk menentukan faktor-faktor yang memengaruhi adopsi dompet digital lintas generasi di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian
ILOMATAILOMATA Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran kantor akuntan publik, masa perikatan audit, dan rotasi audit terhadap kualitas audit padaPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ukuran kantor akuntan publik, masa perikatan audit, dan rotasi audit terhadap kualitas audit pada