IKHAFIIKHAFI

Jurnal Sistem Informasi dan E-BisnisJurnal Sistem Informasi dan E-Bisnis

Musik kini menjadi suatu hiburan bagi para pecinta dan penikmat musik itu sendiri. Musik dan event salah satu hal yang tidak bisa dipisahkan, karena kegiatan event itu sendiri sebagai media promosi dan ajang bagi para Musisi/Artist untuk menunjukkan kualitas mereka di panggung. Terkadang kita suka lupa atau bahkan tidak tau kapan musisi/artist kesayangan kita manggung. Dengan adanya aplikasi musik ini dapat bermanfaat untuk para pendengar, musisi, label maupun event organizer itu sendiri sebagai media informasi pengingat untuk mengetahui kapan event atau jadwal manggung Musisi/Artist yang kita sukai, sekaligus wadah untuk para musisi mempromosikan lagu-lagu mereka dan mengurangi maraknya pembajakan lagu yang ada. Aplikasi musik dengan reminder event ini berbasis Mobile APP (Android). Metode yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi ini yaitu System Development Life Cycle (SDLC) dan menggunakan model Waterfall (Siklus Air Terjun, perangkat lunak yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah Android Studio, XML dan Java sebagai bahasa pemograman, MySQL sebagai database server.

Berdasarkan uraian dan pembahasan pada bab–bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut ini.Berhasil dirancangnya sebuah aplikasi musik yang dapat digunakan dengan mudah oleh semua pihak baik itu pendengar maupun musisi dan diimpelementasikannya sebuah aplikasi musik dengan reminder event yang dapat menjadi sebuah sistem informasi pengingat seputar event.Berdasarkan hasil kesimpulan diatas maka saran yang dapat diberikan untuk pengembangan selanjutnya diharapkan lebih diperbanyak fitur –fitur penunjang yang mempermudah dalam penggunaannya, serta tampilan dan fungsi yang lebih user friendly.

Berdasarkan latar belakang penelitian yang menyoroti pentingnya informasi jadwal manggung bagi penggemar musik, serta keterbatasan aplikasi musik yang ada saat ini, beberapa saran penelitian lanjutan dapat diajukan. Pertama, penelitian dapat difokuskan pada pengembangan algoritma rekomendasi event musik yang lebih personal, dengan mempertimbangkan preferensi musik pengguna, lokasi geografis, dan riwayat kehadiran event sebelumnya. Hal ini dapat meningkatkan relevansi informasi yang disajikan dan mendorong partisipasi pengguna. Kedua, penelitian dapat mengeksplorasi integrasi teknologi blockchain untuk memastikan transparansi dan keamanan informasi event, serta memfasilitasi transaksi tiket yang aman dan terverifikasi. Integrasi ini dapat meningkatkan kepercayaan pengguna dan mengurangi risiko penipuan. Ketiga, penelitian dapat menginvestigasi penggunaan teknologi augmented reality (AR) untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menjelajahi informasi event, seperti menampilkan visualisasi panggung, informasi artis, dan peta lokasi secara interaktif. Pengembangan fitur AR ini dapat memberikan nilai tambah yang signifikan bagi pengguna dan membedakan aplikasi dari kompetitor.

Read online
File size712.41 KB
Pages8
Short Linkhttps://juris.id/p-1r7
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test