POLTEKPELSULUTPOLTEKPELSULUT
Kalao’s Maritime JournalKalao’s Maritime JournalPenelitian ini adalah untuk meneliti dan menguji pengaruh strategi pemodelan diagram atau gambar pada topik bentuk aljabar dengan pendekatan analogi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Terhadap populasi yang diambil dari seluruh kelas VII RSBI, yang terdiri dari kelas A, B, C, dan D di SMP Negeri 1 Ratahan sedangkan sampel yang diambil adalah 2 kelas yang homogen yaitu kelas VII A yang terdiri dari 20 siswa, sebagai kelas Kontrol dan Kelas VII C yang terdiri dari 19 siswa sebagai kelas Eksperimen. Data diambil dan dikumpulkan dari pretest dan postest pada materi bentuk-bentuk Aljabar. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial. Pada analisis deskriptif rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan bentuk aljabar menggunakan pemodelan diagram atau gambar dengan pendekatan analogi 49.37 sedangkan rata-rata hasil belajar siswa pada kelas yang diajarkan bentuk aljabar tanpa menggunakan pemodelan diagram atau gambar dengan pendekatan analogi adalah 35.55. Sedangkan pada analisis inferensial yaitu dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata menunjukkan nilai thitung = 3.763 > ttabel = 1.687. Ini berarti bahwa, nilai hasil statistik uji tersebut jatuh dalam wilayah kritik. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tolak H0 dan terima H1, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar antara siswa yang diajarkan bentuk-bentuk aljabar menggunakan pemodelan diagram atau gambar dengan pendekatan analogi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan bentuk aljabar tanpa menggunakan pemodelan diagram atau gambar dengan pendekatan analogi.
Penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang diajar dengan strategi pemodelan diagram berpendekatan analogi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar kelas eksperimen mencapai 49.37, jauh lebih tinggi daripada rata-rata kelas kontrol yang hanya 35.Hasil uji statistik inferensial dengan nilai thitung (3.763) yang lebih besar dari ttabel (1.687) mengonfirmasi signifikansi perbedaan tersebut, sehingga membuktikan keefektifan strategi ini dalam pembelajaran bentuk aljabar di tingkat SMP.
Untuk penelitian selanjutnya, ada beberapa ide menarik yang bisa dikembangkan dari hasil studi ini. Pertama, karena penelitian ini hanya dilakukan pada satu sekolah dan satu topik, strategi pemodelan diagram dengan analogi bisa diuji coba pada subjek yang lebih luas. Sebuah penelitian baru dapat menjawab pertanyaan apakah metode ini tetap efektif untuk materi matematika abstrak lain seperti geometri atau statistika di sekolah-sekolah dengan karakteristik berbeda, seperti di daerah pedesaan atau perkotaan. Kedua, penelitian ini fokus pada hasil belajar, namun belum melihat dampaknya pada aspek lain seperti motivasi dan daya ingat siswa dalam jangka panjang. Oleh karena itu, suatu penelitian bisa meneliti seberapa besar pengaruh strategi ini terhadap minat belajar siswa dan kemampuan mereka mengingat konsep aljabar setelah beberapa bulan. Ketiga, mengingat perkembangan teknologi, sebuah studi dapat mengeksplorasi bagaimana cara mengintegrasikan model diagram ini dengan alat bantu digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan menarik.
| File size | 976.66 KB |
| Pages | 11 |
| DMCA | Report |
Related /
UNSULTRAUNSULTRA Tantangan masih berupa keterbatasan sarana produksi, rendahnya literasi kewirausahaan, dan lemahnya koordinasi lintas sektor yang memerlukan kebijakanTantangan masih berupa keterbatasan sarana produksi, rendahnya literasi kewirausahaan, dan lemahnya koordinasi lintas sektor yang memerlukan kebijakan
STITMUBASTITMUBA Peningkatan paling signifikan terjadi pada aspek tindak lanjut hasil evaluasi (34,5%) dan evaluasi serta penilaian (32,7%), dengan hasil observasi pembelajaranPeningkatan paling signifikan terjadi pada aspek tindak lanjut hasil evaluasi (34,5%) dan evaluasi serta penilaian (32,7%), dengan hasil observasi pembelajaran
STAIYPIQBAUBAUSTAIYPIQBAUBAU Kegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan berbasis praktik bersama dengan evaluasi kualitatif. Kegiatan ini berhasilKegiatan pengabdian masyarakat ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan berbasis praktik bersama dengan evaluasi kualitatif. Kegiatan ini berhasil
UNDIKSHAUNDIKSHA Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolahPenelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah
UNDIKSHAUNDIKSHA Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkanMetode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan tes, sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi ahli yang dikumpulkan
MAHESA CENTERMAHESA CENTER Media pembelajaran berbasis IT terbukti mampu mengatasi keterbatasan media konvensional di sekolah dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktifMedia pembelajaran berbasis IT terbukti mampu mengatasi keterbatasan media konvensional di sekolah dan menciptakan suasana belajar yang lebih interaktif
UACUAC Oleh karena itu, temuan ini dapat menjadi strategi kepemimpinan guru untuk mendukung pembelajaran siswa dari rumah saat ini ketika pembelajaran masih dilakukanOleh karena itu, temuan ini dapat menjadi strategi kepemimpinan guru untuk mendukung pembelajaran siswa dari rumah saat ini ketika pembelajaran masih dilakukan
IAIN SUIAIN SU Berdasarkan kajian di atas, ditemukan bahwa telah terjadi proses politik sekularisasi pendidikan yang masuk dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia.Berdasarkan kajian di atas, ditemukan bahwa telah terjadi proses politik sekularisasi pendidikan yang masuk dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia.
Useful /
POLNESPOLNES Abstrak: Penelitian ini menelaah penerapan prinsip halal pada Hotel Royal Homy Syariah di Yogyakarta dengan pendekatan kualitatif deskriptif. FokusnyaAbstrak: Penelitian ini menelaah penerapan prinsip halal pada Hotel Royal Homy Syariah di Yogyakarta dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Fokusnya
UNDIKSHAUNDIKSHA Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal iniHasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada rasio CR, DER, TATO, ROA, dan ROE sebelum dan sesudah akuisisi. Hal ini
UNDIKSHAUNDIKSHA Metodologi penelitian melibatkan survei terhadap 500 responden dari berbagai latar belakang demografis. Temuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikanMetodologi penelitian melibatkan survei terhadap 500 responden dari berbagai latar belakang demografis. Temuan utama menunjukkan adanya korelasi signifikan
SCADINDEPENDENTSCADINDEPENDENT Model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Siswa yang belajar dengan model iniModel pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sekolah dasar. Siswa yang belajar dengan model ini