STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Guru sebagai profesional memiliki fungsi, peran, dan posisi yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan nasional, yaitu menciptakan masyarakat Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Guru seharusnya mengembangkan profesinya sebagai profesi yang bermartabat. Salah satu bentuk pengembangan profesi guru adalah menulis karya ilmiah, tetapi kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa kegiatan guru masih berada dalam visi dan misi pendidikan dan pengajaran, sedangkan visi dan misi ilmiah dalam bentuk tulisan ilmiah dan publikasi sering diabaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, analisis dokumen, observasi partisipatif, dan diskusi kelompok terfokus. Hasil menunjukkan bahwa kesulitan guru dalam menulis karya ilmiah termasuk: motivasi guru yang rendah dalam menulis, tidak memiliki cukup waktu luang, kurangnya pemahaman tentang teknik penulisan, kesulitan dalam mencari data, kesulitan dalam teknologi, tidak memiliki buku referensi, banyaknya layanan penulisan, kurangnya fungsi kegiatan MGMP dalam memasyarakatkan penulisan karya, dan kurangnya sosialisasi dari sekolah/institusi.

Pada umumnya, pengembangan profesionalisme guru sekolah menengah pertama di Kota Singkawang dalam menulis karya ilmiah masih kurang dan memerlukan perhatian serta bimbingan serius.Masih banyak guru di Kota Singkawang yang mengalami berbagai kesulitan dalam menulis karya ilmiah sebagai upaya pengembangan profesi pengajaran.Kurangnya motivasi/minat dalam menulis disebabkan oleh berbagai masalah yang dihadapi oleh guru, termasuk.motivasi guru dalam menulis yang masih rendah, tidak memiliki cukup waktu luang, kesulitan dalam pengumpulan data, kurangnya literasi teknologi, kurangnya buku referensi, maraknya layanan penulisan, kurangnya fungsi kegiatan MGMP dalam sosialisasi penulisan karya, dan kurangnya sosialisasi dari pihak sekolah/institusi.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji bagaimana cara meningkatkan motivasi guru dalam menulis karya ilmiah agar mereka lebih aktif menghasilkan tulisan. Selain itu, diperlukan penelitian yang berfokus pada strategi pembelajaran menulis yang efektif bagi guru, termasuk pelatihan menulis yang berbasis teknologi. Terakhir, penting untuk mengeksplorasi peran MGMP dalam mendukung pengembangan penulisan ilmiah dan agar kegiatan ini dioptimalkan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam publikasi ilmiah.

File size148.57 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test