UGMUGM

Gadjah Mada International Journal of BusinessGadjah Mada International Journal of Business

Penelitian ini menggunakan dan membahas berbagai aspek khusus analisis Means-End Chain (MEC) untuk memahami motif konsumen Indonesia ketika membeli makanan lokal. Teori MEC digunakan untuk mengukur berbagai atribut, konsekuensi dan nilai produk lokal, termasuk aspek-aspek khusus teori ini yang dikenal dengan metoda administrasi berjenjang, prosedur analisis isi, dan Hierarchy Value Map (HVM). Hasil studi mengindikasikan pendekatan MEC adalah metode yang bagus untuk mengungkapkan hubungan motivasi konsumen dalam membeli makanan lokal berdasarkan kelompok budaya, terutama antara konsumen Jawa dan non-Jawa. Studi ini diharapkan dapat memberikan implikasi praktis dan sumber pengetahuan untuk studi mendatang dalam hal penggunaan metode baru untuk memahami motivasi pembelian makan lokal oleh konsumen Indonesia dan pengembangan kategori-kategori baru berbagai atribut, konsekuensi dan nilai makanan lokal.

Studi ini memberikan pemahaman awal tentang motivasi konsumen Indonesia dalam membeli makanan lokal menggunakan pendekatan Means-End Chain (MEC).Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan struktur nilai antara konsumen Jawa dan non-Jawa, dengan konsumen Jawa lebih kaya dalam atribut dan nilai.Penelitian ini juga mengembangkan kategori baru atribut, konsekuensi, dan nilai yang relevan dengan konteks makanan lokal Indonesia.

Penelitian selanjutnya sebaiknya mengeksplorasi perbedaan motivasi pembelian makanan lokal antara konsumen dari berbagai latar belakang etnis di Indonesia secara lebih luas, karena studi ini hanya mencakup konsumen Indonesia yang tinggal di Adelaide. Selain itu, penting untuk menguji generalisasi hasil penelitian ini dengan melibatkan responden yang lebih beragam dalam hal pendidikan dan tingkat pendapatan, agar lebih representatif terhadap populasi di Indonesia. Penelitian juga bisa mengembangkan strategi pemasaran berbasis nilai yang diturunkan dari HVM untuk masing-masing kelompok etnis, sehingga lebih efektif dalam menarik konsumen lokal.

File size735.36 KB
Pages16
DMCAReportReport

ads-block-test