UNNESUNNES

Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu Kependidikan

Kultur literasi dapat memberikan arah dan pedoman untuk menciptakan masyarakat yang terbuka. Komunitas Matja Bhaca adalah forum bagi generasi muda dan masyarakat untuk bekerja sama dalam membina budaya literasi dan mengembangkan minat baca di Desa Majalangu dan sekitarnya. Fokus pembentukan komunitas ini adalah untuk menciptakan orang-orang yang suka membaca, kreatif, dan dapat bekerja untuk memajukan literasi di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran literasi serta hambatan dan solusi pembelajaran literasi bagi siswa di Komunitas Matja Bhaca. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa di Komunitas Matja Bhaca. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian adalah Komunitas Matja Bhaca, Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran literasi berdampak pada peningkatan kemampuan membaca, menulis, dan berbicara di depan umum siswa di Komunitas Matja Bhaca. Siswa dapat berkomunikasi dengan baik, lebih percaya diri dalam mempresentasikan karya mereka baik secara lisan maupun tulisan. Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran literasi membaca, menulis, dan berbicara di depan umum di Komunitas Matja Bhaca adalah sulitnya penyesuaian jadwal belajar, literasi masih dianggap tidak menyenangkan bagi siswa, perubahan sikap siswa, serta fasilitas dan infrastruktur yang tidak memadai. Solusi yang dapat digunakan antara lain merencanakan jadwal belajar yang fleksibel, selalu melibatkan peserta dalam memilih materi atau topik, memberikan dukungan emosional dan pengajaran manajemen konsentrasi, serta menciptakan sesi pembelajaran yang intensif namun efektif.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di Komunitas Matja Bhaca mengenai pelaksanaan pembelajaran literasi dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran literasi berdampak pada peningkatan kemampuan membaca, menulis, dan berbicara di depan umum.Siswa dapat berkomunikasi dengan baik, percaya diri baik secara lisan maupun tulisan, dan memiliki lebih banyak keberanian untuk tampil berbicara di depan umum.Hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran literasi membaca, menulis, dan berbicara di depan umum di Komunitas Matja Bhaca adalah kesulitan penyesuaian jadwal, dunia literasi yang belum menjadi hal yang menyenangkan bagi siswa, perubahan sikap siswa, serta infrastruktur yang tidak memadai.Solusi yang dapat digunakan antara lain merencanakan jadwal belajar yang fleksibel, selalu melibatkan siswa dalam memilih materi atau topik, memberikan dukungan emosional serta pengajaran manajemen konsentrasi, menciptakan sesi pembelajaran yang intensif namun efektif, serta mengumpulkan dukungan dari pihak-pihak terkait untuk memperbaiki sarana pembelajaran.

Penelitian selanjutnya sebaiknya mengeksplorasi dampak jangka panjang dari pembelajaran literasi terhadap minat baca siswa. Setiap komunitas memiliki karakteristik unik, oleh karena itu, penting untuk mengembangkan metode yang berbeda dalam pendekatan literasi untuk komunitas yang berbeda. Selain itu, penelitian tentang efektivitas penggunaan teknologi dalam mendukung pembelajaran literasi di komunitas dapat membantu meningkatkan akses dan partisipasi lebih luas. Dengan memanfaatkan teknologi, pengembangan sumber daya menjadi lebih mudah dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

  1. Scientific Journals of Unnes. scientific journals unnes jurnal pendidikan starting migrates better secure... doi.org/10.15294/jne.v7i1.27874Scientific Journals of Unnes scientific journals unnes jurnal pendidikan starting migrates better secure doi 10 15294 jne v7i1 27874
  2. Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD | Jurnal Obsesi : Jurnal... doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4692Pembelajaran Literasi Numerasi Anak Usia Dini Berbasis Kemitraan Keluarga di PAUD Jurnal Obsesi Jurnal doi 10 31004 obsesi v7i4 4692
  3. PISA 2018 Results (Volume I) | OECD. pisa results volume oecd skip main content students know report... oecd.org/en/publications/pisa-2018-results-volume-i_5f07c754-en.htmlPISA 2018 Results Volume I OECD pisa results volume oecd skip main content students know report oecd en publications pisa 2018 results volume i 5f07c754 en html
  4. Model Pembelajaran Case Method Berbasis Kontekstual Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan... obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/4741Model Pembelajaran Case Method Berbasis Kontekstual Lingkungan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan obsesi index php obsesi article view 4741
File size285.06 KB
Pages13
DMCAReportReport

ads-block-test