UNYUNY

Jurnal Cakrawala PendidikanJurnal Cakrawala Pendidikan

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan rancangan dan perangkat pendidikan gender yang dapat diterapkan melalui Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Kegiatan yang dilakukan pada penelitian tahap pertama adalah melakukan need asessment untuk memahami kondisi awal PKK di lokasi penelitian. Penelitian ini dilakukan di PKK Kecamatan Bandar Kedungmulyo Jombang. Berdasarkan Focus Group Discussion yang melibatkan Camat, penggerak PKK di tingkat kecamatan dan desa, terungkap bahwa PKK masih cenderung berfungsi menguatkan ideologi patriarkhi yang menempatkan perempuan pada fungsi-fungsi domestik. Dua kegiatan yang selalu direncanakan dalam program-programnya adalah arisan dan simpan pinjam, sementara kegiatan PKK yang terkait dengan fungsi edukasi PKK belum terencana dengan baik. Melalui penelitian pengembangan ini, fungsi edukasi PKK dirancang untuk dapat dikembangkan sebagai wahana pendidikan gender. Ibu-ibu yang melek gender ini pada gilirannya dapat menjadi agen sosialisasi gender yang egalitarian bagi anak-anaknya untuk mencapai keadilan gender menuju kehidupan yang demokratis.

Berdasarkan kegiatan need assessment yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penguatan wawasan gender dan demokrasi kepada tim penggerak PKK kecamatan masih diperlukan sebagai langkah awal keberhasilan program ini, dan untuk itu dirancang kegiatan TOT DOUI.Tema-tema karakter gender yang berperspektif demokratis yang dikembangkan dalam penelitian ini, sesuai dengan prinsip liberty, egality, dan fraternity, meliputi tanggung jawab, disiplin, mandiri, rasional/logis, saling menghargai, toleransi, dan kesetaraan.

Penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam mengenai efektivitas program pendidikan gender yang diimplementasikan melalui PKK, dengan fokus pada perubahan perilaku dan pemahaman gender di kalangan ibu-ibu anggota PKK. Selain itu, penting untuk meneliti bagaimana faktor-faktor sosial dan budaya lokal mempengaruhi penerimaan dan penerapan nilai-nilai gender egalitarian dalam konteks keluarga dan masyarakat. Studi longitudinal juga diperlukan untuk mengukur dampak jangka panjang dari program ini terhadap perkembangan karakter demokratis anak-anak yang dibesarkan oleh ibu-ibu yang telah mendapatkan pendidikan gender. Penelitian lebih lanjut juga dapat membandingkan efektivitas berbagai metode pendidikan gender yang berbeda dalam konteks PKK, untuk mengidentifikasi pendekatan yang paling efektif dalam mengubah sikap dan perilaku gender. Dengan demikian, diharapkan akan terwujud strategi yang lebih komprehensif dan berkelanjutan dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan kehidupan demokratis di tingkat keluarga dan masyarakat.

File size76.06 KB
Pages10
DMCAReportReport

ads-block-test