YBPINDOYBPINDO

Knowledge Industrial & Scientific ResearchKnowledge Industrial & Scientific Research

Modul merupakan kebutuhan dasar dalam setiap perkuliahan, di mana setiap mata kuliah pasti memiliki modul tersendiri, tidak terkecuali praktik fisika. Semakin berkembangnya teknologi, sistem pendidikan juga semakin berubah, dengan adanya e-book yang dapat diakses di mana saja tanpa perlu membawa buku pegangan secara fisik. Hal ini dianggap sebagai suatu efisiensi dalam perkuliahan dengan memanfaatkan teknologi. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini dikembangkan untuk merancang sistem aplikasi di Android yang dapat mengakses modul praktikum fisika dasar. Penelitian ini merancang aplikasi di Android yang dapat dimanfaatkan dalam mata kuliah praktik fisika dasar. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (RnD), yang kemudian dilanjutkan dengan merancang sistem aplikasi untuk menyediakan e-modul praktikum fisika dasar yang nantinya dapat diakses menggunakan perangkat Android.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sistem untuk penggunaan modul ini berhasil dirancang dan dibuat.Untuk modul sendiri dapat dikembangkan dengan menggunakan beberapa pendekatan.Dan pengembangan sistem ini ke dalam android sudah dapat diimplemantasikan oleh peneliti dan peneliti lain nantinya pada modul perkuliahan praktik fisika dasar yang akan dikembangkan.

Sebagai langkah pengembangan selanjutnya, penelitian dapat meneliti integrasi modul e‑modul fisika dasar dengan perangkat lunak real‑time data collection, sehingga mahasiswa dapat mengumpulkan dan menganalisis hasil percobaan langsung melalui sensor smartphone. Selanjutnya, pendekatan gamifikasi dapat dievaluasi dalam praktik fisika, khususnya menggunakan elemen mata pelajaran dalam bentuk permainan atau quest, untuk mengetahui apakah motivasi dan partisipasi mahasiswa meningkat dibandingkan dengan modul tradisional. Selain itu, perlu dilakukan penelitian komparatif antara pendekatan berbasis aplikasi Android dan pembelajaran tatap muka konvensional guna menilai dampak terhadap pencapaian kompetensi fisika dasar serta perbaikan nilai. Penelitian lain dapat menyelidiki persepsi pengguna (mahasiswa dan dosen) terhadap antarmuka dan kinerja aplikasi, serta mengenal faktor‑faktor penggunaan yang mempengaruhi kepuasan. Bagaimana pula kemampuannya dalam menangani hubungan antara kebijakan sistem IT kampus dan integrasi modul ini dapat dijadikan fokus studi lanjutan.

Read online
File size375.54 KB
Pages7
Short Linkhttps://juris.id/p-1q1
Lookup LinksGoogle ScholarGoogle Scholar, Semantic ScholarSemantic Scholar, CORE.ac.ukCORE.ac.uk, WorldcatWorldcat, ZenodoZenodo, Research GateResearch Gate, Academia.eduAcademia.edu
DMCAReport

Related /

ads-block-test