UMAUMA
Jurnal Administrasi PublikJurnal Administrasi PublikPusat Informasi Lalu Lintas Bojonegoro (Bojonegoro TIC) merupakan aplikasi inovatif yang dikelola oleh Dinas Perhubungan untuk mempermudah penyediaan layanan informasi publik di bidang lalu lintas. Pemerintah diharapkan mengimplementasikan tata kelola dinamis yang selaras dengan perkembangan zaman tanpa mengabaikan kebutuhan masyarakat. Dengan fokus pada studi kasus sejak peluncuran aplikasi pada tahun 2018 yang telah mengalami tiga fase pembaruan, penduduk Kota Bojonegoro masih belum menyadari keberadaan aplikasi tersebut dalam memberikan layanan informasi publik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus, mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen, melibatkan 13 partisipan berupa kepala dinas perhubungan, pihak pengelola aplikasi Bojonegoro TIC, serta pengguna aplikasi. Studi ini bertujuan mengidentifikasi penerapan tata kelola dinamis dalam penyampaian layanan melalui aplikasi Bojonegoro TIC berdasarkan kerangka Neo & Chen (2007) yang mencakup tiga kapabilitas: berpikir ke depan, berpikir lagi, dan berpikir lintas batas. Temuan menunjukkan bahwa berpikir ke depan terwujud melalui penyediaan layanan publik terpadu dalam satu aplikasi dan inovasi yang mendekatkan layanan kepada masyarakat; berpikir lagi diterapkan lewat evaluasi rutin; serta berpikir lintas batas diwujudkan dengan mengadopsi ide dari wilayah lain dan langsung mengimplementasikannya dalam aplikasi untuk mendukung layanan publik masyarakat.
Implementasi pemerintahan dinamis di Kabupaten Bojonegoro telah menunjukkan kemajuan signifikan melalui inovasi aplikasi Bojonegoro Traffic Information Center yang mempermudah penyediaan layanan informasi publik transportasi.Namun, adopsi aplikasi masih rendah dengan hanya 100 unduhan dari total populasi 1,363 juta penduduk, serta fitur CCTV real‑time tidak berfungsi sejak 2022 dan jumlah titik CCTV menurun dari 29 menjadi 19.Oleh karena itu, diperlukan peningkatan infrastruktur, pemeliharaan fasilitas, serta strategi sosialisasi yang lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan aplikasi oleh masyarakat.
Penelitian selanjutnya dapat menyelidiki faktor-faktor yang memengaruhi adopsi aplikasi Bojonegoro Traffic Information Center di kalangan penduduk daerah terpencil dan lansia, dengan menggunakan metode survei campuran untuk mengidentifikasi hambatan teknologi dan persepsi manfaat. Selain itu, diperlukan pengembangan dan pengujian integrasi CCTV real‑time yang lebih tahan banting, meliputi penempatan kamera yang optimal, penggunaan teknologi jaringan yang handal, serta prosedur pemeliharaan berkelanjutan, guna memastikan ketersediaan data lalu lintas secara terus‑menerus. Selanjutnya, studi komparatif dapat mengevaluasi efektivitas strategi sosialisasi multi‑platform, termasuk media sosial selain Instagram, radio komunitas, dan program edukasi tatap muka, dalam meningkatkan kesadaran dan penggunaan aplikasi oleh masyarakat Bojonegoro. Penelitian-penelitian ini diharapkan memberikan wawasan praktis bagi pemerintah daerah untuk memperkuat tata kelola dinamis, meningkatkan kualitas layanan publik, dan memperluas jangkauan teknologi informasi transportasi. Metode analisis data dapat melibatkan pendekatan kualitatif untuk memahami pengalaman pengguna serta analisis statistik untuk mengukur dampak peningkatan penggunaan aplikasi terhadap kepuasan layanan publik.
- Kapabilitas Dynamic Governance Dalam Pembangunan Zona Integritas Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan... jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/5745Kapabilitas Dynamic Governance Dalam Pembangunan Zona Integritas Pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan jurnal untag sby ac index php jpap article view 5745
- Jurnal Administrasi Publik. dynamic governance public service case study bojonegoro traffic information... ojs.uma.ac.id/index.php/adminpublik/article/view/13499Jurnal Administrasi Publik dynamic governance public service case study bojonegoro traffic information ojs uma ac index php adminpublik article view 13499
- ANALISIS DATA KUALITATIF | Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah. analisis data kualitatif alhadharah jurnal... jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/alhadharah/article/view/2374ANALISIS DATA KUALITATIF Alhadharah Jurnal Ilmu Dakwah analisis data kualitatif alhadharah jurnal jurnal uin antasari ac index php alhadharah article view 2374
- Jurnal Institut Pemerintahan Dalam Negeri. jurnal institut pemerintahan negeri journals ilmiah wahana... ejournal.ipdn.ac.id/JKP/article/view/3679Jurnal Institut Pemerintahan Dalam Negeri jurnal institut pemerintahan negeri journals ilmiah wahana ejournal ipdn ac JKP article view 3679
| File size | 704.39 KB |
| Pages | 18 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UMAUMA Studi ini menyimpulkan bahwa disequilibrium tata kelola adalah sesuatu yang mendasar dan merupakan masalah waktu, yang dapat diselesaikan ketika pejabatStudi ini menyimpulkan bahwa disequilibrium tata kelola adalah sesuatu yang mendasar dan merupakan masalah waktu, yang dapat diselesaikan ketika pejabat
UMAUMA Transformasi terjadi dalam tiga tahap, yaitu tahap unfreeze melalui sosialisasi perubahan pada struktur, sumber daya manusia, risiko, teknologi, dan anggaran;Transformasi terjadi dalam tiga tahap, yaitu tahap unfreeze melalui sosialisasi perubahan pada struktur, sumber daya manusia, risiko, teknologi, dan anggaran;
UMAUMA Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Transaction Monitoring Device (TMD) dan Mobile Payment Online System (MPOS) dalam sektor pajakPenelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Transaction Monitoring Device (TMD) dan Mobile Payment Online System (MPOS) dalam sektor pajak
UMAUMA Upaya pencegahan SH harus dimulai dengan kebijakan yang mengatur dan menyediakan akomodasi bagi korban, namun terkendala oleh kurangnya pemahaman gender,Upaya pencegahan SH harus dimulai dengan kebijakan yang mengatur dan menyediakan akomodasi bagi korban, namun terkendala oleh kurangnya pemahaman gender,
Useful /
UMAUMA The paper argues that womens agency is not secondary but fundamental to independence struggles, and that national independence cannot be achieved withoutThe paper argues that womens agency is not secondary but fundamental to independence struggles, and that national independence cannot be achieved without
UMAUMA Consequently, the study proposes the institutionalization of an independent national planning commission, legislative backing for plan continuity acrossConsequently, the study proposes the institutionalization of an independent national planning commission, legislative backing for plan continuity across
UMAUMA Penelitian menilai kemampuan BTJ dalam melayani kepentingan publik, mengurangi kemacetan lalu lintas, dan memenuhi kebutuhan mobilitas lokal. Metode deskriptifPenelitian menilai kemampuan BTJ dalam melayani kepentingan publik, mengurangi kemacetan lalu lintas, dan memenuhi kebutuhan mobilitas lokal. Metode deskriptif
UMAUMA Implementasi kebijakan akreditasi program LAMDIK di Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi ukuran mutuImplementasi kebijakan akreditasi program LAMDIK di Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi ukuran mutu