AFEBIAFEBI
AFEBI Management and Business ReviewAFEBI Management and Business ReviewPermintaan akan layanan kesehatan mental yang inklusif dan mudah diakses kian meningkat, termasuk di Indonesia. Sebagai respons, Ibunda.id mengembangkan aplikasi WellMe menggunakan pendekatan Design Thinking untuk memahami kebutuhan pengguna, merancang solusi inovatif, serta menciptakan prototipe teknologi yang efektif. Penelitian ini mengikuti lima tahap Design Thinking, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Customer Journey Mapping dan Empathy Map digunakan untuk mengidentifikasi tantangan utama, seperti ketiadaan aplikasi mobile yang membatasi kenyamanan pengguna. Pada tahap define, fokus diberikan pada notifikasi push, konten edukasi, serta profil psikolog dengan ulasan dari pengguna. Melalui brainstorming 2x2, tahap ideasi menghasilkan solusi seperti pengembangan multiplatform dengan Flutter, integrasi video call, dan modul edukasi interaktif. Proses prototyping menghasilkan aplikasi mobile yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengujian usability dengan System Usability Scale (SUS) memperoleh skor 81,5 (excellent), yang menunjukkan tingkat kepuasan tinggi. Analisis desirability menunjukkan apresiasi terhadap notifikasi push dan profil psikolog yang dipersonalisasi. Viabilitas menunjukkan potensi keterlibatan pengguna yang kuat, dengan 100 persen responden lebih memilih aplikasi daripada platform web. Analisis kelayakan menemukan bahwa 93,2 persen pengembang mendukung Flutter karena efisiensi dan efektivitas biayanya. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur design thinking dalam konteks aplikasi kesehatan mental serta menyediakan kerangka kerja untuk inovasi teknologi berbasis pengguna, mendukung Ibunda.id dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan di Indonesia.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Design Thinking dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi kesehatan mental WellMe yang berpusat pada pengguna.Prosesnya meliputi tahap empati, definisi masalah, ideasi, prototipe, dan pengujian.Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi mobile lebih disukai pengguna dibandingkan versi web karena kenyamanan dan notifikasi real-time.Flutter terbukti efektif sebagai teknologi pengembangan aplikasi lintas platform dengan tingkat kepuasan tinggi dari pengembang.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana fitur personalisasi dalam aplikasi WellMe dapat disesuaikan lebih lanjut berdasarkan karakteristik demografis atau riwayat konsultasi pengguna. Selain itu, penting untuk mengkaji dampak penggunaan konten edukasi interaktif terhadap peningkatan literasi kesehatan mental masyarakat Indonesia secara lebih mendalam. Terakhir, studi longitudinal bisa dilakukan untuk memahami sejauh mana aplikasi ini mampu mempertahankan keterlibatan pengguna dalam jangka panjang serta faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas mereka terhadap platform WellMe.
| File size | 686.26 KB |
| Pages | 12 |
| Short Link | https://juris.id/p-dm |
| DMCA | Report |
Related /
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Dengan demikian, sistem ini tidak hanya menjawab kebutuhan teknis yang belum terpenuhi dalam penelitian-penelitian terdahulu, tetapi juga memberikan solusiDengan demikian, sistem ini tidak hanya menjawab kebutuhan teknis yang belum terpenuhi dalam penelitian-penelitian terdahulu, tetapi juga memberikan solusi
AFEBIAFEBI This collaborative approach outperforms other scenarios by enabling synchronized pricing and promotions and expanding market coverage without requiringThis collaborative approach outperforms other scenarios by enabling synchronized pricing and promotions and expanding market coverage without requiring
AFEBIAFEBI Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan mahasiswa universitas di Vietnam. Studi kasus dilakukan pada mahasiswa di CanPenelitian ini mengkaji faktor-faktor yang mempengaruhi niat kewirausahaan mahasiswa universitas di Vietnam. Studi kasus dilakukan pada mahasiswa di Can
AFEBIAFEBI Kerangka kerja ini menunjukkan bagaimana manajemen pengetahuan dan efektivitas kepemimpinan mendorong pengembangan kapabilitas dalam operasi maritim, sedangkanKerangka kerja ini menunjukkan bagaimana manajemen pengetahuan dan efektivitas kepemimpinan mendorong pengembangan kapabilitas dalam operasi maritim, sedangkan
AFEBIAFEBI Penelitian ini menyoroti peran penting modal manusia dalam mendorong pertumbuhan startup. Hasil menunjukkan bahwa modal manusia pendiri tidak hanya mendorongPenelitian ini menyoroti peran penting modal manusia dalam mendorong pertumbuhan startup. Hasil menunjukkan bahwa modal manusia pendiri tidak hanya mendorong
AFEBIAFEBI Kemampuan inovasi tidak berperan sebagai mediator antara pemasaran media sosial dan kinerja pemasaran maupun antara jejaring bisnis dan kinerja pemasaran.Kemampuan inovasi tidak berperan sebagai mediator antara pemasaran media sosial dan kinerja pemasaran maupun antara jejaring bisnis dan kinerja pemasaran.
UAJYUAJY Sehingga perlu adanya perbaikan lebih lanjut oleh developer, untuk game Valorant dapat bertahan di pasaran. User Experience pada permainan Valorant tidakSehingga perlu adanya perbaikan lebih lanjut oleh developer, untuk game Valorant dapat bertahan di pasaran. User Experience pada permainan Valorant tidak
UGMUGM Pertanyaan penelitian utama adalah mengapa dan bagaimana keputusan manajemen untuk mengadopsi dan menggunakan TI dipengaruhi (jika ada) oleh interaksiPertanyaan penelitian utama adalah mengapa dan bagaimana keputusan manajemen untuk mengadopsi dan menggunakan TI dipengaruhi (jika ada) oleh interaksi
Useful /
UPNYKUPNYK Fokus penelitian ini adalah kebijakan luar negeri terhadap illegal fishing berdasarkan perspektif realisme. Teknik pengumpulan data diperoleh studi literaturFokus penelitian ini adalah kebijakan luar negeri terhadap illegal fishing berdasarkan perspektif realisme. Teknik pengumpulan data diperoleh studi literatur
UAJYUAJY Prinsip dari kegiatan belajar dan mengaji di Bina Insan lebih mengedepankan integrasi sains modern. Para santri di beri pembiasaan untuk mengakses teknologiPrinsip dari kegiatan belajar dan mengaji di Bina Insan lebih mengedepankan integrasi sains modern. Para santri di beri pembiasaan untuk mengakses teknologi
UAJYUAJY Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan TikTok lebih sebagai sarana hiburan daripada sebagai sumber pembelajaran utama, meskipunHasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa menggunakan TikTok lebih sebagai sarana hiburan daripada sebagai sumber pembelajaran utama, meskipun
UINUIN Untuk menjelaskan rumusan masalah dan tujuannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data terkait dari dokumen primerUntuk menjelaskan rumusan masalah dan tujuannya, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data terkait dari dokumen primer