STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG
JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan peran dominan teknologi, bidang pendidikan juga mengalami dampak signifikan sehingga diperlukan optimalisasi media pembelajaran dan peningkatan evaluasi. Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan yang melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner kepada 39 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan mahasiswa, serta memerlukan sinergi konsisten antara dosen, mahasiswa, fakultas, tenaga pendukung, dan administrator. Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran, penyampaian materi, dan penugasan dalam perkuliahan Ekonomi Sumber Daya masih kurang optimal, menandakan fasilitas dan infrastruktur belum dimanfaatkan sepenuhnya. Evaluasi implementasi model instruksional menunjukkan kategori baik, artinya model e-learning yang diterapkan sesuai kebutuhan mahasiswa dan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman belajar sebagai dasar menghadapi era revolusi industri 4.0.
Pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning efektif karena perencanaan yang matang, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan mahasiswa, serta kolaborasi terpadu antara dosen, mahasiswa, fakultas, tenaga pendukung, dan administrator.Meskipun demikian, penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran, penyampaian materi, dan penugasan masih belum optimal, yang mengindikasikan pemanfaatan fasilitas dan infrastruktur belum maksimal.Evaluasi implementasi model instruksional menunjukkan hasil kategori baik, menandakan model e-learning yang diterapkan sesuai kebutuhan mahasiswa dan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman belajar dalam menghadapi era revolusi industri 4.
Penelitian selanjutnya dapat mengkaji secara mendalam strategi pengembangan modul pelatihan interaktif bagi dosen dan tenaga pendukung dalam memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur e-learning pada perkuliahan Ekonomi Sumber Daya, misalnya melalui pendekatan studi kasus atau eksperimen terkontrol untuk mengevaluasi dampak pelatihan tersebut terhadap kualitas penyampaian materi dan keterampilan digital dosen. Selain itu, perlu dilaksanakan studi eksperimental yang meneliti pengaruh elemen desain pembelajaran yang mempertimbangkan dimensi emosional mahasiswa dalam e-learning Ekonomi Sumber Daya, dengan fokus pada bagaimana variasi intervensi afektif seperti pemberian umpan balik personal atau penggunaan multimedia adaptif dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta pemahaman konsep ekonomi. Lebih lanjut, penelitian dapat diarahkan pada perancangan dan evaluasi algoritma adaptive learning untuk mempersonalisasi jalur pembelajaran mahasiswa berdasarkan karakteristik individu seperti gaya belajar, tingkat kemampuan awal, dan kecepatan belajar, guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Ketiga ide penelitian ini sebaiknya diuji dalam konteks implementasi nyata menggunakan metode campuran—yang menggabungkan wawancara mendalam, survei kuantitatif, dan analisis log data—agar diperoleh gambaran komprehensif mengenai tantangan teknis, faktor pendukung, serta strategi pengoptimalan e-learning di lingkungan universitas. Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk mengamati perkembangan jangka panjang penguasaan materi dan sikap mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning Ekonomi Sumber Daya dari satu semester ke semester berikutnya.
| File size | 210.8 KB |
| Pages | 6 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Buku ini dianggap membantu dan unik karena ditulis dalam bahasa Inggris. Karena buku ini ditujukan untuk bahan bacaan ekstensif, kami juga memeriksa danBuku ini dianggap membantu dan unik karena ditulis dalam bahasa Inggris. Karena buku ini ditujukan untuk bahan bacaan ekstensif, kami juga memeriksa dan
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Analisis FTIR menunjukkan gugus hidroksil berkurang, mengindikasikan lignin terlepas efektif. Penggunaan kulit pisang dapat mengurangi limbah pertanianAnalisis FTIR menunjukkan gugus hidroksil berkurang, mengindikasikan lignin terlepas efektif. Penggunaan kulit pisang dapat mengurangi limbah pertanian
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Berdasarkan temuan, tantangan tersebut tidak hanya berasal dari sisi guru, tetapi juga dari sekolah, siswa, dan orang tua. Untuk mengatasi tantangan tersebut,Berdasarkan temuan, tantangan tersebut tidak hanya berasal dari sisi guru, tetapi juga dari sekolah, siswa, dan orang tua. Untuk mengatasi tantangan tersebut,
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Peningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategoriPeningkatan kemampuan berpikir kritis mencapai 0,71 dengan kategori tinggi, sedangkan peningkatan keterampilan proses sains mencapai 0,70 dengan kategori
Useful /
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Instrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaranInstrumen berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar IPA. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Kulit pisang dikeringkan, dihancurkan, direndam larutan etanol 70% selama 2 jam pada suhu 80 °C, lalu dicampur sodium hidroksida 5% selama 1 jam untukKulit pisang dikeringkan, dihancurkan, direndam larutan etanol 70% selama 2 jam pada suhu 80 °C, lalu dicampur sodium hidroksida 5% selama 1 jam untuk
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar yang valid, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan memiliki karakteristik sesuaiOleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar yang valid, dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa, dan memiliki karakteristik sesuai
STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG Durasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangi dengan aktivitas interaktif langsung. Penelitian lanjut dianjurkan untuk memetakan efek jangkaDurasi terbatas penggunaan media sosial sebaiknya diimbangi dengan aktivitas interaktif langsung. Penelitian lanjut dianjurkan untuk memetakan efek jangka