CAHAYA ICCAHAYA IC
Integrated Science Education JournalIntegrated Science Education JournalTujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi integrasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berkelanjutan Hijau (GSST) dalam pembelajaran STEM guna meningkatkan literasi lingkungan hidup siswa sekolah menengah melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek. Metodologi yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi kelas, wawancara mendalam dengan guru dan pejabat sekolah, serta analisis dokumen. Hasil menunjukkan bahwa guru berhasil mengintegrasikan GSST ke dalam pembelajaran STEM melalui kegiatan proyek, seperti merancang perangkat hemat energi menggunakan bahan daur ulang. Siswa menunjukkan antusiasme tinggi, pengalaman belajar yang bermakna, serta meningkatnya kesadaran terhadap perlindungan lingkungan. Kebijakan dan fasilitas sekolah yang mendukung juga memperkuat pemahaman konseptual, literasi lingkungan, dan sikap positif siswa terhadap keberlanjutan.
Integrasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Berkelanjutan Hijau (GSST) ke dalam pembelajaran STEM melalui pendekatan berbasis proyek terbukti meningkatkan literasi lingkungan siswa secara menyeluruh, meliputi pengetahuan, kesadaran, keterampilan berpikir kritis, dan tindakan nyata.Pendekatan ini memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.Dukungan sekolah dalam bentuk kebijakan dan fasilitas memperkuat keberhasilan implementasi integrasi GSST dalam pembelajaran STEM serta membangun budaya sekolah yang peduli lingkungan.
Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk mengeksplorasi bagaimana model pembelajaran GSST-STEM ini dapat diadaptasi ke sekolah-sekolah dengan sumber daya terbatas, sehingga memastikan efektivitas dan keterjangkauannya dalam berbagai konteks pendidikan. Selain itu, penelitian selanjutnya juga bisa mengevaluasi dampak jangka panjang dari integrasi GSST terhadap perilaku berkelanjutan siswa setelah mereka lulus dari sekolah, untuk memahami daya tahan pembentukan karakter lingkungan. Kemudian, disarankan juga untuk menguji efektivitas pendekatan ini terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa melalui studi komparatif di berbagai tingkat pendidikan, seperti sekolah dasar dan menengah atas, untuk memperluas pemahaman mengenai perkembangan literasi lingkungan secara bertahap.
| File size | 331.76 KB |
| Pages | 8 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
ETDCIETDCI Kesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konteks soal dan keterbatasan kemampuan matematis. Integrasi konteks lokal dalam pembelajaranKesalahan tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman terhadap konteks soal dan keterbatasan kemampuan matematis. Integrasi konteks lokal dalam pembelajaran
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap hakikat sains di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota mencapai hasil yang memuaskan.Hasil analisis data menunjukkan bahwa pemahaman siswa terhadap hakikat sains di wilayah pedesaan, perkotaan, dan pinggiran kota mencapai hasil yang memuaskan.
RESEARCHSYNERGYPRESSRESEARCHSYNERGYPRESS Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert.Kuesioner berisi pernyataan tentang pelaksanaan pembelajaran menggunakan enam indikator, yang dirangkum menjadi 34 pernyataan menggunakan skala Likert.
CAHAYA ICCAHAYA IC Tanjung Jabung Timur, Jambi. Metodologi: Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimentalTanjung Jabung Timur, Jambi. Metodologi: Desain penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimental
Useful /
CAHAYA ICCAHAYA IC Inovasi teknologi dan pendekatan komunitas telah menunjukkan dampak positif, namun keberlanjutannya terganjal oleh hambatan pendanaan dan perubahan iklim.Inovasi teknologi dan pendekatan komunitas telah menunjukkan dampak positif, namun keberlanjutannya terganjal oleh hambatan pendanaan dan perubahan iklim.
ETDCIETDCI Analisis menunjukkan kontribusi masing‑masing sumber terhadap total kemiripan, serta menyoroti pentingnya pemantauan plagiarisme dalam konteks akademik.Analisis menunjukkan kontribusi masing‑masing sumber terhadap total kemiripan, serta menyoroti pentingnya pemantauan plagiarisme dalam konteks akademik.
ETDCIETDCI Pencegahan dan penanganan penyimpangan perilaku di sekolah perlu dilakukan secara berkelanjutan. Program edukasi dan pelatihan yang berkelanjutan pentingPencegahan dan penanganan penyimpangan perilaku di sekolah perlu dilakukan secara berkelanjutan. Program edukasi dan pelatihan yang berkelanjutan penting
UMMUMM Faktor hukum dan struktural hanya melibatkan trustee dan hakim pengawas sehingga mengabaikan perlindungan hak pekerja. Terakhir, budaya hukum yang lemahFaktor hukum dan struktural hanya melibatkan trustee dan hakim pengawas sehingga mengabaikan perlindungan hak pekerja. Terakhir, budaya hukum yang lemah