UNPASUNPAS

Journal of Economic Empowerment Strategy (JEES)Journal of Economic Empowerment Strategy (JEES)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, dan Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Kota Bandung, serta untuk menentukan pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Kota Bandung, baik secara parsial maupun simultan. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah seratus UMKM Kuliner di Kota Bandung. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling non-probabilitas. Pengumpulan data dilakukan dengan bantuan penyebaran kuesioner secara daring, dan metode evaluasi informasi menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk berpengaruh positif terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Kota Bandung. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji F, diperoleh bahwa Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk secara simultan memengaruhi Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Kota Bandung.

Orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing UMKM kuliner di Kota Bandung, sehingga diperlukan penerapan sikap kewirausahaan untuk tetap bertahan dalam persaingan.Inovasi produk juga berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, yang menunjukkan pentingnya pengembangan produk baru yang unik dan sesuai tren.Secara simultan, kombinasi orientasi kewirausahaan dan inovasi produk memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan bersaing, sehingga kedua faktor ini harus diterapkan secara bersamaan oleh pelaku usaha.

Pertama, perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk mengeksplorasi bagaimana pengaruh digitalisasi pemasaran terhadap efektivitas orientasi kewirausahaan dalam menciptakan keunggulan bersaing di kalangan UMKM kuliner, mengingat semakin pentingnya platform daring dalam menjangkau konsumen. Kedua, penting untuk mengkaji faktor-faktor eksternal seperti perubahan preferensi konsumen atau tren kesehatan terhadap keberlanjutan inovasi produk, guna memahami sejauh mana inovasi yang dikembangkan mampu mempertahankan daya tarik jangka panjang. Ketiga, perlu diteliti peran dukungan kelembagaan, seperti pelatihan dari dinas terkait atau program inkubasi usaha, dalam memperkuat kapasitas pelaku UMKM mengintegrasikan orientasi kewirausahaan dan inovasi produk secara efektif, sehingga dapat mengatasi keterbatasan sumber daya yang sering dihadapi pelaku usaha mikro dan kecil.

  1. Majalah Ilmiah Dian Ilmu. peran keunggulan bersaing memediasi orientasi pasar kinerja umkm majalah ilmiah... doi.org/10.37849/midi.v18i1.110Majalah Ilmiah Dian Ilmu peran keunggulan bersaing memediasi orientasi pasar kinerja umkm majalah ilmiah doi 10 37849 midi v18i1 110
  2. Pengaruh Inovasi, Orientasi Kewirausahaan Dan Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Ukm Kuliner | Jurnal... journal.untar.ac.id/index.php/JMDK/article/view/13219Pengaruh Inovasi Orientasi Kewirausahaan Dan Pasar Terhadap Keunggulan Bersaing Ukm Kuliner Jurnal journal untar ac index php JMDK article view 13219
  3. Competitive advantages of SMEs: The roles of innovation capability, entrepreneurial orientation, and... cya.unam.mx/index.php/cya/article/view/1983Competitive advantages of SMEs The roles of innovation capability entrepreneurial orientation and cya unam mx index php cya article view 1983
  4. PENGARUH ORIENTASI PASAR, ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN, TRAINING DAN KEMAMPUAN MANAJEMEN TERHADAP KEUNGGULAN... doi.org/10.35508/jom.v16i1.9643PENGARUH ORIENTASI PASAR ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TRAINING DAN KEMAMPUAN MANAJEMEN TERHADAP KEUNGGULAN doi 10 35508 jom v16i1 9643
  1. #orientasi kewirausahaan#orientasi kewirausahaan
  2. #gurls club bandung#gurls club bandung
Read online
File size447.67 KB
Pages13
Short Linkhttps://juris.id/p-1qY
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test