UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Penelitian ini menginvestigasi dimensi-dimensi praktik reflektif guru bahasa di sekolah dasar di Bekasi, Indonesia, dengan menganalisis strategi refleksi diri guru, tantangan, dan dampaknya terhadap peningkatan pengajaran.

Penelitian ini menemukan bahwa guru-guru di Bekasi menunjukkan tingkat refleksi diri yang tinggi, terutama dalam interaksi dengan siswa dan penyesuaian strategi pengajaran.Namun, tantangan seperti keterbatasan waktu, kurangnya dukungan institusional, dan peluang pengembangan profesional yang terbatas masih menghambat implementasi praktik reflektif secara menyeluruh.Penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pengembangan profesional yang terstruktur dan dukungan institusional untuk memfasilitasi praktik reflektif yang berkelanjutan.

Penelitian lanjutan sebaiknya menginvestigasi strategi untuk mengatasi tantangan yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan praktik reflektif, serta mengembangkan program pengembangan profesional yang efektif untuk meningkatkan kemampuan reflektif guru. Selain itu, penelitian juga sebaiknya mempertimbangkan peran teknologi dalam mendukung praktik reflektif guru dan mengembangkan kerangka kerja yang komprehensif untuk mengintegrasikan praktik reflektif ke dalam proses pengajaran.

  1. Teacher Reflection in Literacy Education– Borrowing from Bakhtin | Lee | International Journal... sciedu.ca/journal/index.php/ijhe/article/view/3558Teacher Reflection in Literacy EducationAe Borrowing from Bakhtin Lee International Journal sciedu ca journal index php ijhe article view 3558
  2. Teacher Reflection in Teaching Practices - A Methodological Proposal for Its Operationalization | Garrido... journal.julypress.com/index.php/jed/article/view/1316Teacher Reflection in Teaching Practices A Methodological Proposal for Its Operationalization Garrido journal julypress index php jed article view 1316
  3. Frontiers | Conceptualizing the complexity of reflective practice in education. frontiers complexity... doi.org/10.3389/fpsyg.2022.1008234Frontiers Conceptualizing the complexity of reflective practice in education frontiers complexity doi 10 3389 fpsyg 2022 1008234
  4. English teachers' and lecturers' perceptions of reflective practice through video recording... jurnal.usk.ac.id/SiELE/article/view/18931English teachers and lecturers perceptions of reflective practice through video recording jurnal usk ac SiELE article view 18931
File size459.8 KB
Pages18
DMCAReportReport

ads-block-test