UNMUNM
International Journal of Language EducationInternational Journal of Language EducationBerbagai siswa sekolah dasar tidak menikmati belajar Bahasa Inggris karena pendekatan pengajaran yang tidak efektif yang membatasi pembelajaran mandiri. Meskipun teknologi digital menawarkan solusi potensial, pemanfaatannya di bidang pendidikan menghadapi tantangan seperti informasi hoaks dan rendahnya ketahanan digital siswa. Penelitian ini menyelidiki tingkat inovasi digital dan ketahanan digital saat ini di kalangan siswa sekolah dasar serta mengeksplorasi strategi untuk meningkatkan keterampilan tersebut. Desain metode campuran bersamaan (concurrent embedded mixed‑methods) digunakan, melibatkan 120 siswa kelas lima dan guru dari sekolah dasar di seluruh Bali yang dipilih melalui purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara kuantitatif maupun kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa inovasi dan ketahanan digital siswa tetap rendah, dan kegiatan belajar yang ada tidak secara signifikan meningkatkan kompetensi ini. Namun, guru mendukung upaya untuk memupuk keterampilan tersebut. Untuk mengatasi kesenjangan ini, penelitian mengusulkan pengembangan Sistem Adaptif Mobile Learning (SSAML) yang menggabungkan gamifikasi dan filosofi Tri Kaya Parisudha—kerangka budaya Bali yang menekankan pikiran baik, ucapan, dan tindakan. Model pembelajaran digital berlandaskan budaya ini dirancang untuk memberikan umpan balik efektif, meningkatkan motivasi siswa, dan mempromosikan inovasi serta ketahanan digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris.
Analisis menunjukkan bahwa siswa sekolah dasar memiliki tingkat inovasi dan ketahanan digital yang rendah.Meskipun guru umumnya mendukung pengembangan keterampilan tersebut, kegiatan belajar yang ada tidak secara signifikan meningkatkan kompetensi digital siswa.Hal ini menyoroti kebutuhan akan intervensi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik.Sebagai solusi yang diusulkan, penelitian ini merekomendasikan pengembangan Sistem Adaptif Mobile Learning (SSAML) yang mengintegrasikan prinsip gamifikasi dan filosofi Tri Kaya Parisudha.Pendekatan terintegrasi ini bertujuan menyediakan umpan balik terarah, meningkatkan intensitas serta keterlibatan belajar, dan memperkuat inovasi serta ketahanan digital dalam pembelajaran Bahasa Inggris.Penelitian selanjutnya harus mengeksplorasi implementasi dan efektivitas SSAML di lingkungan kelas nyata, serta fleksibilitasnya pada berbagai konteks pendidikan.
Penelitian berikutnya dapat difokuskan pada (1) evaluasi efektivitas SSAML di lingkungan kelas nyata di berbagai wilayah di Indonesia, membandingkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa yang menggunakan SSAML dengan penggunaan platform mobile learning konvensional; (2) pemantauan longitudinal selama satu tahun ajaran untuk menilai dampak jangka panjang penggunaan SSAML terhadap inovasi digital dan ketahanan digital siswa, termasuk pengukuran perkembangan kognitif dan afektif; (3) pengkajian persepsi guru dan siswa mengenai integrasi nilai‑nilai Tri Kaya Parisudha dalam elemen gamifikasi, serta analisis hubungan antara skor karakter dan peningkatan kompetensi digital. Pendekatan ketiga ini akan memperluas cakupan penelitian yang sudah ada, mengisi kekosongan dalam praktik implementasi, dan menilai kontribusi budaya dalam pembelajaran digital baik secara kuantitatif maupun kualitatif.
- PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL PADA KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI CALON GURU... jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/1948PENGARUH PEMBELAJARAN LITERASI DIGITAL PADA KOMPETENSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI CALON GURU jurnaldikbud kemdikbud go index php jpnk article view 1948
- EFL teachers’ beliefs and practices about digital learning of English | Nugroho |... doi.org/10.30659/e.5.2.304-321EFL teachersyCE beliefs and practices about digital learning of English Nugroho doi 10 30659 e 5 2 304 321
- Do You Want Your Students to Be Job-Ready with 21st Century Skills? Change Pedagogies: A Pedagogical... doi.org/10.5430/ijhe.v3n3p81Do You Want Your Students to Be Job Ready with 21st Century Skills Change Pedagogies A Pedagogical doi 10 5430 ijhe v3n3p81
- PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU-GURU SDIT AL-KAHFI... journal.ummat.ac.id/index.php/jpmb/article/view/4112PELATIHAN PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ DAN WORDWALL PADA PEMBELAJARAN IPA BAGI GURU GURU SDIT AL KAHFI journal ummat ac index php jpmb article view 4112
| File size | 565.7 KB |
| Pages | 23 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
UNMUNM Persepsi kemudahan penggunaan juga menjadi faktor kunci, karena AI yang sulit digunakan kurang mungkin diadopsi. Kombinasi keduanya, persepsi manfaat danPersepsi kemudahan penggunaan juga menjadi faktor kunci, karena AI yang sulit digunakan kurang mungkin diadopsi. Kombinasi keduanya, persepsi manfaat dan
UNMUNM Studi ini menunjukkan bahwa kerangka kerja reflektif terstruktur, siklus belajar Plan Do Review, dapat diintegrasikan ke dalam praktik kelas harian untukStudi ini menunjukkan bahwa kerangka kerja reflektif terstruktur, siklus belajar Plan Do Review, dapat diintegrasikan ke dalam praktik kelas harian untuk
UNHASUNHAS Penelitian ini juga memberikan jawaban atas kesalahpahaman potensial seputar CICC. Berdasarkan karya-karya ilmiah dari para cendekiawan terkemuka, beberapaPenelitian ini juga memberikan jawaban atas kesalahpahaman potensial seputar CICC. Berdasarkan karya-karya ilmiah dari para cendekiawan terkemuka, beberapa
UNMUNM Kebijakan ini juga mempertahankan identitas lokal dan nasional sekaligus mencegah hilangnya bahasa nasional. Penelitian lebih dalam berbasis longitudinalKebijakan ini juga mempertahankan identitas lokal dan nasional sekaligus mencegah hilangnya bahasa nasional. Penelitian lebih dalam berbasis longitudinal
Useful /
UNMUNM Dengan memindahkan pengembangan pengetahuan ke aktivitas sebelum kelas dan mendedikasikan waktu kelas untuk diskusi interaktif, pendekatan ini mendorongDengan memindahkan pengembangan pengetahuan ke aktivitas sebelum kelas dan mendedikasikan waktu kelas untuk diskusi interaktif, pendekatan ini mendorong
UNMUNM Kedua, mengintegrasikan teknologi dan kearifan lokal ke dalam PjBL dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa; proyek yang berakar pada konteksKedua, mengintegrasikan teknologi dan kearifan lokal ke dalam PjBL dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa; proyek yang berakar pada konteks
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Seorang manusia bermoral harus memiliki komponen yang dikategorikan sebagai konsep, yaitu aturan dan prinsip yang dianggap penting untuk digunakan dalamSeorang manusia bermoral harus memiliki komponen yang dikategorikan sebagai konsep, yaitu aturan dan prinsip yang dianggap penting untuk digunakan dalam
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model terapan materi ajar memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswaPenelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model terapan materi ajar memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan keterampilan berbicara mahasiswa