STKIP SINGKAWANGSTKIP SINGKAWANG

JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)JETL (Journal of Education, Teaching and Learning)

Dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan peran dominan teknologi, bidang pendidikan juga mengalami dampak signifikan sehingga diperlukan optimalisasi media pembelajaran dan peningkatan evaluasi. Penelitian ini bertujuan mengungkap pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan pengembangan yang melibatkan analisis kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan kuesioner kepada 39 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan model instruksional tersebut efektif karena didukung perencanaan yang matang, sesuai dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan mahasiswa, serta memerlukan sinergi konsisten antara dosen, mahasiswa, fakultas, tenaga pendukung, dan administrator. Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran, penyampaian materi, dan penugasan dalam perkuliahan Ekonomi Sumber Daya masih kurang optimal, menandakan fasilitas dan infrastruktur belum dimanfaatkan sepenuhnya. Evaluasi implementasi model instruksional menunjukkan kategori baik, artinya model e-learning yang diterapkan sesuai kebutuhan mahasiswa dan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman belajar sebagai dasar menghadapi era revolusi industri 4.0.

Pelaksanaan model instruksional perkuliahan Ekonomi Sumber Daya berbasis e-learning efektif karena perencanaan yang matang, kesesuaian dengan tujuan pembelajaran dan kebutuhan mahasiswa, serta kolaborasi terpadu antara dosen, mahasiswa, fakultas, tenaga pendukung, dan administrator.Meskipun demikian, penggunaan e-learning sebagai media pembelajaran, penyampaian materi, dan penugasan masih belum optimal, yang mengindikasikan pemanfaatan fasilitas dan infrastruktur belum maksimal.Evaluasi implementasi model instruksional menunjukkan hasil kategori baik, menandakan model e-learning yang diterapkan sesuai kebutuhan mahasiswa dan mampu meningkatkan motivasi serta pemahaman belajar dalam menghadapi era revolusi industri 4.

Penelitian selanjutnya dapat mengkaji secara mendalam strategi pengembangan modul pelatihan interaktif bagi dosen dan tenaga pendukung dalam memaksimalkan pemanfaatan infrastruktur e-learning pada perkuliahan Ekonomi Sumber Daya, misalnya melalui pendekatan studi kasus atau eksperimen terkontrol untuk mengevaluasi dampak pelatihan tersebut terhadap kualitas penyampaian materi dan keterampilan digital dosen. Selain itu, perlu dilaksanakan studi eksperimental yang meneliti pengaruh elemen desain pembelajaran yang mempertimbangkan dimensi emosional mahasiswa dalam e-learning Ekonomi Sumber Daya, dengan fokus pada bagaimana variasi intervensi afektif seperti pemberian umpan balik personal atau penggunaan multimedia adaptif dapat meningkatkan motivasi, keterlibatan, serta pemahaman konsep ekonomi. Lebih lanjut, penelitian dapat diarahkan pada perancangan dan evaluasi algoritma adaptive learning untuk mempersonalisasi jalur pembelajaran mahasiswa berdasarkan karakteristik individu seperti gaya belajar, tingkat kemampuan awal, dan kecepatan belajar, guna meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran. Ketiga ide penelitian ini sebaiknya diuji dalam konteks implementasi nyata menggunakan metode campuran—yang menggabungkan wawancara mendalam, survei kuantitatif, dan analisis log data—agar diperoleh gambaran komprehensif mengenai tantangan teknis, faktor pendukung, serta strategi pengoptimalan e-learning di lingkungan universitas. Selain itu, studi longitudinal dapat dilakukan untuk mengamati perkembangan jangka panjang penguasaan materi dan sikap mahasiswa terhadap pembelajaran e-learning Ekonomi Sumber Daya dari satu semester ke semester berikutnya.

File size210.8 KB
Pages6
DMCAReportReport

ads-block-test