UNMUNM

International Journal of Language EducationInternational Journal of Language Education

Studi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana siswa memandang integrasi teknologi AI dalam pembelajaran menulis akademik. Studi kasus kualitatif ini memeriksa persepsi 27 siswa Bahasa Inggris di Universitas Muhammadiyah Makassar terkait penggunaan alat AI dalam pengembangan menulis akademik mereka. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, memberi wawasan mendalam tentang sikap siswa, manfaat yang terlihat, dan potensi hambatan dari instruksi berbasis AI. Hasil studi menunjukkan adanya dua jenis persepsi terhadap penerapan AI dalam pembelajaran menulis: persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan. Persepsi manfaat mencakup peningkatan kualitas menulis akademik, efisiensi aktivitas menulis, peningkatan pembelajaran, nilai yang lebih baik, dan pemenuhan persyaratan menulis. Persepsi kemudahan penggunaan memiliki enam indikator, yaitu kemudahan dipahami, kemudahan penggunaan, kejelasan dan keterdapatannya, fleksibilitas dan adaptabilitas, usaha minimal yang diperlukan, dan ramah pengguna.

Persepsi siswa tentang instruksi berbasis AI sebagian besar positif, didorong oleh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan.Siswa tertarik pada AI karena manfaatnya meliputi peningkatan kualitas tulisan, efisiensi waktu, dan peningkatan belajar melalui umpan balik.Persepsi kemudahan penggunaan juga menjadi faktor kunci, karena AI yang sulit digunakan kurang mungkin diadopsi.Kombinasi keduanya, persepsi manfaat dan kemudahan, diperlukan untuk memfasilitasi penerimaan AI dalam pembelajaran menulis akademik.

Penelitian lanjutan dapat mengeksplorasi dampak jangka panjang penggunaan AI pada motivasi belajar siswa, terutama dalam konteks institusi Swasta. Studi tambahan juga perlu mengembangkan strategi integrasi AI dengan pendekatan pedagogis tradisional, terutama untuk menciptakan keseimbangan antara teknologi dan keterampilan siswa. Selain itu, penelitian lebih lanjut perlu mempertimbangkan faktor budaya dan sosial yang memengaruhi persepsi serta adopsi teknologi AI di kalangan dosen dan siswa dalam konteks pendidikan Indonesia.

  1. [2304.10543] Repurposing Text-Generating AI into a Thought-Provoking Writing Tutor. repurposing text... arxiv.org/abs/2304.105432304 10543 Repurposing Text Generating AI into a Thought Provoking Writing Tutor repurposing text arxiv abs 2304 10543
  2. Why Write? A Guide for Students in Canada – Simple Book Publishing. write guide students canada... pressbooks.bccampus.ca/whywriteguideWhy Write A Guide for Students in Canada Ae Simple Book Publishing write guide students canada pressbooks bccampus ca whywriteguide
  3. Frontiers | Motivation, Social Emotion, and the Acceptance of Artificial Intelligence Virtual Assistants—Trust-Based... doi.org/10.3389/fpsyg.2021.728495Frontiers Motivation Social Emotion and the Acceptance of Artificial Intelligence Virtual AssistantsAiTrust Based doi 10 3389 fpsyg 2021 728495
  4. Demystifying the Discourse: Techniques to Effective Academic Writing | Journal of Research and Academic... utafitionline.com/index.php/JRAW/article/view/571Demystifying the Discourse Techniques to Effective Academic Writing Journal of Research and Academic utafitionline index php JRAW article view 571
File size389.79 KB
Pages20
DMCAReportReport

ads-block-test