UISUUISU

Language Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language TeachingLanguage Literacy: Journal of Linguistics, Literature, and Language Teaching

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi pengajaran teka-teki silang memberikan efek signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa di SMA Amir Hamzah Medan. Teka-teki silang merupakan permainan kata yang dapat meningkatkan pengetahuan kosakata pembelajar. Desain penelitian yang digunakan adalah desain pre-eksperimen berbentuk one-group pretest-posttest dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus paired samples t-test melalui SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 51,700, sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dan df 12 adalah 2,179. Nilai t-hitung lebih tinggi daripada t-tabel (51,700 > 2,179), yang berarti hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Kesimpulannya, terdapat efek signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan strategi pengajaran teka-teki silang di SMA Amir Hamzah Medan.

Terdapat efek signifikan terhadap penguasaan kosakata siswa sebelum dan sesudah diajarkan menggunakan strategi pengajaran teka-teki silang di SMA Amir Hamzah Medan.Strategi teka-teki silang memberikan dampak positif terhadap penguasaan kosakata siswa, yang terlihat dari peningkatan skor rata-rata dari kondisi buruk (55,77) menjadi sangat baik (91,15).Hasil uji t juga mendukung penerimaan hipotesis alternatif, menunjukkan bahwa strategi ini efektif dalam meningkatkan kemampuan kosakata siswa.

Penelitian lanjutan dapat menguji apakah strategi teka-teki silang tetap efektif jika diterapkan dalam jangka waktu lebih panjang, misalnya selama satu semester, untuk melihat apakah peningkatan penguasaan kosakata bersifat jangka panjang. Selain itu, peneliti dapat mengeksplorasi perbedaan efektivitas teka-teki silang antara siswa dengan gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik, untuk mengetahui apakah strategi ini lebih cocok bagi kelompok tertentu. Terakhir, penelitian baru dapat membandingkan teka-teki silang dengan metode permainan kata lain seperti word search atau scrabble, untuk menentukan metode mana yang paling efisien dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa SMA, dengan tetap mempertahankan konteks pembelajaran yang menyenangkan dan menantang, sehingga memberikan dasar empiris bagi guru untuk memilih strategi pengajaran yang paling tepat berdasarkan kebutuhan siswa.

  1. EFFECT OF CROSSWORD PUZZLE TEACHING STRATEGY TOWARDS STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY | Silalahi |... jurnal.uisu.ac.id/index.php/languageliteracy/article/view/1984EFFECT OF CROSSWORD PUZZLE TEACHING STRATEGY TOWARDS STUDENTSAo VOCABULARY MASTERY Silalahi jurnal uisu ac index php languageliteracy article view 1984
  1. #kosakata siswa#kosakata siswa
Read online
File size314.83 KB
Pages8
DMCAReport

Related /

ads-block-test