AFEBIAFEBI
AFEBI Management and Business ReviewAFEBI Management and Business ReviewPermintaan akan layanan kesehatan mental yang inklusif dan mudah diakses kian meningkat, termasuk di Indonesia. Sebagai respons, Ibunda.id mengembangkan aplikasi WellMe menggunakan pendekatan Design Thinking untuk memahami kebutuhan pengguna, merancang solusi inovatif, serta menciptakan prototipe teknologi yang efektif. Penelitian ini mengikuti lima tahap Design Thinking, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Customer Journey Mapping dan Empathy Map digunakan untuk mengidentifikasi tantangan utama, seperti ketiadaan aplikasi mobile yang membatasi kenyamanan pengguna. Pada tahap define, fokus diberikan pada notifikasi push, konten edukasi, serta profil psikolog dengan ulasan dari pengguna. Melalui brainstorming 2x2, tahap ideasi menghasilkan solusi seperti pengembangan multiplatform dengan Flutter, integrasi video call, dan modul edukasi interaktif. Proses prototyping menghasilkan aplikasi mobile yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Pengujian usability dengan System Usability Scale (SUS) memperoleh skor 81,5 (excellent), yang menunjukkan tingkat kepuasan tinggi. Analisis desirability menunjukkan apresiasi terhadap notifikasi push dan profil psikolog yang dipersonalisasi. Viabilitas menunjukkan potensi keterlibatan pengguna yang kuat, dengan 100 persen responden lebih memilih aplikasi daripada platform web. Analisis kelayakan menemukan bahwa 93,2 persen pengembang mendukung Flutter karena efisiensi dan efektivitas biayanya. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap literatur design thinking dalam konteks aplikasi kesehatan mental serta menyediakan kerangka kerja untuk inovasi teknologi berbasis pengguna, mendukung Ibunda.id dalam meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan di Indonesia.
Penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Design Thinking dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi kesehatan mental WellMe yang berpusat pada pengguna.Prosesnya meliputi tahap empati, definisi masalah, ideasi, prototipe, dan pengujian.Hasil pengujian menunjukkan bahwa aplikasi mobile lebih disukai pengguna dibandingkan versi web karena kenyamanan dan notifikasi real-time.Flutter terbukti efektif sebagai teknologi pengembangan aplikasi lintas platform dengan tingkat kepuasan tinggi dari pengembang.
Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi bagaimana fitur personalisasi dalam aplikasi WellMe dapat disesuaikan lebih lanjut berdasarkan karakteristik demografis atau riwayat konsultasi pengguna. Selain itu, penting untuk mengkaji dampak penggunaan konten edukasi interaktif terhadap peningkatan literasi kesehatan mental masyarakat Indonesia secara lebih mendalam. Terakhir, studi longitudinal bisa dilakukan untuk memahami sejauh mana aplikasi ini mampu mempertahankan keterlibatan pengguna dalam jangka panjang serta faktor-faktor yang memengaruhi loyalitas mereka terhadap platform WellMe.
| File size | 686.26 KB |
| Pages | 12 |
| DMCA | ReportReport |
Related /
NINETYJOURNALNINETYJOURNAL Sistem ini dirancang untuk memfasilitasi dua aktor utama, yaitu Admin (pengelola) dan Pengguna (nasabah), dengan fitur-fitur utama seperti manajemen dataSistem ini dirancang untuk memfasilitasi dua aktor utama, yaitu Admin (pengelola) dan Pengguna (nasabah), dengan fitur-fitur utama seperti manajemen data
UNAIUNAI Effective user interface and user experience (UI/UX) design is a crucial investment in ensuring the success of mobile application development. By prioritizingEffective user interface and user experience (UI/UX) design is a crucial investment in ensuring the success of mobile application development. By prioritizing
UAJYUAJY Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif untuk mengukur dan menganalisis User Experience para pemain game Valorant dengan pendekatan metode Game DesignPenelitian ini dilakukan secara kuantitatif untuk mengukur dan menganalisis User Experience para pemain game Valorant dengan pendekatan metode Game Design
UGMUGM Selain itu, hasil menunjukkan perbedaan signifikan dalam perilaku pengaduan berdasarkan suku dan generasi. Studi menemukan perilaku pengaduan konsumenSelain itu, hasil menunjukkan perbedaan signifikan dalam perilaku pengaduan berdasarkan suku dan generasi. Studi menemukan perilaku pengaduan konsumen
Useful /
UNAIUNAI Konsep k-LCM cordial labelling untuk graf sederhana terhubung dan takberarah telah berhasil diperkenalkan dan dieksplorasi berdasarkan definisi metodeKonsep k-LCM cordial labelling untuk graf sederhana terhubung dan takberarah telah berhasil diperkenalkan dan dieksplorasi berdasarkan definisi metode
UAJYUAJY Hasil analisis teks ini menunjukkan bahwa frase “sebagus itu ingin menunjukkan pengalaman pribadi dari masing-masing akun tanpa berusaha mengajak warganetHasil analisis teks ini menunjukkan bahwa frase “sebagus itu ingin menunjukkan pengalaman pribadi dari masing-masing akun tanpa berusaha mengajak warganet
UAJYUAJY Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 orang responden. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kolerasi yang kuat antara pelayanan dan kualitas produk.Sampel pada penelitian ini berjumlah 33 orang responden. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat kolerasi yang kuat antara pelayanan dan kualitas produk.
UINUIN Dalam konteks fatwa MKI saat ini, penelitian ini menemukan bahwa lima fatwa yang dikeluarkan berkaitan dengan urusan Islam dalam krisis pandemi COVID-19.Dalam konteks fatwa MKI saat ini, penelitian ini menemukan bahwa lima fatwa yang dikeluarkan berkaitan dengan urusan Islam dalam krisis pandemi COVID-19.