UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kesiapan mengajar calon guru (pre‑service teachers) pada program studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, serta mengidentifikasi perbedaan di antara ketiganya. Desain penelitian eks‑post‑faktum dengan pendekatan kuantitatif diterapkan; sebanyak 262 responden dipilih secara purposive random sampling dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah tervalidasi (analisis faktor eksploratori) serta reliabel (Cronbach Alpha = 0.933). Analisis statistik meliputi statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga program berada pada kategori “excellent dan tidak terdapat perbedaan signifikan antar program. Berdasarkan temuan, disarankan untuk mempertahankan pola pembelajaran yang ada serta melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dengan mempertimbangkan karakteristik masing‑masing program.

Secara keseluruhan, tingkat kesiapan mengajar calon guru pada program studi pendidikan ekonomi dan bisnis tergolong excellent dengan rata‑rata nilai 3,37, tanpa perbedaan signifikan antar program.Namun, beberapa indikator masih memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas kesiapan mengajar.Penelitian ini terbatas pada persepsi calon guru, sehingga disarankan penggunaan parameter lain seperti observasi dan penilaian sejawat dalam penelitian selanjutnya.

Penelitian selanjutnya dapat menguji kesiapan mengajar calon guru dengan pendekatan multi‑metode, misalnya menggabungkan observasi lapangan dan penilaian sejawat untuk membandingkan hasil dengan data persepsi diri. Selain itu, diperlukan studi komparatif yang menyelidiki pengaruh desain pembelajaran spesifik—seperti penerapan urutan sintaks pembelajaran, penggunaan media pembelajaran kreatif, dan integrasi ICT—terhadap peningkatan indikator kesiapan pada masing‑masing program studi ekonomi, akuntansi, dan administrasi perkantoran. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang mengikuti perkembangan calon guru sejak mikro‑teaching hingga tahun pertama mengajar di sekolah dapat memberikan gambaran tentang stabilitas dan evolusi kesiapan mengajar seiring waktu.

  1. "Reflective Practice and Student Learning" by Mary L. Slade, Tammy J. Burnham Dr. et al.. reflective... doi.org/10.20429/ijsotl.2019.130215Reflective Practice and Student Learning by Mary L Slade Tammy J Burnham Dr et al reflective doi 10 20429 ijsotl 2019 130215
  2. The teaching readiness of pre-service teachers from the economics and business education programs | Jurnal... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/50016The teaching readiness of pre service teachers from the economics and business education programs Jurnal journal uny ac index php cp article view 50016
File size323.17 KB
Pages12
DMCAReportReport

ads-block-test