UKIUKI

DIGICATIONDIGICATION

Berdasarkan data Euromonitor International, tahun 2023 pasar makanan cepat saji Indonesia diperkirakan mencapai nilai sekitar USD 10,5 miliar, dengan prediksi pertumbuhan tahunan sebesar 6-7%. Salah satu kategori yang tumbuh pesat adalah pizza. Pizza Marzano, sebagai salah satu merek pizza yang telah lama eksis di Indonesia, menghadapi tantangan besar di tengah semakin ketatnya persaingan pasar. Penting bagi Pizza Marzano untuk memahami bagaimana konsumen memandang merek mereka, sehingga perusahaan dapat merumuskan strategi yang efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data penelitian adalah data primer. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber yang kemudian dianalisis secara kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi merek Pizza Marzano memiliki citra yang kuat terkait status sosial, keaslian masakan Italia, kualitas produk dan pelayanan, serta menjadi tempat makan yang nyaman untuk quality time, sehingga menciptakan kenyamanan dan kepuasan pelanggan serta kepercayaan terhadap merek. Meskipun Pizza Marzano menunjukkan bahwa masih belum cukup kuat dalam dimensi kognitif terkait pengenalan merek dan persepsi pasar. Secara keseluruhan, Pizza Marzano telah berhasil menciptakan citra merek yang kuat dengan pengalaman kuliner yang memuaskan dan hubungan yang positif dengan konsumen. Meskipun demikian, perusahaan perlu meningkatkan upaya promosi dan memperluas jangkauan audiens untuk meningkatkan kesukaan merek lebih lanjut.

Penelitian menunjukkan bahwa meskipun Pizza Marzano memiliki citra merek yang kuat dengan kualitas premium, keaslian Italia, dan pengalaman makan yang memuaskan, merek kompetitor seperti Pizza Hut dan Domino masih lebih dikenal secara kognitif di kalangan konsumen.Konsumen terutama mengenal Pizza Marzano melalui kunjungan langsung ke pusat perbelanjaan, sementara promosi lewat media sosial masih kurang efektif, sehingga diperlukan peningkatan strategi promosi.Secara keseluruhan, brand trust terhadap Pizza Marzano tinggi, namun perusahaan harus memperluas jangkauan audiens dan memperkuat upaya promosi untuk meningkatkan kesukaan merek.

Penelitian lanjutan disarankan untuk (1) melakukan survei kuantitatif dengan sampel yang lebih besar dan meliputi beberapa kota di Indonesia guna menguji sejauh mana dimensi‑dimensi persepsi merek yang teridentifikasi pada studi ini berlaku secara nasional; (2) meneliti pengaruh strategi pemasaran digital, khususnya kampanye media sosial, terhadap brand liking dan brand trust Pizza Marzano, sehingga dapat mengidentifikasi taktik promosi yang paling efektif; dan (3) melakukan studi longitudinal yang mengikuti konsumen selama peluncuran menu baru, untuk mengevaluasi bagaimana inovasi produk memengaruhi persepsi merek, kepercayaan, dan niat pembelian kembali. Jawaban dari ketiga pertanyaan penelitian tersebut akan memberikan wawasan komprehensif bagi Pizza Marzano dalam memperkuat posisinya di pasar serta membantu penyusunan kebijakan pemasaran yang lebih tepat sasaran.

  1. #inovasi produk#inovasi produk
  2. #status sosial#status sosial
File size276.44 KB
Pages17
DMCAReportReport

ads-block-test