POLTEKKES JAKARTA 3POLTEKKES JAKARTA 3

JKEPJKEP

Remaja putri dapat dipersiapkan untuk menghadapi menarche dengan memberikan mereka pengetahuan dan dukungan selama masa ini. Hal ini akan membuat mereka lebih tenang dan siap menerima datangnya menarche. Hasil studi pendahuluan pada siswa sekolah dasar yang telah mengalami menarche melaporkan merasa malu dan takut mengalami menarche dan tidak mendapatkan informasi tentang menarche dari ibu. Alasan ibu tidak memberikan informasi menarche ke remaja putrinya karena merasa belum siap. Adanua media daring atau E-Mobile, diharapkan ibu dapat mengatasi rasa malu mereka sambil mendidik remaja putri secara pribadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk uji coba efektivitas penggunaan E-Mobile dalam meningkatkan pemahaman kesehatan reproduksi dan mempersiapkan remaja putri menghadapi menarche. Penelitian ini menggunakan desain pre-eksperimen dengan pendekatan one group pretest-posttest tanpa kelompok kontrol. Analisis data dilakukan menggunakan uji t-test. Penelitian berlangsung dari Maret hingga Desember 2023, di salah satu di Jakarta Timur. Responden penelitian terdiri dari siswi kelas 4 dan 5 yang belum mengalami menarche. Kuesioner yang digunakan mencakup topik kesehatan reproduksi remaja, kesiapan menghadapi menarche, serta pendapat tentang aplikasi informasi menarche. Uji t-test berpasangan menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan antara pemahaman remaja putri mengenai persiapan menarche dan kesehatan reproduksi di awal (pre test) dan hasil pemahaman (post test) dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari α (0,05). Perbandingan kesiapan awal (pre test) remaja putri dengan hasil kesiapan (post test) setelah mendapatkan informasi kesehatan reproduksi melalui aplikasi menarche juga menunjukkan nilai p value sebesar 0,000 (α <0,05). Pengunaan E-Mobile dapat meningkatkan pemahaman mengenai kesehatan reproduksi dan kesiapan remaja putri dalam menhghadapi menarche.

Berdasarkan hasil studi yang dibahas di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi dan media yang tepat, seperti aplikasi edukasi dan video, memberikan dampak signifikan pada pemahaman dan kesiapan remaja putri dalam menghadapi menarche.Peningkatan pengetahuan mengenai kesehatan reproduksi, terutama menstruasi, dapat dicapai melalui pendidikan yang efektif.Penelitian menunjukkan bahwa remaja yang terpapar materi edukasi melalui media interaktif menunjukkan peningkatan pemahaman dan sikap positif yang berkontribusi pada kesiapan mereka menghadapi perubahan fisiologis tersebut.

Penelitian berikutnya dapat mengarah pada tiga area pengembangan utama. Pertama, penting untuk membandingkan sejauh mana efektivitas aplikasi dengan konten interaktif seperti game dan kuis dibandingkan dengan media video pasif dalam meningkatkan pengetahuan dan kesiapan jangka panjang remaja putri menghadapi menarche. Kedua, sebuah studi bisa mengembangkan dan mengevaluasi program pendampingan bersama antara ibu dan putri mereka melalui aplikasi terpadu yang dirancang khusus untuk meningkatkan komunikasi terbuka dan mengurangi kecemasan. Pertanyaan utamanya adalah apakah pendekatan kolaboratif ini lebih efektif daripada pendidikan yang diberikan hanya kepada remaja. Ketiga, perlu dilakukan penelitian untuk menguji penerapan aplikasi serupa di luar kota besar, seperti di daerah pedesaan atau terpencil yang memiliki tantangan akses internet dan norma budaya berbeda. Tujuannya adalah untuk menilai bagaimana penyesuaian konten dengan konteks lokal mempengaruhi penerimaan dan dampak nyata dari aplikasi tersebut bagi masyarakat.

  1. HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI SDN ASRIKATON... journal2.um.ac.id/index.php/preventia/article/view/5923HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG MENSTRUASI DENGAN KESIAPAN DALAM MENGHADAPI MENARCHE PADA SISWI SDN ASRIKATON journal2 um ac index php preventia article view 5923
  2. PERBEDAAN EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI DAN POWER POINT TERHADAP PENGETAHUAN... jurnal.mercubaktijaya.ac.id/index.php/mercusuar/article/view/232PERBEDAAN EFEKTIFITAS PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI DAN POWER POINT TERHADAP PENGETAHUAN jurnal mercubaktijaya ac index php mercusuar article view 232
  3. MEDIA APLIKASI HEAGER (HEALTH TEENAGER) MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG MENARCHE | Rofi'ah | Jurnal... ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/JSK/article/view/9599MEDIA APLIKASI HEAGER HEALTH TEENAGER MENINGKATKAN PENGETAHUAN TENTANG MENARCHE Rofiah Jurnal ejournal poltekkes smg ac ojs index php JSK article view 9599
Read online
File size330.95 KB
Pages13
Short Linkhttps://juris.id/p-1rs
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test