UNNESUNNES
Lembaran Ilmu KependidikanLembaran Ilmu KependidikanThe strong desire of adults to learn a language with various considerations is a new resolution in their life to improve their abilities to participate in opportunities. This research aims to describe the motivation to learn English for adults who already work. This is qualitative research using a case study approach, with data collected through participant observation and in-depth interviews with course participants over 40 years old. Data analysis uses qualitative descriptive analysis with data reduction, presentation, and conclusion drawing. The results show that adults motivation is most influenced by external aspects like work environment pressure, while internal aspects are influenced by feelings like lack of self-confidence and shyness. Obstacles and language barriers drive adults to study harder to solve problems in their work environment.
The study concludes that English proficiency is a necessity in the modern work environment, driving adults to pursue language learning despite challenges.Pressure and demands from the workplace are significant motivators, alongside personal feelings of inadequacy.Adult learning principles, emphasizing self-direction and relevance to real-world problems, are crucial for successful language acquisition in this context.
Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mengeksplorasi strategi pembelajaran bahasa Inggris yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan spesifik berbagai profesi. Hal ini dapat mencakup pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan konteks pekerjaan tertentu, atau penggunaan teknologi pembelajaran adaptif yang dapat menyesuaikan tingkat kesulitan dan materi pembelajaran dengan kemampuan individu. Selain itu, penelitian dapat difokuskan pada peran dukungan sosial dan lingkungan kerja dalam memfasilitasi pembelajaran bahasa Inggris bagi pekerja dewasa, misalnya dengan mengidentifikasi praktik terbaik dalam menciptakan budaya belajar di tempat kerja. Terakhir, penting untuk meneliti dampak pembelajaran bahasa Inggris terhadap kinerja kerja, kepuasan kerja, dan peluang karir bagi pekerja dewasa, sehingga dapat memberikan bukti empiris yang kuat untuk membenarkan investasi dalam pelatihan bahasa Inggris di tempat kerja.
- Implementasi Pendekatan Andragogi Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri Mahasiswa pada... doi.org/10.31540/silamparibisa.v4i2.1376Implementasi Pendekatan Andragogi Spiritual dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mandiri Mahasiswa pada doi 10 31540 silamparibisa v4i2 1376
- Deskripsi Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C Di SKB Kota Gorontalo | Student... ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/SJCE/article/view/913Deskripsi Karakteristik Pembelajaran Orang Dewasa Pada Program Paket C Di SKB Kota Gorontalo Student ejournal fip ung ac ojs index php SJCE article view 913
- Institutionalising English as a foreign language teachers for global sustainability: Perceptions of education... sciencedirect.com/science/article/pii/S0883035524000405?via=ihubInstitutionalising English as a foreign language teachers for global sustainability Perceptions of education sciencedirect science article pii S0883035524000405 via ihub
- Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran Bahasa Arab | al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab. pendekatan... ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/almahara/article/view/1736Pendekatan Andragogi dalam Pembelajaran Bahasa Arab al MahAra Jurnal Pendidikan Bahasa Arab pendekatan ejournal uin suka ac tarbiyah index php almahara article view 1736
- Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal... journal.imadiklus.or.id/index.php/lej/article/view/180Implementasi Prinsip Pendidikan Orang Dewasa pada Pelatihan Tata Busana di Satuan Pendidikan Non Formal journal imadiklus index php lej article view 180
| File size | 279.69 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNNESUNNES 64 siswa kelas 7 dari SMP Negeri 1 Sambong di kabupaten Blora berpartisipasi dalam penelitian ini. Menurut temuan, 50% literasi sains siswa dalam bidang64 siswa kelas 7 dari SMP Negeri 1 Sambong di kabupaten Blora berpartisipasi dalam penelitian ini. Menurut temuan, 50% literasi sains siswa dalam bidang
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG 2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi terhadap kebugaran jasmani, dengan nilai Sig antara strategi pembelajaran dan keterampilan2) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan motivasi terhadap kebugaran jasmani, dengan nilai Sig antara strategi pembelajaran dan keterampilan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Integrated E‑Modules secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan Self‑Efficacy siswa, dengan kelompok eksperimental menunjukkan peningkatanIntegrated E‑Modules secara signifikan meningkatkan motivasi belajar dan Self‑Efficacy siswa, dengan kelompok eksperimental menunjukkan peningkatan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Namun, berbagai tantangan seperti literasi digital yang rendah, kemandirian belajar terbatas, dan fluktuasi tingkat motivasi menghambat efektivitas prosesNamun, berbagai tantangan seperti literasi digital yang rendah, kemandirian belajar terbatas, dan fluktuasi tingkat motivasi menghambat efektivitas proses
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Data status gizi diperoleh dari pengukuran tinggi badan dan berat badan, konsentrasi diukur dengan tes konsentrasi grid, keterampilan pengendalian diriData status gizi diperoleh dari pengukuran tinggi badan dan berat badan, konsentrasi diukur dengan tes konsentrasi grid, keterampilan pengendalian diri
UNNESUNNES Namun, mereka juga mendukung fleksibilitas dalam pengakuan hasil belajar dan perubahan jalur untuk mempermudah transisi anak ke pendidikan formal atauNamun, mereka juga mendukung fleksibilitas dalam pengakuan hasil belajar dan perubahan jalur untuk mempermudah transisi anak ke pendidikan formal atau
UNNESUNNES Respons pemerintah adalah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Program Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan. Penelitian ini bertujuan menggambarkanRespons pemerintah adalah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui Program Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan. Penelitian ini bertujuan menggambarkan
UNNESUNNES 0 menunjukkan bahwa berdasarkan rata‑rata jawaban dari 208 responden, terdapat 23 pernyataan dengan klasifikasi baik dan 5 pertanyaan dengan klasifikasi0 menunjukkan bahwa berdasarkan rata‑rata jawaban dari 208 responden, terdapat 23 pernyataan dengan klasifikasi baik dan 5 pertanyaan dengan klasifikasi