STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Seiring berjalannya waktu dunia terus berkembang di semua bidang. Salah satunya adalah dalam bidang pendidikan. Pendidikan harus fleksibel agar ada sinkronisasi antara perkembangan zaman dan dunia pendidikan. Semakin banyak, kita menyadari adanya kebutuhan akan generasi penerus yang inovatif dan kompetitif, tidak hanya secara nasional tetapi juga internasional. Berangkat dari hal ini, peneliti tergerak untuk memberikan materi kosakata bahasa Arab berbasis lingkungan kepada siswa di tingkat pendidikan anak usia dini, yaitu di Taman Kanak-Kanak Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah pembelajaran kosakata bahasa Arab berbasis lingkungan dapat direalisasikan untuk siswa di Taman Kanak-Kanak Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan menganalisis peristiwa sosial, fenomena, atau kejadian. Subjek penelitian adalah siswa Taman Kanak-Kanak Islam Al-Amin, Provinsi Sumatera Barat. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model analisis data Spradley, yaitu analisis domain, dengan memperoleh deskripsi umum dari peristiwa yang diamati peneliti. Penelitian dilakukan selama tiga hari di dalam dan di luar kelas. Setelah peneliti melakukan observasi, dapat disimpulkan bahwa penyediaan materi pembelajaran kosakata bahasa Arab berbasis lingkungan di Taman Kanak-Kanak Islam dapat direalisasikan dengan memberikan materi sederhana yang disesuaikan dengan kemampuan kognitif siswa.

Penyediaan materi pembelajaran bahasa Arab sebagai dasar keterampilan berbahasa siswa di masa depan dimulai sejak usia dini.Karena pemahaman membutuhkan waktu dan segalanya berkembang seiring waktu.Anak usia dini memiliki kondisi otak yang masih segar untuk menerima dan memahami sesuatu yang baru.hal ini akan lebih mudah diakses di otak sehingga informasi yang diakses lebih mudah disimpan.Temuan di lapangan setelah melakukan penelitian di Taman Kanak-Kanak Islam mengenai penyediaan materi pembelajaran bahasa Arab dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Arab pada tingkat pendidikan anak usia dini, Taman Kanak-Kanak Islam dapat direalisasikan dengan standar kesulitan materi yang disesuaikan dengan kemampuan siswa.Dan jika dilakukan secara berkelanjutan dengan bimbingan dari pendidik.Sehingga penggunaan kosakata sederhana dalam kehidupan sehari-hari menjadi tradisi bagi siswa, penyediaan materi pembelajaran dapat diciptakan dengan bantuan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa.

Penelitian lanjutan bisa bertanya bagaimana pengaruh metode pembelajaran berbasis lingkungan terhadap penguasaan kosakata bahasa Arab di Taman Kanak-Kanak. Selain itu, penelitian juga dapat mengeksplorasi penggunaan media interaktif dalam pengajaran bahasa Arab dan pengaruhnya terhadap motivasi belajar siswa. Selain itu, mengkaji keterlibatan orang tua dalam mendukung pembelajaran bahasa Arab berbasis lingkungan di rumah akan memberikan gambaran yang lebih luas tentang efektivitas program ini.

  1. DAMPAK PERCERAIAN ORANGTUA TERHADAP MEANING OF LIFE REMAJA | JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan... journal.unj.ac.id/unj/index.php/jkkp/article/view/23145DAMPAK PERCERAIAN ORANGTUA TERHADAP MEANING OF LIFE REMAJA JKKP Jurnal Kesejahteraan Keluarga dan journal unj ac unj index php jkkp article view 23145
  2. Tantangan Bahasa Arab sebagai Alat Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0 pada Pascasarjana IAIN Tulungagung... Doi.Org/10.29240/Jba.V3i2.999Tantangan Bahasa Arab sebagai Alat Komunikasi di Era Revolusi Industri 4 0 pada Pascasarjana IAIN Tulungagung Doi Org 10 29240 Jba V3i2 999
  3. DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA DAN KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR... journal.iainlangsa.ac.id/index.php/ikhtibar/article/view/495DAMPAK PENERAPAN KURIKULUM KEMENTERIAN AGAMA DAN KURIKULUM PESANTREN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR journal iainlangsa ac index php ikhtibar article view 495
File size197.14 KB
Pages9
DMCAReportReport

ads-block-test