STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Kecemasan berbicara di depan publik menjadi tantangan signifikan dalam pengembangan kemampuan berbicara. Diperkirakan sekitar 15%–30% populasi umum mengalami kecemasan ini, menjadikannya fobia sosial yang paling umum. Kecemasan yang berlebihan dapat menimbulkan stres, frustrasi, menurunkan performa pidato, serta mengakibatkan penghindaran situasi sosial yang memerlukan presentasi publik, terutama pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tingkat dan faktor-faktor yang paling dominan terkait kecemasan berbicara publik di kalangan mahasiswa universitas. Peneliti menggunakan kuesioner Public Speaking Anxiety (PSA) yang dikembangkan oleh Noorrachima (2020) dan melibatkan mahasiswa senior Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat PSA mahasiswa senior ELEP UB tergolong tinggi, dengan faktor general sense sebagai faktor utama yang memicu kecemasan tersebut.

Tingkat kecemasan berbicara publik (PSA) mahasiswa senior ELEP UB terbukti tinggi, dengan faktor general sense menjadi faktor yang paling dominan (74,2%).Faktor-faktor lain yang berpengaruh meliputi persiapan pidato dan kinerja pidato.Peneliti menyarankan penelitian lanjutan yang melibatkan departemen lain, bahasa lain, serta perbandingan kecemasan berbicara publik pada berbagai jenis seminar akademik dan pendekatan psikologis.

Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi kecemasan berbicara publik pada mahasiswa dari jurusan non‑bahasa, seperti ilmu pengetahuan alam atau teknik, untuk membandingkan tingkat kecemasan antar‑disiplin. Selain itu, studi intervensi bilingual yang mengintegrasikan pelatihan bahasa tambahan, misalnya bahasa Indonesia atau Jepang, dapat diujicobakan untuk menurunkan PSA pada konteks EFL. Terakhir, penelitian longitudinal yang membandingkan tingkat PSA pada berbagai format presentasi akademik—proposal, hasil tesis, dan sidang tesis—serta mengukur respons psikofisiologis peserta dapat memberikan wawasan mendalam tentang dinamika kecemasan selama proses akademik.

  1. #mahasiswa bahasa inggris#mahasiswa bahasa inggris
File size147.34 KB
Pages5
DMCAReportReport

ads-block-test