UNYUNY
Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala PendidikanPenelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat kesiapan mengajar calon guru (pre‑service teachers) pada program studi Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Akuntansi, dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, serta mengidentifikasi perbedaan di antara ketiganya. Desain penelitian eks‑post‑faktum dengan pendekatan kuantitatif diterapkan; sebanyak 262 responden dipilih secara purposive random sampling dan data dikumpulkan melalui kuesioner yang telah tervalidasi (analisis faktor eksploratori) serta reliabel (Cronbach Alpha = 0.933). Analisis statistik meliputi statistik deskriptif dan Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil menunjukkan bahwa kesiapan mengajar pada ketiga program berada pada kategori “excellent dan tidak terdapat perbedaan signifikan antar program. Berdasarkan temuan, disarankan untuk mempertahankan pola pembelajaran yang ada serta melakukan penelitian lanjutan yang lebih mendalam dengan mempertimbangkan karakteristik masing‑masing program.
Secara keseluruhan, tingkat kesiapan mengajar calon guru pada program studi pendidikan ekonomi dan bisnis tergolong excellent dengan rata‑rata nilai 3,37, tanpa perbedaan signifikan antar program.Namun, beberapa indikator masih memerlukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas kesiapan mengajar.Penelitian ini terbatas pada persepsi calon guru, sehingga disarankan penggunaan parameter lain seperti observasi dan penilaian sejawat dalam penelitian selanjutnya.
Penelitian selanjutnya dapat menguji kesiapan mengajar calon guru dengan pendekatan multi‑metode, misalnya menggabungkan observasi lapangan dan penilaian sejawat untuk membandingkan hasil dengan data persepsi diri. Selain itu, diperlukan studi komparatif yang menyelidiki pengaruh desain pembelajaran spesifik—seperti penerapan urutan sintaks pembelajaran, penggunaan media pembelajaran kreatif, dan integrasi ICT—terhadap peningkatan indikator kesiapan pada masing‑masing program studi ekonomi, akuntansi, dan administrasi perkantoran. Selanjutnya, penelitian longitudinal yang mengikuti perkembangan calon guru sejak mikro‑teaching hingga tahun pertama mengajar di sekolah dapat memberikan gambaran tentang stabilitas dan evolusi kesiapan mengajar seiring waktu.
- "Reflective Practice and Student Learning" by Mary L. Slade, Tammy J. Burnham Dr. et al.. reflective... doi.org/10.20429/ijsotl.2019.130215Reflective Practice and Student Learning by Mary L Slade Tammy J Burnham Dr et al reflective doi 10 20429 ijsotl 2019 130215
- The teaching readiness of pre-service teachers from the economics and business education programs | Jurnal... journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/50016The teaching readiness of pre service teachers from the economics and business education programs Jurnal journal uny ac index php cp article view 50016
| File size | 323.17 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNYUNY Proses analisis menghasilkan empat tema pengalaman guru, yaitu (1) peran pengetahuan dan keterampilan latar belakang, (2) pengajaran berbagai jenis disabilitas,Proses analisis menghasilkan empat tema pengalaman guru, yaitu (1) peran pengetahuan dan keterampilan latar belakang, (2) pengajaran berbagai jenis disabilitas,
UNYUNY Berdasarkan hasil penelitian, efikasi maternal orang tua diasumsikan kurang kuat untuk mencegah praktik pengasuhan negatif selama pandemi Covid-19. SelainBerdasarkan hasil penelitian, efikasi maternal orang tua diasumsikan kurang kuat untuk mencegah praktik pengasuhan negatif selama pandemi Covid-19. Selain
UNYUNY Resiliensi dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap regulasi diri dan hasil belajar, sedangkan regulasi diri juga terbukti memediasi pengaruh keduaResiliensi dan lingkungan keluarga berpengaruh terhadap regulasi diri dan hasil belajar, sedangkan regulasi diri juga terbukti memediasi pengaruh kedua
UNYUNY Implikasi praktis dan manajerial juga disajikan dalam tulisan ini. Penelitian ini berhasil mengembangkan program pengembangan profesional guru pendidikanImplikasi praktis dan manajerial juga disajikan dalam tulisan ini. Penelitian ini berhasil mengembangkan program pengembangan profesional guru pendidikan
Useful /
UNYUNY Peneliti menggunakan pendekatan survei deskriptif cross‑sectional dengan kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms. Tingkat KAB dikategorikan menjadiPeneliti menggunakan pendekatan survei deskriptif cross‑sectional dengan kuesioner yang disebarkan melalui Google Forms. Tingkat KAB dikategorikan menjadi
UNYUNY Data wawancara dan pelajaran dianalisis tematik menggunakan perangkat lunak NVivo 12. Hasil menunjukkan bahwa guru memanfaatkan Bahasa Melayu (BM) untukData wawancara dan pelajaran dianalisis tematik menggunakan perangkat lunak NVivo 12. Hasil menunjukkan bahwa guru memanfaatkan Bahasa Melayu (BM) untuk
UNYUNY Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum memiliki persepsi positif terhadap kualitas hidup, dengan perbedaan signifikan antara mahasiswaHasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa secara umum memiliki persepsi positif terhadap kualitas hidup, dengan perbedaan signifikan antara mahasiswa
UNYUNY Oleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuan mengidentifikasi strategi guru EFL dan administrator sekolah dalam meningkatkan literasi digital siswaOleh karena itu, penelitian kualitatif ini bertujuan mengidentifikasi strategi guru EFL dan administrator sekolah dalam meningkatkan literasi digital siswa