STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Program pengembangan media pembelajaran sekolah dasar ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai perbaikan kualitas produk media pembelajaran yang dibuat untuk calon mahasiswa guru sekolah dasar setelah melaksanakan kegiatan lesson study yang berbasis pada wilayah keahlian dosen di program studi PGSD FKIP Unswagati Cirebon. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa tahun kedua calon guru FKIP Unswagati Sekolah Dasar di Cirebon. Harapan dari program ini adalah peningkatan kemampuan dosen untuk merencanakan perkuliahan agar lebih baik, kemampuan dosen dalam melaksanakan perkuliahan diharapkan semakin baik. Melalui program ini diharapkan dosen dapat menciptakan proses perkuliahan yang lebih menarik. Dapat membuat mahasiswa lebih aktif dan kreatif dalam mengeksplorasi untuk menghasilkan produk pembelajaran sekolah dasar yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Program ini mendorong dosen untuk memiliki struktur pembelajaran yang terorganisir dengan baik. Keterampilan mengajar seperti penguasaan materi, penggunaan media perkuliahan, manajemen kelas, keterampilan bertanya dan keterampilan memotivasi mahasiswa dilatih dalam program ini melalui prinsip collegiality. Kegiatan lesson study memiliki potensi untuk meningkatkan profesionalisme dosen yang berdampak pada peningkatan kualitas proses dan hasil perkuliahan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah peningkatan kualitas perkuliahan yang dilakukan melalui pembelajaran kolaboratif berdasarkan collegiality rekan dosen dalam mengajar yang difasilitasi dalam program lesson study.

Berdasarkan pelaksanaan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Based Learning terbukti efektif dalam menerapkan media pembelajaran sekolah dasar.Kegiatan lesson study yang dilakukan umum berjalan lancar, namun beberapa kendala terkait waktu, ketersediaan pengamat, dan ukuran kelas yang besar menjadi masalah yang harus dihadapi.Kegiatan lesson study yang dikembangkan dapat disimpulkan mampu memberikan dampak signifikan terhadap keberlanjutan perkuliahan media pembelajaran dalam mempertajam profesionalisme dosen dan mahasiswa sebagai komunikasi yang utuh.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi digital terhadap kreativitas mahasiswa dalam pendidikan dasar. Pertanyaan penelitian ini dapat mencakup: seberapa besar peran media digital dalam meningkatkan interaksi selama proses belajar mengajar? Selain itu, penting untuk meneliti dampak jangka panjang dari integrasi lesson study terhadap pengembangan profesionalisme dosen dalam pengajaran, dengan fokus pada efek terhadap kualitas pembelajaran di institusi pendidikan. Sebagai tambahan, studi tentang penerapan lesson study pada kurikulum yang berfokus pada kompetensi abad 21 juga bisa menjadi arah penelitian yang menarik, mengingat kebutuhan pendidikan untuk beradaptasi dengan tantangan zaman modern.

  1. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
  2. #mahasiswa program studi#mahasiswa program studi
File size312.18 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test