CAHAYA ICCAHAYA IC

Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education Journal

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi integrasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berkelanjutan Hijau (GSST) dalam pembelajaran STEM guna meningkatkan literasi lingkungan hidup siswa sekolah menengah melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Metodologi yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan pejabat sekolah, serta analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa guru berhasil mengintegrasikan GSST ke dalam pembelajaran STEM melalui kegiatan proyek, seperti merancang perangkat hemat energi menggunakan bahan daur ulang. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, pengalaman belajar yang bermakna, serta meningkatnya kesadaran terhadap perlindungan lingkungan. Kebijakan dan fasilitas sekolah yang mendukung juga memperkuat pemahaman konseptual, literasi lingkungan, dan sikap positif siswa terhadap keberlanjutan.

Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berkelanjutan Hijau (GSST) ke dalam pembelajaran STEM melalui pendekatan berbasis proyek terbukti meningkatkan literasi lingkungan siswa secara menyeluruh, meliputi pengetahuan, kesadaran, keterampilan berpikir kritis, dan tindakan nyata.Pendekatan ini memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.Dukungan sekolah dalam bentuk kebijakan dan fasilitas memperkuat keberhasilan implementasi integrasi GSST dalam pembelajaran STEM serta membangun budaya sekolah yang peduli lingkungan.

Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran GSST-STEM ini dapat diadaptasi ke sekolah-sekolah dengan sumber daya terbatas, sehingga memastikan efektivitas dan keterjangkauannya dalam berbagai konteks pendidikan. Selain itu, penelitian selanjutnya juga bisa mengevaluasi dampak jangka panjang dari integrasi GSST terhadap perilaku berkelanjutan siswa setelah mereka lulus dari sekolah, untuk memahami daya tahan pembentukan karakter lingkungan. Kemudian, disarankan juga untuk menguji efektivitas pendekatan ini terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui studi komparatif di berbagai tingkat pendidikan, seperti sekolah dasar dan menengah atas, untuk memperluas pemahaman mengenai perkembangan literasi lingkungan secara bertahap.

  1. Digital Health Technology & Cancer care: Conceptual framework leading | JHL. digital health technology... doi.org/10.2147/JHL.S486263Digital Health Technology Cancer care Conceptual framework leading JHL digital health technology doi 10 2147 JHL S486263
  1. #siswa sekolah menengah#siswa sekolah menengah
  2. #ab mix#ab mix
File size331.76 KB
Pages8
DMCAReportReport

ads-block-test