UMAUMA

Jurnal Administrasi PublikJurnal Administrasi Publik

Penelitian ini menganalisis tantangan, solusi, dan dampak kebijakan LAMDIK terhadap mutu pendidikan di UIN Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini menggunakan teori implementasi kebijakan Edward III untuk menyoroti pentingnya komunikasi, sumber daya, sikap pelaksana, dan struktur birokrasi dalam pelaksanaan kebijakan. Metode deskriptif kualitatif diterapkan melalui studi kasus, yang mencakup observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen dengan triangulasi. Hasil penelitian mengungkap beberapa tantangan dalam pelaksanaan kebijakan pada Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, seperti sumber daya manusia yang terbatas, fasilitas yang tidak memadai, masalah kurikulum, jaminan mutu internal yang lemah, dan kerjasama eksternal yang tidak memadai. Strategi untuk mengatasi ini termasuk meningkatkan kompetensi dosen, pemantauan kualitas secara rutin, dan memperluas kerjasama institusional. Implementasi kebijakan telah berkontribusi pada standar pendidikan yang lebih tinggi, kapasitas institusi yang lebih kuat, dan pengembangan budaya jaminan mutu yang berkelanjutan.

Implementasi kebijakan akreditasi program LAMDIK di Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) di UIN Sunan Ampel Surabaya menjadi ukuran mutu dan transformasi.Dampaknya terlihat pada peningkatan komprehensif kualitas pendidikan, mulai dari kualitas pengajaran, kompetensi dosen dan staf, manajemen program, hingga pemanfaatan teknologi untuk proses akademik.Faktor pendukung utama meliputi pelatihan sumber daya manusia, kolaborasi eksternal, peningkatan infrastruktur, dan benchmarking terhadap institusi unggulan, selaras dengan teori Edward III.

Penelitian selanjutnya perlu mengkaji bagaimana kendala keuangan di perguruan tinggi dapat diatasi secara sistematis untuk memastikan kepatuhan berkelanjutan dengan standar akreditasi nasional tanpa mengorbankan nilai-nilai keagamaan. Selain itu, diperlukan studi mengenai strategi efektif dalam membangun budaya partisipatif di kalangan komunitas akademik dalam melaksanakan kebijakan akreditasi di perguruan tinggi agama. Terlebih lagi, penelitian harus mengeksplorasi cara optimal untuk mengintegrasikan teknologi dalam mendukung sistem jaminan mutu internal di program-program pendidikan tinggi agama yang sumber dayanya terbatas. Kajian-kajian ini penting untuk mengembangkan model implementasi akreditasi yang adaptif dan berkelanjutan, serta memperkuat kapasitas institusi dalam menghadapi tantangan global.

  1. Validate User. validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content... doi.org/10.1093/oxfordjournals.jpart.a003544Validate User validate user sorry experiencing unusual traffic time please help confirm robot take content doi 10 1093 oxfordjournals jpart a003544
  2. Participatory Educational Research » Submission » Examining the Effect of Accreditation on... doi.org/10.17275/per.23.46.10.3Participatory Educational Research A Submission A Examining the Effect of Accreditation on doi 10 17275 per 23 46 10 3
  3. Optimizing Higher Education Performance Through Data Integration Using the Zachman Framework: A Case... doi.org/10.25077/TEKNOSI.v10i3.2024.201-215Optimizing Higher Education Performance Through Data Integration Using the Zachman Framework A Case doi 10 25077 TEKNOSI v10i3 2024 201 215
File size346.6 KB
Pages15
DMCAReportReport

ads-block-test